Selain Idealis, Ini Karakteristik dan Fakta Menarik Kepribadian INFP

Fakta INFP infp karir Karir Kepribadian Kepribadian INFP Kepribadian MBTI Mindset perbedaan infp-a dan infp-t tokoh infpLeave a Comment on Selain Idealis, Ini Karakteristik dan Fakta Menarik Kepribadian INFP

Selain Idealis, Ini Karakteristik dan Fakta Menarik Kepribadian INFP

Ternyata, ada fakta INFP yang tak kalah menarik lho selain dikenal sebagai sosok yang idealis. Penasaran? Pembahasan berikut akan membuatmu memahami lebih banyak hal mengenai orang-orang INFP.

 

Rubrik Finansialku

 

Siapakah Orang-Orang INFP?

Orang-orang INFP merupakan satu dari 16 jenis kepribadian berdasarkan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Secara etimologi, INFP merupakan lakuran dari Introvert (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P).

Yang menarik adalah, mereka yang berkepribadian ini hanyalah 4 sampai 5 persen dari seluruh populasi di dunia. Artinya, INFP adalah orang-orang istimewa yang unik. Mereka kerap disebut sebagai The Idealist, The Healer, The Mediator, The Paradox, dan sebagainya.

Di dunia ini keberadaan mereka cukup langka. Jika penduduk bumi berjumlah 7 miliar, maka orang-orang INFP hanya berjumlah 350 juta.

Artinya, hanya ada 1 dari 20 orang di dunia yang memiliki kepribadian ini. Oleh karena itu, karena jumlahnya yang tidak banyak, orang-orang INFP cenderung sulit dimengerti.

 

Karakteristik dan Fakta Menarik Orang-Orang INFP

INFP adalah karakter yang tidak dimiliki banyak orang. Karenanya, beberapa fakta INFP yang bisa jadi mengejutkan untuk kepribadian lainnya.

Pembahasan berikut akan membahas mengenai karakteristik dan fakta INFP yang menarik.

 

#1 Karakteristik INFP

Dalam settingan kepribadian MBTI, INFP merupakan orang dengan kombinasi introvert, intuitive, feeling, dan perceiving. Mereka dikenal idealis, namun memiliki beberapa karakter lain yang khas.

Berikut karakteristik kepribadian INFP:

 

#1 Ciri-ciri Orang INFP

Berikut adalah ciri-ciri INFP dalam kehidupannya:

  1. Orang-orang INFP adalah mereka yang selalu memperhatikan sekitar. Mereka merasa menjadi bagian dari lingkungan dan berusaha keras untuk bersikap baik kepada lingkungannya. Bahkan, INFP selalu mendahulukan kepentingan orang lain dibanding dirinya sendiri. INFP juga seolah mengabdikan dirinya kepada orang terdekatnya karena dia memiliki hati dan perasaan yang lembut.

Selain Idealis, Ini Karakteristik dan Fakta Menarik Kepribadian INFP 02 - Finanisalku

[Baca Juga: QUIZ: Cari Tahu Apa Tipe Kepribadian Kamu Di Sini]

 

  1. INFP selalu memikirkan masa depan dan kemungkinannya. Mereka selalu menginginkan taraf hidup yang berkembang dari masa ke masa. Hal tersebut mendorong orang-orang dengan kepribadian ini tumbuh menjadi sosok yang mengagumkan, seperti Alicia Keys dan William Shakespere.
  2. Tidak menyukai rutinitas yang bukan dirinya. Pada dasarnya, mereka adalah sosok yang orisinil, fleksibel, dan individualis. Karena itu, mereka cenderung lancar berkomunikasi melalui tulisan.
  3. Orang-orang INFP, dengan idealismenya, lebih senang bekerja seorang diri. Memasukkan mereka dalam sebuah tim hanya membuat tekanan yang membuat tidak nyaman.

 

#2 Kekuatan INFP

Berikut adalah kekuatan yang dimiliki orang-orang INFP:

  1. Idealisme adalah warna hidup INFP. Maka, tidak mengherankan jika mereka menetapkan standar yang tinggi untuk setiap hal dalam hidup.
  2. INFP tidak tertarik untuk mengendalikan orang lain. Mereka lebih suka dekat secara emosional dengan pendekatan demokratis. Maksudnya, mereka berusaha agar selalu didengar tidak dengan kata-kata senyum palsu, melainkan kerja keras.
  3. Mereka cenderung bisa memiliki imajinasi yang liar. Artinya, INFP adalah pribadi yang kreatif serta mampu membuat banyak kemungkinan baru. Orang-orang INFP bisa membuat sudut pandang unik yang membuat orang berdecak kagum. Kemampuan mereka menghubungkan dan mengamati membuat INFP kerap menjadi penulis atau penyiar.
  4. INFP tidak senang diikat dengan peraturan. Namun, mereka akan baik-baik saja jika semua aturan itu tidak berseberangan dengan ide maupun pikiran mereka.
  5. Bagi INFP, komitmen adalah hal yang sangat penting. mereka cenderung memberikan waktu, energi, dan pikiran terhadap sesuatu yang dipercayainya. Mereka tidak ragu mengorbankan semua yang mereka punya untuk hal yang dianggap penting.

Selain Idealis, Ini Karakteristik dan Fakta Menarik Kepribadian INFP 01 - Finanisalku

 [Baca Juga: Kamu INTP? Intip Fakta Unik sampai Tokoh di Dunia yang INTP Juga!]

