Harga Emas Naik, Catat Dulu Tips Jual Emas Ini Agar Untung Maksimal!

ANTAM Emas Harga Emas Investasi Kalung Emas Pegadaian Tips Jual EmasLeave a Comment on Harga Emas Naik, Catat Dulu Tips Jual Emas Ini Agar Untung Maksimal!

Harga Emas Naik, Catat Dulu Tips Jual Emas Ini Agar Untung Maksimal!

Bagaimana ya tips jual emas agar masyarakat bisa mendapatkan untung yang besar? Emas nyatanya bisa dijadikan instrumen investasi lho!

Simak tips jual emas supaya menguntungkan di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Harga Emas yang Kian Meroket

Investasi emas merupakan salah satu bentuk investasi tertua di dunia. Pada jaman dahulu, emas digunakan sebagai alat pembayaran. Bahkan kegiatan ini juga terjadi pada masa kerajaan-kerajaan kuno di Nusantara.

Di Indonesia sendiri, investasi emas masih menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan keuntungan yang ditawarkan lebih pasti daripada instrumen yang lain. Investasi ini pun ramah untuk investor pemula karena mudah, risiko kecil, dan keuntungannya lumayan baik.

Bahkan, investasi emas selalu menjadi pilihan aman dan bijak di tengah kondisi yang tidak pasti. Kenaikan harganya yang kurang signfikan dibandingkan instrumen investasi lain pun kadangkala dapat memberi angin segar bagi investornya saat momen mengejutkan.

Contohnya saja ketika akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 harga emas dunia terus meningkat. Ataupun saat ekonomi suatu negara kacau balau, nilai logam mulianya pun tetap baik.

 

Perhatikan Hal ini Sebelum Menjual Emas

Sebelum kamu memutuskan untuk menjual emas yang kamu miliki karena harganya yang meroket beberapa waktu belakangan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal mendasar di bawah ini.

 

#1 Buat Perencanaan yang Jelas

Hal mendasar sebelum memutuskan untuk menjual emas yang kamu miliki, kamu harus me-review kembali perencanaan keuanganmu. Jika belum punya, maka buat sekarang!

Sangat penting untuk kamu memiliki perencanaan keuangan karena konsep dari investasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Investasi emas yang menguntungkan dimulai dari perencanaan atau tujuan yang dibuat dengan jelas. Pasalnya, kalau kamu hanya mengikuti tren membeli emas kemudian dijual sewaktu-waktu, justru hanya akan membuatmu merugi saja.

Oleh karenanya, kamu harus menentukan terlebih dulu tujuan dari investasi emas yang dilakukan. Entah itu untuk tabungan pendidikan masa depan, biaya naik haji, atau bahkan untuk biaya menggelar pesta pernikahan.

 

#2 Jangan Jadikan Emas Investasi Jangka Pendek

Keuntungan berinvestasi emas sulit untuk didapatkan jika jangka waktu berinvestasi hanya sebentar saja. Pasalnya, harga emas yang fluktuatif setiap harinya tidak bisa dengan mudah berlipat ganda dalam waktu singkat.

Ada baiknya kamu menjadikan emas sebagai pilihan instrumen untuk tujuan keuangan jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi fluktuasi harga emas.

Harga Emas Meroket, Catat Dulu Tips Jual Emas Ini Agar Untung Maksimal! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho Definisi, Syarat, Cara Kerja Tabungan Emas Pegadaian]

 

Setidaknya investasi emas jangka panjang butuh waktu di atas 3 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, maka keuntungan berinvestasi logam mulia ini pun dijamin berlipat ganda dari modal yang sudah dikeluarkan.

Selain itu, ketika mematok target waktu penggunaan, beri jeda antara target pemakaian dengan pencairan dana.

Misalnya, kamu menabung emas untuk uang masuk sekolah anak enam tahun lagi, paling tidak enam bulan sebelum target pemakaian dana, mulailah merealisasikan keuntungan atau mengonversi simpanan emas ke dalam rupiah dan tempatkan di deposito. Dengan demikian, ketika waktu penggunaan dana tiba, kamu bisa terhindar dari risiko fluktuasi harga emas.

 

#3 Mempertimbangkan Opsi Gadai

Selain menjual emas, kamu punya alternatif lain memperoleh dana segar dalam waktu cepat dengan opsi gadai. Kamu hanya perlu membawa emas dan surat-suratnya ke Pegadaian atau outlet gadai resmi lain, sehingga emas tetap aman dan mendapat harga gadai yang tinggi.

