Asuransi Kebakaran dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia!

Asuransi Asuransi Kebakaran Asuransi Umum Bencana Kebakaran Penyedia Asuransi Kebakaran Perusahaan Penyedia AsuransiLeave a Comment on Asuransi Kebakaran dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia!

Asuransi Kebakaran dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia!

Sudah tahu apa itu asuransi kebakaran?

Yuk pilih asuransi kebakaran terbaik di Indonesia. Finansialku mengajak Anda melihat pentingnya asuransi kebakaran serta alternatif perusahaan penyedianya di Indonesia. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

 

Apa itu Asuransi Kebakaran?

Banyak yang menganggap asuransi itu tidak penting. Namun pernahkah Anda membayangkan bagaimana jadinya saat Anda belum memiliki asuransi, dan belum punya dana darurat, kemudian suatu hari rumah Anda terkena bencana sehingga membutuhkan banyak biaya untuk renovasi?

Bagaimana solusinya?

Kemungkinan besar Anda akan berusaha meminjam atau berutang. Tapi apakah Anda rela menghabiskan usia untuk melunasi utang-utang tersebut?

Nah, dari sini kita tahu bahwa asuransi itu penting untuk mitigasi risiko pada kejadian semacam itu. Tapi dari segi apa asuransi bisa membantu Anda mengatasi hal ini?

Untuk bisa menjawabnya yuk kita lihat dulu apa sih makna dari asuransi ini?

Menurut Undang-Undang Nomor 2 tahun 1992 asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kerugian keuangan tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti; atau untuk melakukan pembayaran sejumlah uang yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Salah satu jenis asuransi yang sering terlupakan bagi banyak orang adalah asuransi kebakaran.

Nah dalam konsep tersebut, asuransi kebakaran artinya produk asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian pada bangunan maupun harta benda yang dipertanggungkan yang rusak oleh kebakaran.

Kebakaran disini diartikan sebagai nyala api baik kecil maupun besar pada tempat, situasi dan waktu yang tidak dikehendaki yang bersifat merugikan dan pada umumnya sulit untuk dikendalikan.

Apa Gunanya Asuransi Kecelakaan Pesawat Perlu Gak Sih 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Terdapat 2 jenis risiko yang ditanggung oleh asuransi kebakaran, yang pertama adalah jaminan standar asuransi kebakaran dan jaminan tambahan atau perluasan.

Secara garis besar, jaminan standar asuransi kebakaran meliputi kebakaran yang dikarenakan:

  • Api sendiri atau faktor eksternal
  • Tersambar petir
  • Ledakan aset usaha (kecuali bom nuklir)
  • Kejatuhan pesawat terbang
  • Asap dari seluruh aset usaha

Sedangkan, jaminan tambahan atau perluasan tersebut meliputi kebakaran yang dikarenakan oleh dampak lainnya.

Dampak ini dapat disesuaikan dengan lingkungan usaha atau jenis usaha, di mana untuk mendapatkan jaminan tambahan ini, Anda harus membayar tambahan premi.

Beberapa contoh jaminan perluasan ini adalah jaminan atas kebakaran yang dikarenakan:

  • Kerusuhan, Pemogokan, Kerusakan Akibat Perbuatan Jahat, Huru Hara
  • Banjir, Angin Topan, Badai dan Kerusakan karena Air
  • Tanah Longsor
  • Kebongkaran
  • Business Interuption (kehilangan keuntungan)

Sebelum membaca lebih lanjut, sudahkah Anda menggunakan aplikasi Finansialku untuk mengatur keuangan? Jika belum, Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store untuk mencoba aplikasi Finansialku.

 

Perusahaan Penyedia Asuransi Kebakaran

Melansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, produk asuransi kebakaran umumnya dapat diperoleh dari 3 pihak berikut:

  • Agen Asuransi yang bersertifikat.
  • Broker Asuransi terutama untuk resiko yang komplit
  • Langsung menghubungi perusahaan Asuransi yang menjamin resiko tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini Finansialku akan menjabarkan beberapa perusahaan penyedia asuransi bagi Anda:

 

#1 BCA

Perusahaan asuransi sekaligus perbankan yang menyediakan produk asuransi kebakaran yang terpercaya di Indonesia adalah Bank Central Asia (BCA).

Asuransi Umum BCA atau BCA Insurance  memiliki sejumlah keunggulan di produk asuransi kebakarannya, yaitu premi yang terjangkau dan kemudahan pembayaran premi asuransi melalui autodebet rekening.