 

#3 Kelemahan INFP

Selain kekuatan, INFP juga punya sisi lemah. Berikut kelemahan INFP yang bisa kamu ketahui:

  1. Kurang puas dengan hasil kerja keras mereka. Hal itu karena sifat idealis yang selalu menuntut lebih.
  2. Orang-orang INFP kerap memandang dirinya sebagai sosok egois, padahal sejatinya telah berbuat banyak. Pikiran tersebut muncul lantaran mereka merasa tidak cukup membantu orang lain. Padahal, sering kali mereka mengorbankan kepentingan pribadi untuk orang lain.
  3. INFP lebih menyukai data umum dibanding daftar yang menyajikan fakta secara detail. Mereka selalu dipengaruhi perasaan, maka fakta yang tidak cocok dengan idealisme mereka bisa jadi sangat mengganggu.
  4. INFP cenderung tertutup dan pendiam. Hal itu membuat orang-orang sulit memahami INFM.

 

#4 Potensi Masalah Orang dengan Kepribadian INFP

Berikut beberapa masalah yang mungkin terjadi pada orang-orang INFP:

  1. Orang INFP begitu sensitif dengan kritikan. Bahkan, mereka bisa merasa kalau orang sedang mengritiknya, padalah tidak.
  2. INFP kadang menolak ide yang tidak sesuai dengan pikiran mereka. Jika semuanya telanjur terjadi, INFP akan menyalahkan orang lain.
  3. INFP mudah marah dan menunjukkannya secara berlebihan. Jika mereka naik pitam, INFP akan lupa dengan perilaku sosial atau etika. Mereka akan menjadi menyeramkan dan perasa.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#2 Fakta Menarik Kepribadian INFP

Berikut adalah fakta INFP yang menarik tentang kepribadiannya:

  1. INFP merupakan sosok idealis. Mereka hanyalah 5 persen dari seluruh penduduk di bumi. Karena itu, perilaku INFP sering tidak dimengerti oleh orang lain. Orang-orang INFP bangga dengan kualitas mereka, tapi tidak banyak yang memahaminya.
  2. Cenderung sulit melihat dirinya sendiri secara utuh dan sempurna. Orang-orang INFP ingin menghindari sorotan, tapi di saat yang sama juga menginginkannya. Sosok ini juga cukup pendiam di depan banyak orang. Namun, mereka bahkan tidak bisa berhenti bicara di depan orang yang membuatnya nyaman. Orang-orang ini bisa terjebak dalam kebingungan. Maksudnya, mereka menginginkan hubungan dengan sesama, namun di lain pihak tidak menyukainya. Sosok INFP juga dengan mudah melihat kebaikan orang lain. Tetapi, cenderung tidak mampu menerjemahkan apa pun dari diri mereka.

Selain Idealis, Ini Karakteristik dan Fakta Menarik Kepribadian INFP 03 - Finanisalku

[Baca Juga: Kelebihan, Kekurangan dan Fakta Unik Kepribadian ISTP]

 

  1. INFP ingin mendapat semua hal yang mereka mau. Namun, biasanya mereka tidak bisa menyelesaikan semuanya. mereka bukannya tidak bisa. Satu hal di daftar awal bisa jadi membuat membuat mereka terlalu fokus sehingga mengabaikan yang lainnya. Mereka bisa melihat banyak potensi. Namun, karena jumlah yang mereka lihat terlalu banyak, mereka berakhir dalam kebingungan ketika memilih. Mereka juga sering terjebak dalam pikiran mendalam dan menghabiskan banyak energi.
  2. INFP kerap diasosiasikan sebagai sosok yang dingin, angkuh, dan aneh. Padahal, jika sudah nyaman, mereka adalah pribadi yang manja, suka bercanda, suka tertawa, dan kekanakan. Karenanya, INFP tidak kesulitan hidup di lingkungan baru. Hanya saja, tidak mudah untuk dekat dengan mereka. Tidak banyak orang yang benar-benar memahami INFP. Hal itu karena kepribadian ini memang tidak mengizinkan orang menggali banyak hal tentang hidup mereka. Meski ingin diperhatikan, mereka tidak akan menunjukkannya pada orang lain.

 

Memahami INFP

Orang-orang INFP cukup abstrak jika tidak dipahami dengan benar. Namun, terlepas dari semua itu, mereka adalah sosok yang hangat dan selalu siap menolong.

Jika kamu punya kerabat atau teman dekat berkepribadian INFP, jangan pernah sia-siakan mereka!

 

Itulah beberapa fakta INFP yang bisa kamu ketahui selain dikenal sebagai seorang yang idealis. Apakah kamu seorang INFP juga?

Bagikan artikel pada Sobat Finansialku dengan kepribadian INFP juga ya, biar mereka mengetahui fakta unik kepribadian mereka. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kepribadian Mediator. 16personalities.com – https://bit.ly/2LClLHU
  • Admin. Tipe Kepribadian INFP. Sintesa.net – https://bit.ly/39xH1GL
  • Ocha Rozalina. 07 April 2020. 4 Fakta Menarik dari INFP yang Biasanya Sukar Dimengerti Isi Hatinya. Idntimes.com – https://bit.ly/3bMmAJb

 

Sumber Gambar:

  • Kepribadian 1 – http://bit.ly/2Y4mrZj
  • Kepribadian 2 – http://bit.ly/397F3Os
  • Kepribadian 3 – http://bit.ly/3iBToG0

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top