Kamu dapat menebus emas itu sesuai tenggat waktu dalam perjanjian atau lebih cepat jika kamu memiliki uang untuk menebusnya lebih awal.

Dalam proses gadai emas, kamu akan dikenakan sejumlah biaya dan bunga, tergantung pada berat emas digadai. Jika saat jatuh tempo, kamu belum bisa menebus kembali emas tersebut, maka kamu dapat meminta perpanjangan waktu gadai.

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan emas karena Pegadaian merupakan perusahaan milik negara. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan harga yang cukup bagus.

Pegadaian memberi taksiran harga sekitar 92-95% dari harga emas tersebut. Akan tetapi, jangan lupa untuk menebus kembali agar emas yang kamu miliki tidak dilelang dan menjadi milik orang lain.

 

Jual Emas Dengan Untung Maksimal

Setelah menimbang beberapa hal diatas dan diputuskan pada akhirnya menjual emas yang kamu miliki, kamu perlu untuk memperhatikan hal dibawah ini agar emas yang kamu jual masih memiliki keuntungan maksimal.

 

#1 Pahami Kadar dan Keaslian

Yang dimaksud dengan kadar emas ialah jumlah karat yang terkandung dalam emas. Harga jual emas 24 karat tentunya lebih tinggi dibandingkan emas 18 karat. Pastikan kamu sudah tahu informasi ini saat ingin menjual emas.

Kemudian, kamu harus bisa menunjukkan keaslian emas yang kamu miliki. Caranya dengan kepemilikan sertifikat sebagai bukti keaslian dan kemurnian emas. Jika sertifikat ini tidak ada, kemungkinan besar kamu tidak bisa mendapatkan harga jual yang maksimal.

 

#2 Jangan Lupa Pantau Harga Emas Setiap Hari

Memantau pergerakan instrumen investasi adalah keharusan. Tujuannya untuk menentukan strategi dalam berinvestasi. Memantau pergerakan harga emas setiap hari akan membantu kamu untuk menentukan, apakah saat ini waktu yang tepat untuk menambah investasi emas.

Bahkan, dengan memantau harga emas secara berkala memberikan kesempatan untuk kamu mengetahui harga terbaik untuk jual emas.

Memantau pergerakan emas bisa dilakukan di setiap e-channel tempat kita berinvestasi. Misalnya di situs logam mulia Antam, situs bank tempat kita berinvestasi emas, atau di situs pegadaian yang juga menyediakan layanan jual/beli emas.

Apabila harga jual emas yang berlaku tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa menunda menjual emas.

Kamu juga bisa lho melihat pergerakan harga emas dari  Finansialku.

Download aplikasi Finansialku di sini ya!

 

#3 Jual di Tempat Beli Emas Tersebut

Saat kamu tidak bisa menemukan toko atau tempat yang sesuai untuk menjual emas, kamu bisa menjualnya di toko tempat kamu membelinya. Biasanya, toko tersebut pasti bersedia untuk menerima emas itu kembali.

Namun, harganya akan lebih rendah dibandingkan saat kamu membelinya. Mungkin, nominal yang akan kamu terima hanya 70-80% dari harga beli.

 

Siap untuk Jual Emas?

Nah, sudah nambah ilmunya kan seputar jual beli emas? Idealnya, investasi emas dilakukan untuk jangka waktu lama.

Jika kamu berniat menjual pastikan terlebih dahulu ongkos bikin serta potongan harga yang jadi keuntungan toko emas udah ketutup sama kenaikan harga emas.

 

Untuk tahu lebih banyak mengenai investasi emas, lihat video ini yuk!

 

Semoga artikel ini dapat membantumu saat mempertimbangkan saat hendak menjual investasi emas yang kamu miliki.

Bagikan informasi ini pada orang terdekatmu ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 November 2016. 6 Strategi Jual Perhiasaan Emas Harga Tinggi Plus Cara Naksirnya. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2zLbHGo
  • Sekar. 21 Februari 2020. 5 Cara Jual Emas di Pegadaian Agar Tidak Rugi. Ajaib.co.id – https://bit.ly/2Xa8Z58

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Emas 01 – https://bit.ly/2LC4jj8
  • Investasi Emas 02 – https://bit.ly/2ZezQQn

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top