Finansialku Podcast Eps 53 – Personal Branding Untuk Meningkatkan Value Diri

Finansialku finansialku podcast meningkatkan value Personal Branding Podcast value diriLeave a Comment on Finansialku Podcast Eps 53 – Personal Branding Untuk Meningkatkan Value Diri

Finansialku Podcast Eps 53 – Personal Branding Untuk Meningkatkan Value Diri

Hmm.. personal branding, apa itu? Mengapa setiap orang harus bisa melakukannya? Bukankah itu hanya untuk orang terkenal?

Pada kenyataannya, personal branding adalah sebuah hal yang bisa dilakukan siapa saja dan penting menaikkan value kamu, untuk lebih jelasnya yuk simak podcast berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Pentingnya Memasarkan Diri Dengan Sebuah Image

Banyak orang selalu berpikiran bahwa menjadi normal adalah hal wajar, tapi menurut Melvin Mumpuni, selalu menjadi orang yang normal adalah hal yang membosankan.

Maka dari itu personal branding dibutuhkan oleh semua kalangan baik itu Mahasiswa, Karyawan, Pemilik bisnis, dan Freelancer. Kenapa?

Finansialku Podcast kali ini akan membahas Personal Branding bersama Melvin Mumpuni dan pakar atau praktisi personal branding yaitu Ogut dari Muda Cuma Sekali (@Mudacumasekali).

 

Sebelum bahas lebih detail, Sobat Finansialku dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur TANYA PERENCANA KEUANGAN di Aplikasi Finansialku. Jangan lupa kasih hashtag #CURHATKEUANGAN

 

Berikut curhatan dari salah satu Sobat Finansialku MR dari Surabaya

 

Pak saya baru dengar podcast bapak di spotify, saya ingin tahu apa yang harus kita lakukan di masa-masa resesi, sekarang ini investasi saham dan reksa dana di mana-mana pada minus, investasi apa yang cocok untuk tahun depan ?”

 

Jawaban Melvin,

Indonesia saat ini belum bisa dikatakan minus di 2020, resesi itu ketika pertumbuhan ekonomi suatu negara mengalami minus di 2 kuartal terkahir.

Menurut saya Indonesia belum resesi di tahun depan. Apakah Indonesia akan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi?

Ya, tentu saja ada potensi besar Indonesia mengalami perlambatan ekonomi, oleh karena itu saya melihat pemerintah sudah melakukan banyak stimulus supaya ekonomi berjalan lebih cepat atau lebih bagus dan penerimaan negara lebih besar dan pemerintah sudah membuat langkah-langkah yang positif.

Lalu untuk solusi Pak MR apa nih?

Di kondisi ekonomi yang tidak menentu, saya sarankan Pak MR dan tentunya sobat Finansialku semua untuk mengamankan posisi keuangan, caranya ada 4 dan ini bisa dibaca di buku Make A Plan.

Pertama, kamu harus membuat cashflow kamu positif. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

Kedua, pastikan dana darurat kamu cukup.

Ketiga, segera lunasi utang-utang yang konsumtif.

Keempat, beli polis asuransi.

Sebentar lagi kan akhir tahun, saran saya jika perusahaan memberikan bonus akhir tahun, kamu bisa gunakan untuk memenuhi dana darurat kamu, lalu bisa untuk melunasi utang-utang kamu agar cashflow di 2020 tidak terlalu berat, atau jika belum ada asuransi beli lah asuransi kesehatan untuk proteksi, atau perbanyak porsi investasi kamu.

Nah untuk sobat Finansialku jika ada yang mau ditanyakan atau mau konsultasi terkait keuangan bisa langsung chat ke Financial Planner Finansialku via Aplikasi Finansialku dan jangan lupa follow Sosial Media Finansialku untuk update informasi keuangan lainya.

 

Personal Branding

Inti dari personal branding adalah reputation, di mana kita membentuk  diri sendiri dengan suatu nilai/value dan kita marketing-kan sendiri seperti memasarkan sebuah produk, tetapi lebih ke memunculkan pandangan orang terhadap diri kita agar lebih dipercaya atau punya nilai lebih dalam suatu bidang.

Semua orang butuh personal branding baik itu skala besar atau kecil karena dengan personal branding kita akan mempunyai trust atau kepercayaan terhadap skill atau kemampuan kita dalam suatu bidang.

 

Bagaimana Membangun Personal Branding ?

Dalam membangun sebuah Personal Branding kita harus tau dulu “What Problem Do You Solve?”, untuk menjawabnya maksimal kita gunakan 2 kata agar lebih mudah di ingat dan dikenal.

  1. Pertama, kita harus membuat orang setidaknya mengenal dulu diri kita, fokus kita itu apa dalam membangun personal branding, setelah itu ketika kamu sudah mulai dikenal orang, fokuskan personal branding kamu misalkan kamu orang yang cekatan, orang yang ceria, kamu orang yang positif atau kamu adalah orang yang bisa bekerja dengan baik bersama tim kamu.
  2. Self awareness dimana kamu harus bisa membuat orang lain ingin tahu siapa dan apa yang akan kamu lakukan. Karena dengan adanya self awareness orang akan mulai melihat dan menilai apa yang sudah kamu lakukan, lalu kamu juga harus membuat personal branding kamu itu positif untuk orang lain atau bermanfaat bagi orang lain, agar orang percaya terhadap apa yang kamu lakukan dan kerjakan sehingga kamu mempunyai nilai lebih dalam suatu hal.
  3. Terakhir kamu harus mulai mengolah audience atau orang lain disekitar kamu. Di tahap ini kamu harus bisa memanfaatkan dan mempertahankan personal branding yang sudah kamu buat untuk membuat orang lain lebih percaya lagi terhadap kamu dimana nantinya jika orang membutuhkan orang lain yang ia percaya dalam bidang tertentu dan kamu adalah orangnya makan orang tersebut tidak akan ragu dalam memberikan kamu sebuah pekerjaan untuk kamu karena kamu sudah dinilai ahli dalam bidang tersebut.

 

Dengan adanya personal branding yang semakin kuat akan membuat kamu mempunyai pemikiran yang lebih positif dimana kamu akan lebih positif thinking.

Dalam melakukan personal branding, kamu juga harus bisa mengurangi pendapat orang lain terhadap personal branding yang sedang kamu lakukan.

Dalam melakukan personal branding tentunya kita harus mau berposes, karena yang namanya Personal Branding itu tidak bisa kita bentuk sekaligus dan langsung jadi.

Tetapi kamu harus berporoses satu per satu, mulai dari fokuskan target kamu satu persatu, buat target personal branding kamu mulai dari hal-hal yang menurut kamu mudah untuk kamu lakukan dan tingkatkan terus nilai personal branding kamu dari waktu ke waktu.

 

Sebuah quote dari Ogut (@mudacumasekali),

Kita perlu terus untuk berproses dan tumbuh terus menjadi lebih baik karena kita tidak akan muda kembali.

 

Semoga bahasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Sobat Finansialku, dan akhir kata Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True!

 

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top