Hore! Program Listrik Gratis Diperpanjang Hingga September

#FinansialkuNews Corona covid-19 Harga Lifestyle Listrik Listrik Gratis Tarif ListrikLeave a Comment on Hore! Program Listrik Gratis Diperpanjang Hingga September

Hore! Program Listrik Gratis Diperpanjang Hingga September

Pemerintah perpanjang program listrik gratis menjadi enam bulan! Simak berita selengkapnya melalui artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Subsidi Listrik Gratis dari Tiga Bulan kini Jadi Enam Bulan Lamanya!

Angin segar datang membawa kabar baik. Program Listrik Gratis yang dicanangkan pemerintah akan diperpanjang. Ini merupakan salah satu upaya penanganan ekonomi dampak dari pangebluk virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, subsidi listrik ini diberikan selama tiga bulan hingga Juni 2020, namun kini diperpanjang menjadi enam bulan hingga September 2020.

Sama seperti kebijakan sebelumnya subsidi listrik ini berlaku pada pelanggan PLN golongan 450 VA dan 900 VA.

Wow! Tarif Listrik 2020 Batal Naik! Ini Rinciannya 01

[Baca Juga: Asik! PLN Berikan Listrik Gratis, Begini Cara Klaimnya]

 

Adapun bagi pelanggan golongan 450 VA mendapatkan subsidi listrik gratis. Sedangkan, untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk jangka waktu yang sama

“Subsidi listrik untuk pelanggan 450 VA yang 24 juta dan 900 VA yang 7,2 juta rumah tangga yang subsidinya adalah dari mulai April sampai Juni diperpanjang sampai dengan September,” Kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagaimana mengutip dari Kompas, Selasa (19/05).

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menjelaskan, untuk perpanjangan masa berlakunya subsidi tarif listrik tersebut, pemerintah mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp 6,9 triliun.

Perlu diketahui, Sobat Finansialku, secara rinci alokasi anggaran untuk subsidi listrik tahun ini menjadi Rp 61,69 triliun.

 

Program Bantuan Lain

Menurut informasi yang tersebar di beberapa media online, selain subsidi listrik, pemerintah juga akan memperpanjang program bantuan sosial dalam bentuk sembako di Jabodetabek dan non Jabodetabek hingga akhir Desember 2020.

Sri Mulyani mengatakan, program bansos pada masa penyebaran Covid-19 ini sudah diimplementasikan oleh pemerintah, mulai dari program keluarga harapan hingga Kartu Pra Kerja.

“Bansos sembako Jabodetabek dan bansos tunai non-Jabodetabek diperpanjang menjadi sembilan bulan hingga Desember,” kata Sri Mulyani seperti dikutip dari Liputan6.

Dengan perpanjangan bansos ini, maka masyarakat akan tetap mendapatkan hingga Desember 2020. Namun mengenai besaran insentif yang diberikan pun ikut berubah, terutama di tiga bulan terakhir.

“Dengan perhitungan Juli-Desember menjadi hanya Rp 300 ribu per bulan dari yang tadinya Rp 600 ribu per bulan,” ujarnya melansir dari laman yang sama

Sri Mulyani menerangkan Ini semua merupakan upaya untuk mengurangi dampak dari virus corona atau Covid-19 terhadap sisi konsumsi, yakni memberikan bantuan masyarakat agar bisa menjaga konsumsi pada level basic needs.

 

Alihkan Anggaran

Apakah Sobat Finansialku sudah ada yang menikmati subsidi listrik dari pemerintah dan merasa terbantu?

Meski begitu dengan mendapat subsidi listrik tersebut Sobat Finansialku merasa bahwa ada anggaran yang lebih, karena biasanya itu untuk bayar listrik.

Nah, jika perkaranya begitu, lebih baik alihkan anggaran tersebut ke Dana Darurat.

Kenapa? Karena di tengah kondisi tak tentu ini Dana Darurat sangat diperlukan demi menjaga keseimbangan finansial kalian. Kita juga, sadar atau tidak, dituntut untuk sebisa mungkin memanfaatkan dana yang ada.

Bagaimana caranya mencatat keuangan untuk Dana Darurat agar lebih terhitung dengan baik?

Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku untuk menjawab pertanyaan itu.

Sebab di aplikasi Finasialku ada ragam fitur pencatatan keuangan yang dapat kamu gunakan dengan mudah namun efisien.

Salah satunya mencatat pengeluaran dan penghasilan per hari maupun perbulannya. Ini tentu sangat membantu memantau lalu-lintas uang dari penghasilan mu!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Finansialku bisa melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Untuk kamu yang pertama kali install, kamu bisa menikmati free trial premium selama 30 hari, lho!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Mei 2020. Pemerintah Perpanjang Program Listrik Gratis hingga September 2020. Liputan6.com – https://bit.ly/2Zfa7XV
  • Mutia Fauzia. 18 Mei 2020. Subsidi Listrik Diperpanjang hingga September 2020. Kompas.com – https://bit.ly/2LEHCef
  • Admin. 18 Mei 2020. Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Hingga September 2020. CNN Indonesia – https://bit.ly/2LC3JCf

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top