Catat Tanggal Pendaftaran Gelombang 4 Kartu Prakerja Berikut!

#FinansialkuNews Corona Karir Kartu Prakerja kartu prakerja gelombang 4 Kritik kartu prakerja prakerjaLeave a Comment on Catat Tanggal Pendaftaran Gelombang 4 Kartu Prakerja Berikut!

Catat Tanggal Pendaftaran Gelombang 4 Kartu Prakerja Berikut!

Meski menuai banyak kritikan, pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-4 akan tetap berlangsung. Kapan itu? Simak dalam artikel Finansialku ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Gelombang 4 Pendaftaran Kartu Prakerja

Kartu Prakerja gelombang empat akan dibuka kembali setelah Lebaran Idul Fitri, tepatnya mulai 26 Mei 2020. Bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri, catat tanggalnya.

Pendaftaran Kartu Prakerja ini bisa dibilang molor dari target awal, hal ini terjadi karena pihaknya masih melakukan perbaikan dan penyelesaian beberapa masalah teknis di 3 gelombang sebelumnya.

Pantengin HPmu! Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja 01

[Baca juga: Resmi Dibuka, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja! Yuk Ikutan!]

 

Meski begitu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebut, hingga akhir tahun nanti, pemerintah akan membuka sampai 30 gelombang untuk pendaftar Kartu Prakerja.

“Tahun ini sekitar 30 gelombang. Jadi masih banyak (kesempatan). Jadi kita sengaja bertahap, kenapa tidak langsung buka saja 5,6 juta peserta di awal? Karena kita mempertimbangkan kecepatan informasi dan kemapuan server kita yang juga terbatas,” kata Denni sebagaiman mengutip dari Kontan, Selasa (19/02).

Jadi bagi Sobat Finansialku yang belum memiliki informasi atau terlambat mendapatkan informasi pendaftaran Kartu Pekerja, bisa mendaftar di gelombang selanjutnya.

Untuk mengingatkan kembali, Kartu Prakerja bisa digunakan untuk pelatihan berbayar, di mana para pencari kerja bisa melatih kemampuan mereka lebih matang.

Pembayaran pelatihan tersebut dilakukan dengan Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan online maksimal Rp 3 juta, dan pelatihan offline maksimal Rp 7 juta.

Melalui program Kartu Prakerja, pemerintah memberikan insentif uang yang bisa diperoleh setelah peserta Kartu Prakerja mengikuti pelatihan online yang telah disediakan.

Sementara itu, program Kartu Prakerja ini ternyata belum berjalan semulus yang dibayangkan.

Menurut berita yang tersebar, para peserta program tersebut mengeluhkan uang insentif belum sampai ke rekening. Padahal, mereka mengaku sudah menyelesaikan pelatihan online

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja Denni Puspa Purbasari, mengungkapkan keterlambatan pencairan dana insentif Kartu Prakerja karena pihaknya masih membutuhkan waktu tambahan untuk melakukan verifikasi. “Saya perlu sampaikan ke teman-teman, kita minta maaf apabila terjadi keterlambatan dalam transfer insentif ke rekening bank maupun e-wallet,” Kata Denni sebagaimana dikutip dari Kompas.

“Kita harus pastikan dulu bahwa semua transaksi teman-teman yang dilakukan di digital platform, kemudian belanja apa saja, dan sebagainya, itu kami masih verifikasi datanya,” Lanjutnya

Menurutnya, program Kartu Pekerja masih berusia seumur jagung. Sehingga pihaknya juga masih perlu melakukan beberapa perbaikan pada pelaksanaannya, terutama dalam hal kesiapan IT.

 

Kritikan

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Hartati mendaraskan kritik pada program Kartu Prakerja. Ia menilai program tersebut kurang efektif.

Menurutnya, akan lebih bermanfaat jika anggaran yang sudah dialokasikan untuk Kartu Prakerja direalokasi dan dialih-fokuskan untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran sebesar Rp 20 triliun yang digelontorkan pemerintah untuk Kartu Prakerja akan lebih terasa manfaatnya jika dialihkan untuk memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona” Kata Enny sebagaimana dikutip dari Kompas.

 

Situs Tandingan

Polemik dari Kartu Prakerja datang seiring dengan praktiknya, mulai dari mitra sampai jenis pelatihan dan insentif yang diberikan. Kini muncul situs tandingan prakerja.go.id yakni prakerja.org.

Mengutip laman resminya disebutkan pelatihan-pelatihan yang diberikan tanpa biaya alias gratis. Kemudian kualitas pelatihan bersaing dengan pelatihan berbayar.

Selain itu juga, prakerja.org membuka semua pihak berkontribusi memberikan pelatihan gratis. Seluruh informasi yang ada di prakerja.org juga bersifat pendidikan dan bukan untuk keperluan komersial.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Idris. 19 Mei 2020. Catat! Pendaftaran Kartu Pra kerja gelombang 4 dibuka 26 Mei 2020. Kontan.co.id – https://bit.ly/3bGyxMB
  • Muhammad Idris. 18 Mei 2020. Duit Insentif Kartu Pra kerja Belum Cair ke Rekening? Ini Penyebabnya. Kompas.com – https://bit.ly/2AH34NE
  • Sylke Febrina Laucereno. 19 Mei 2020. Muncul Situs Pra Kerja Tandingan, Semua Pelatihannya Gratis!. Detik.com – https://bit.ly/2ZhpKy0
  • Jawahir Gustav Rizal. 17 Mei 2020. Kritik Kartu Pra kerja, Muncul Prakerja.org yang Berikan Pelatihan Daring Gratis. Kompas.com – https://bit.ly/3bLegFQ

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top