Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia

Bisnis Kisah Sukses Orang Terkaya Pebisnis Peter SondakhLeave a Comment on Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia

Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia

Apakah Anda tahu siapa nama Peter Sondakh? Pebisnis seperti apakah ia? Mari kita cari tahu dalam artikel berikut ini.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

 

Peter Sondakh

Media Indonesia memang jarang meliput sosok yang satu ini. Sekalipun jarang diberitakan, namun sosok Peter Sondakh telah lama dikenal di kalangan pengusaha, sejak masa Orde Baru.

Jejaknya dalam menggeluti dunia bisnis telah dimulai sejak usia muda. Tepatnya saat ia berusia 20 tahun.

Peter lahir di Manado pada tanggal 23 Juli 1953. Bisa dikatakan dari kecilnya Peter telah mengenal dunia bisnis oleh karena sang Ayah.

Ayahnya telah memulai usahanya di bidang ekspor kayu dan minyak kelapa mulai tahun 1954.

Di mana saat itu Peter masih berusia satu tahun. Kemudian beranjak dewasa, Peter harus mengambil alih usaha itu, oleh karena sang Ayah meninggal saat ia berumur 20 tahun.

Selain tantangan untuk mengelola usaha yang telah dirintis oleh ayahnya. Peter pun menggantikan posisi Ayahnya menjadi penopang hidup keluarganya.  

Siapa Peter Sondakh_ Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 01 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Andrie Wongso, Motivator Top Indonesia Tidak Tamat SD]

 

Berbekal pengalamannya mengelola bisnis peninggalan sang Ayah, Peter membuat langkah-langkah strategis dalam berbisnis.

Salah satu langkah awal yang ia lakukan adalah dengan menanam saham di PT Bumi Modern yang bergerak di bisnis properti.

Tidak lekas berpuas diri, pria lulusan Universitas La Salle ini, kemudian melakukan langkah lain dengan mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Rajawali Wira Bhakti Utama tahun 1984.

Perusahaan yang ia dirikan tersebut bergerak di bisnis properti yang sekaligus menjadi cikal bakal dari Rajawali Corpora.

Usahanya dalam membesarkan perusahaan tersebut rupanya berbuah hasil yang memuaskan.

Sehingga pada tahap selanjutnya ia mampu membawa PT Rajawali Wira Bhakti Utama menjelma menjadi perusahaan besar dengan nama Rajawali Corpora.

 

Peter Sondakh dan Rajawali Corpora

Peter terbilang cukup jeli dalam menempatkan posisi perusahaan-perusahaan miliknya. Tentu hal ini, tidak ia lakukan dengan mudah.

Melainkan dari pengalaman perjalanan usahanya. Di bawah kepemimpinan Peter, Rajawali Corpora sukses menggarap bisnis-bisnisnya.

Seperti mendirikan stasiun televisi nasional RCTI pada tahun 1987 bersama dengan anak presiden Soeharto Bambang Trihatmodjo.

Kemudian ia juga mulai merambah pada bisnis transportasi dengan mendirikan perusahaan taksi Express Group di tahun 1989.

Siapa Peter Sondakh_ Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 02 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Basuki Surodjo, Pebisnis dan Raja IT Indonesia]

 

Berselang satu tahun yaitu pada 1990 ia juga membuka usaha di bidang pariwisata lewat Sheraton Hotels and Resorts.

Peter pun melebarkan sayapnya dengan mengakuisisi perusahaan rokok Bentoel Group tahun 1991, dan mendirikan XL tahun 1995.

Sedikit catatan, bahwa bisnis PT. Bentoel Group yang sempat terpuruk kembali memperoleh kejayaannya, serta memperlihatkan prospek keuntungan di bawah kepemimpinan Peter.

Berdasarkan catatan PDBI periode 1976-1996 tercatat ada 13 perusahaan yang diakuisisi dan 6 perusahaan didivestasi olehnya.

 

 

Selain itu, grup usaha ini memiliki andil dalam penyertaan saham di 13 perusahaan. Total anak usaha dan perusahaan terafiliasi yang dimiliki Peter mencapai 49 perusahaan.

Sebagai holding company di Rajawali Corporation. Jika melihat banyaknya jumlah perusahaan di bawah naungan Rajawali Corp.

Tentu memiliki tantangan tersendiri. Salah satu pukulan terbesarnya adalah saat terjadi krisis moneter yang sempat membenamkan Grup Rajawali dan Peter.

Tetapi sekali lagi kelihaian dan kejelian Peter Sondakh dalam berbisnis mampu membuat keputusan-keputusan jitu.

Siapa Peter Sondakh_ Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 03 Finansialku

[Baca Juga: Intip Kisah Sukses Naomi Susilowati Setiono]

 

Lewat serangkai aksi jual-beli perusahaan dan fokus pada tiga bidang bisnis seperti tambang, properti dan perkebunan. Peter dapat membangun Rajawali Corp. tetap memiliki posisi dan disegani.

Hingga saat ini, Rajawali Corp memiliki lebih dari 40 unit usaha. Beberapa di antaranya adalah RTV, Novotel Lombok Resort, dan Sheraton Imperial Hotel.