Asuransi Kebakaran Penjelasan dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink?]

 

Selain itu, nikmati juga proses yang mudah dan cepat, tanpa survei (*untuk rumah yang berada di komplek perumahan dan jalan depan rumah dapat dilalui 2 (dua) mobil penumpang) serta pilihan jaminan perluasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk memaksimalkan perlindungan.

 

#2 Allianz Utama Indonesia

Asuransi Allianz Utama Indonesia atau Allianz  juga merupakan salah satu perusahaan penyedia asuransi kebakaran yang pastinya sudah terpercaya.

Produk asuransi kebakaran milik Allianz bernama RumahKu Plus Houseowner memberikan perlindungan untuk bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, garasi, dan pagar rumah tinggal. 

Asuransi Kebakaran Penjelasan dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Bisa Meneruskan Premi Asuransi Jika Berbeda Perusahaan Asuransi?]

 

Selain itu, Allianz juga memiliki produk asuransi kebakaran bernama RumahKu Plus Householder yang memberikan perlindungan untuk isi bangunan tempat tinggal, termasuk peralatan elektronik dan furniture di rumah tinggal.

 

#3 AXA Indonesia

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan AXA Indonesia, sebuah perusahaan penyedia asuransi yang kredibel  di bidangnya. Nah, AXA Indonesia juga memiliki produk asuransi kebakaran yang disebut AXA SmartHome.

Review AXA Travel Insurance, Asuransi Perjalanan Terbaik Indonesia 00 - Finansialku

[Baca Juga: Serba Serbi Asuransi Kecelakaan Diri di Indonesia]

 

AXA SmartHome menjamin risiko kerugian atau kerusakan atas bangunan beserta perabot rumah tangga, dan barang-barang berharga.

Ditambah lagi biaya akomodasi atau tempat tinggal sementara yang disebabkan kebakaran pada tempat tinggal hingga tidak dapat dihuni.

 

#4 Adira

Produk asuransi kebakaran milik Adira Indonesia adalah Asuransi Rumah Tinggal. Asuransi ini memiliki dua paket bernama Paket Maximum dan Paket Standar. 

Asuransi Kebakaran Penjelasan dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Produk dan Simulasi Asuransi Mobil Terbaik 2020 versi Finansialku]

 

Asuransi Rumah Tinggal ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah dapat dibeli secara online melalui website Adira.

Dengan demikian Anda akan memperoleh polis elektronik (e-polis) asuransi rumah langsung ke e-mail yang telah kita daftarkan. Praktis sekali kan?

 

#5 PT. Asuransi Sinar Mas

Perusahaan Asuransi Sinar Mas adalah rekomendasi perusahaan penyedia asuransi kelima dalam daftar ini. Tentunya perusahaan penyedia asuransi ini pun sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

Asuransi Kebakaran Penjelasan dan Perusahaan Penyedianya di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup?]

 

Sinar Mas memiliki produk bernama Simas Rumah Hemat ++ yang memberikan tujuh jaminan tambahan yang memberikan penggantian atas kerugian terkait hal-hal tertentu.

Tujuh hal tersebut adalah yang terkait dengan kecelakaan diri, biaya pengobatan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, penambahan objek pertanggungan dan pengabaian penilaian pertanggungan. Lengkap bukan?

 

Semoga Bermanfaat!

Semoga penjelasan dan penjabaran perusahaan penyedia asuransi kebakaran di atas dapat membantu Anda untuk memilih perusahaan asuransi terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jangan pernah terburu-buru dalam memilih perusahaan asuransi karena memilih asuransi adalah sebuah keputusan dengan variasi risiko yang luas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai asuransi kebakaran dan perusahaan penyedianya lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Yuk, Mari Memahami Asuransi Kebakaran Secara Umum. Allianz.co.id – https://bit.ly/368kEWo
  • Admin. Asuransi Kebakaran. Sikapiuangmu.ojk.go.id – https://bit.ly/2XalGNB
  • Raditya Wardana. 30 November 2019. 5 Produk Asuransi Kebakaran Terbaik di Indonesia. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3cIVsrU

 

Sumber Gambar:

  • BCA – https://bit.ly/2X5SJCq
  • Allianz – https://bit.ly/2X5SLu2
  • Adira – https://bit.ly/2Az7LJ7
  • Sinarmas – https://bit.ly/3bNZpKV

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top