RIP, Musisi Legendaris Little Richard Meninggal Dunia

#FinansialkuNews Bapa rok n roll Kabar Duka Little Richard Little Richard Meninggal musisi Rock 'n rollLeave a Comment on RIP, Musisi Legendaris Little Richard Meninggal Dunia

RIP, Musisi Legendaris Little Richard Meninggal Dunia

Bapak rock ‘n roll, Little Richard meninggal dunia. Sosoknya membawa inspirasi bagi para musisi besar dunia. Selengkapnya di Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

 

Selamat Jalan, Little Richard, Karyamu Abadi!

Namanya Little Richard, ia boleh dikatakan bapak rock n’ roll. Musikus satu ini telah banyak memberi suntikan inspirasi bagi para seniman seperti Mick Jagger dan Elvis Presley.

Kini, laki-laki bernama lengkap Richard Wayne Penniman itu telah tiada.

Diberitakan oleh beberapa media lokal, ia meninggal dunia pada hari Sabtu kemarin (09/05) di usia 87 tahun akibat kanker tulang yang dideritanya.

Pemilik lagu hit Good Golly Miss Molly, yang masuk tangga lagu pada era 1958-an ini meninggal di Tullahoma, Tennessee, Amerika Serikat.

Siapa yang meyangka bahwa anak kecil yang dahulunya tinggal di daerah kumuh ini menjadi salah seorang tokoh berpengaruh dalam musik dan budaya populer selama tujuh dekade.

Richard diklaim sebagai “arsitek rock ‘n roll” dengan perpaduan suara yang memukau antara boogie-woogie, R&B, dan gospel dalam karya-karyanya.

Lagu ‘Tutti Frutti’ yang rilis di tahun 1955 menjadi semacam gerbang masuknya budaya rock ‘n roll ke Amerika Serikat.

RIP, Musisi Legendaris Little Richard Meninggal Dunia 02

[Baca Juga: Belajar Cara Mengatur Keuangan Keluarga dari Musik]

 

Laki-laki berambut ikal ini menjadi sensasi usai Perang Dunia II dengan penampilan kemeja warna-warni, jaket mengilap, kumisnya yang tipis serta lengkingan vokalnya yang khas.

“Saya selalu berpikir bahwa rock ‘n roll menyatukan ras. Meskipun saya berkulit hitam, para penggemar tidak peduli. Saya dulu merasa senang tentang itu,” kata Richard dalam sebuah wawancara, mengutip dari kompas.com.

Suata ketika, Richard pernah memberi nasehat pada The Beatles tentang bagaimana membawakan lagu dan mengajari Paul McCartney tentang vokalisasi.

Mantan drummer The Beatles, Sir Ringo Starr mencuit komentar di akun Twitternya sebagai ucapan selamat jalan untuk Little Richard.

“Tuhan memberkati Little Richard, salah satu pahlawan musik sepanjang masa saya,” ujar Ringo Starr.

Tak sedikit musisi besar mengucapkan apresiasi atas apa yang telah Richard lakukan. “Jika bukan karena dia, saya mungkin tidak akan memilih musik,” kata David Bowie.

Seorang musisi folk tersohor, Bob Dylan menyebut Richard, “Bintang terang saya dan cahaya petunjuk waktu saya masih kecil. Dia adalah roh asli yang menggerakkan semua yang saya lakukan.”

 

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, nama Little Richard masuk dari salah satu orang yang pertama kali dilantik ke dalam “Rock and Roll Hall of Fame” pada tahun 1986.

Bukan hanya itu saja, majalah Rolling Stone menempatkannya di urutan ke-8 dalam daftar 100 penghibur terhebat sepanjang masa dan ia menerima penghargaan seumur hidup Grammy pada tahun 1993.

Ada satu kisah yang menarik dari berhentinya Richard di dunia permusikan. Melansir dari Bisnis, pada akhir 1950-an, Richard meninggalkan dunia musik setelah melihat bola api melintasi langit saat dia berada di atas panggung di Sydney, Australia.

Lintas bola api itu tak lain dari satelit Sputnik 1 yang kembali ke Bumi. Namun, Richard menganggap kejadian itu sebagai pertanda dari Tuhan bahwa ia harus segera mengubah cara hidupnya.

 

Selamat Jalan, Little Richard, Rest in Power!

 

Apakah di antara Sobat Finansialku punya kenangan dengan lagu-lagu gubahan Little Richard? Kamu bisa berbagi cerita lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Mei 2020. LittleRichard, Musisi Inspirasi The Beatles Meninggal Dunia CNN Indonesia – https://bit.ly/3fIUnm7
  • Novianti Setuningsih. 10 Mei 2020 Pioner Musik Rock N Roll, LittleRichard, Meninggal Dunia. Kompas.com – https://bit.ly/3dCF2BF
  • Imam Bachtiar. 10 Mei 2020. Musisi LittleRichard Meninggal Dunia, Mick Jagger Hingga Bob Dylan Ucapkan Duka Minews.id – https://bit.ly/2WH29E8
  • Admin. 10 Mei 2020 LittleRichard, Bapak Rock ‘n Roll Dunia Meninggal Dunia Bisnis.com – https://bit.ly/2STeXX8

 

Sumber Gambar:

  • Richard 01 – https://bit.ly/2SRNAMM
  • Richard 02 – https://bit.ly/2WjD3wc

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top