Aset lainnya yang dapat di masukkan antara lain hotel Four Seasons di Jakarta, penyedia layanan internet Velo Networks, dan jaringan TV yakni Rajawali Televisi.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

Namanya juga rutin terpajang dalam majalah Forbes, sebuah majalah yang merilis nama-nama orang terkaya baik di dunia atau di Indonesia.

Majalah Forbes menempatkan Peter Sondakh ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan berkisar 27 triliun rupiah.

Namanya bersanding dengan nama orang terkaya lainnya seperti, Murdaya Poo pemilik Jakarta Convention Centre, Theodore Rachmat yang menjadi CEO Astra International, dan nama orang kaya lainnya.

 

Belajar dari Peter Sondakh

Sekalipun Peter adalah seorang pebisnis dengan banyak perusahaan dalam naungannya. Peter dikenal sebagai seorang Kristen yang taat. Beliau dikenal suka membaca Alkitab setiap harinya.

Dalam sebuah ulasan, Peter Sondakh juga pernah membayar seorang profesor Psikologi Universitas George Washington untuk menilai kekuatan dan kelemahan dirinya, selama ia berlibur di Amerika Serikat (AS).

Hal ini beliau lakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dirinya. Sebab Peter percaya bahwa keberhasilan datang lewat kerja keras, menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan memiliki hasrat untuk belajar.

Maka tak heran dengan prinsip hidupnya, kedisiplinan dan ketaatannya dalam beribadah menjadi sosok Peter Sondakh menjadi pribadi yang kuat.

Siapa Peter Sondakh_ Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 05 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Belva Devara, Anak Muda yang Pintar dan Cerdas!]

 

Dan mampu membuat visi misi yang besar. Mengutip halaman situs resmi Rajawali.com, visi besar seorang Peter Sondakh tertulis:

Like a tree, we seek growth in every direction. We seek sustainable growth in market share, profit and customer base. We believe our employees have the opportunity to grow with our company” ~Peter Sondakh, Founder, Chairman & CEO

Terjemahan:

“Seperti pohon, kami mencari pertumbuhan ke segala arah. Kami mencari pertumbuhan yang berkelanjutan dalam pangsa pasar, laba, dan basis pelanggan. Kami yakin karyawan kami memiliki kesempatan untuk tumbuh bersama perusahaan kami ” ~ Peter Sondakh, Pendiri, Ketua & CEO

Siapa Peter Sondakh_ Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 06 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Rico Huang Bangun Platform Bisnis Dropship]

 

Melihat begitu banyak-nya perusahaan yang di bawah kepemimpinan Peter Sondakh, maka tidak salah bila ia di sejajarkan dengan orang terkaya di Indonesia.

Jadi kini Anda tahu bukan bahwa seorang Peter Sondakh adalah pebisnis ternama di Indonesia meski namanya kurang banyak disorot?

 

 

Itu dia informasi seputar Peter Sondakh dan kerajaan bisnisnya. Silakan berbagi informasi ini kepada kenalan, saudara, teman dan sahabat Anda.

Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Anisa Indraini. 9 April 2020. Belasan Orang RI Masuk Daftar Terkaya Dunia, Ini Bisnisnya. Finance.detik.com – https://bit.ly/3q7NMpk
  • Valdy Suak. 12 April 2018. 5 Fakta Peter Sondakh, Orang Terkaya dari Manado, Miliki Kekayaan 27 Triliun, Bangun Kerajaan Bisnis. Manado.tribunnews.com – https://bit.ly/2LBlMLQ
  • Admin. 23 Januari 2021. #18 Peter Sondakh. Forbes.com – https://bit.ly/3s8FvmV
  • Wink. 5 Mei 2018. Biografi dan Profil Peter Sondakh – Konglomerat Indonesia Pemilik Rajawali Group. Biografiku.com – https://bit.ly/3scsJnK
  • ADmin. 2018. PETER SONDAKH Founder of Rajawali Corpora. Rajawali.com – https://bit.ly/2K1F38V
  • Cnbindonesia – https://bit.ly/3oyvAF4
  • Rehia Sebayang 19 Maret 2019. Terhimpit Masalah, Peter Sondakh Tetap di List Terkaya Forbes. Entrepreneur.bisnis.com – https://bit.ly/2XrR36P
  • Redaksi. 13 Mei 2018. Siapakah Peter Sondakh dan Apa Hubungannya dengan Najib Razak?. Mojok.co – https://bit.ly/3bn049v
  • Clara Naomi. 19 September 2019. Sukses Peter Sondakh di Balik Predikat Terkaya di Indonesia
    Lifepal.co.id – https://bit.ly/2Xq0eV9

 

Sumber Gambar:

  • Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 01 Finansialku – https://bit.ly/3sQ5rUP
  • Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 02 Finansialku – https://bit.ly/2KGvSuV
  • Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 03 Finansialku – https://bit.ly/3pbvOCv
  • Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 04 Finansialku – http://bit.ly/3pihGri
  • Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 05 Finansialku – http://bit.ly/39QboZ6
  • Siapa Peter Sondakh? Namanya Dalam Jajaran Orang Terkaya Indonesia 06 Finansialku – http://bit.ly/3chPhOr
  •  

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top