Pantengin HPmu! Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja

#FinansialkuNews Corona Karir Kartu Prakerja pengumuman seleksi kartu prakerja seleksi kartu prakerja gelombang I Virus CoronaLeave a Comment on Pantengin HPmu! Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja

Pantengin HPmu! Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja

Hari ini ada pengumuman seleksi kartu prakerja gelombang pertama. Jangan jauh dari HP seharian ini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja Gelombang Pertama

Hari ini, Jumat (17/04) hingga Senin (20/04) akan diumumkan 200.000 peserta yang lolos seleksi kartu prakerja gelombang pertama.

Adapun, pendaftaran kartu prakerja gelombang pertama sudah ditutup Kamis (16/04) kemarin pukul 16.00 WIB.

Melansir laman money.kompas.com, data terbaru yang diterima, terdapat 5,96 juta orang sudah menyelesaikan tahap registrasi Kartu Pekerja.

Dari data tersebut, terdapat 3,29 juta orang telah melalui tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan 2,78 juta di antaranya berhasil lolos ke tahap pengacakan sistem sebagai bagian dari 200.000 peserta yang lolos gelombang pertama.

Jokowi Keluarkan Kartu Pra Kerja Antisipasi PHK Akibat Covid-19 03

[Baca Juga: Resmi Dibuka, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja! Yuk Ikutan!]

 

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan kalau peserta yang dinyatakan lolos, akan dikirimkan notifikasi melalui SMS.

Adapun SMS akan mulai dikirimkan mulai besok, Sabtu (18/04) hingga Senin (20/04) mulai pukul 10.00 WIB setiap harinya.

“Dari 200.000 nanti akan diberikan notifikasi melalui SMS dari mulai Sabtu sampai Senin dan kemudian dari Senin di antara waktu itu ada secara bergelombang diinformasikan melalui SMS sudah bisa memilih pelatihan.”

Disadur dari laman kompas.tv, Kamis (16/04).

 

Notifikasi yang dikirimkan melalui SMS itu dikatakan berisi 16 digit kode unik yang bisa digunakan untuk peserta memilih pelatihan yang diinginkan.

Setelah peserta rampung mengikuti pelatihan yang sudah dipilihnya, sistem secara otomatis membuat virtual account atau e-wallet untuk memberikan insentif senilai Rp 3,55 juta yang ditransfer melalui BNI.

Untuk peserta yang tidak lolos di seleksi kartu prakerja gelombang pertama, masih diperbolehkan untuk mengikuti seleksi kartu prakerja gelombang II tanpa melewati proses pendaftaran ulang.

Nantinya, peserta yang tidak lolos di seleksi gelombang pertama, akan diberikan notifikasi melalui e-mail untuk mengikuti seleksi gelombang selanjutnya.

“Bagi 1,87 juta peserta yang belum ikut dalam batch pertama, tidak perlu mendaftar ulang. nanti akan diberikan email link untuk ikut gelombang II, sehingga tidak perlu ulang semua proses yang sudah dibuat di awal.”

Sumber: cnbcindonesia.com, Kamis (16/04).

 

Kartu Prakerja dan Anggaran Kebutuhan

Sebagaimana kita ketahui, Kartu Prakerja dikeluarkan oleh Presiden Jokowi sebagai upaya minimalisasi dampak paparan COVID-19 ke sektor ekonomi.

Menurunnya daya beli, membuat beberapa sektor harus kehilangan pendapatan, bahkan skenario terburuknya, harus menghentikan aktivitas bisnis, yang akhirnya berimbas pada Pemutusan Hubungan Kerja besar-besaran.

Akhirnya, untuk menghindari penurunan daya beli yang terlalu ekstrim, Presiden Jokowi akhirnya menggelontorkan APBN sebanyak Rp 10 triliun untuk memberikan kartu prakerja untuk para pekerja yang terkena dampak PHK ini.

Jokowi Keluarkan Kartu Pra Kerja Antisipasi PHK Akibat Covid-19 02

[Baca Juga: Jokowi Keluarkan Kartu Pra Kerja Antisipasi PHK Akibat Covid-19]

 

Banyaknya karyawan yang merasakan dampak COVID-19 dari mulai dirumahkan hingga PHK, membuat jumlah peserta di gelombang pertama ini membludak.

Rencana awal, pada pembukaan gelombang pertama yang dibuka sejak Sabtu (11/04) sampai Kamis (16/04) kemarin, akan diambil 164.000 peserta yang mendapatkan kartu prakerja.

Tapi akhirnya, pihak pemerintah terkait menambah kuota peserta yang diterima, menjadi 200.000 orang.

Sebagaimana telah diberitakan, 200.000 peserta yang dinyatakan lolos, akan diberikan masing-masing Rp 3,55 juta.

Dengan pembagian dana Rp 1 juta untuk pelatihan Rp 600 ribu yang diberikan setiap bulan selama empat bulan berturut-turut.

Sementara sisanya, Rp 150 ribu dibayarkan langsung untuk survei kerja ke lembaga pelatihan.

Untuk Sobat Finansialku yang lolos seleksi gelombang pertama, jangan lupa untuk segera atur ulang anggaran kebutuhannya, ya!

Dengan mendapatkan uang tambahan Rp 600 ribu setiap bulannya, Sobat Finansialku bisa maksimalkan anggaran dana yang ada.

Bisa mengalokasikannya untuk tambahan dana darurat, atau untuk ditambahkan pada anggaran kebutuhan sehari-hari.

Daripada bingung membaginya di luar kepala, akan lebih praktis kalau pembagian ini ditulis secara sistematis dalam aplikasi Finansialku!

Aplikasi Finansialku bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Apps Store secara gratis.

Manfaatkan fitur perencanaan keuangannya yang sistematis dan praktis untuk membantu Sobat Finansialku dalam memaksimalkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, ya!

 

Apakah di antara Sobat Finansialku di sini ada yang sudah mendapatkan notifikasi dari pemerintah terkait? Jangan ragu sampaikan kabar gembira ini melalui kolom komentar di bawah, ya!

Jangan sampai rekan dan keluarga Sobat Finansialku belum tahu informasi soal pengumuman kartu prakerja ini!

Segera bagikan informasi ini melalui pilihan platform yang tersedia di bawah, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Lidya Julita Sembiring. 16 April 2020. Cek HP, Ini Cara Mengetahui Kamu Lolos Dapat Kartu Pra Kerja. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2RNBsfw
  • Admin. 16 April 2020. Hasil Seleksi Peserta Kartu Prakerja Fase I Diumumkan Jumat. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3cr1A7A
  • Admin. 16 April 2020. Cek Pengumuman Kartu Prakerja, 200.00 Peserta Lolos akan Dapat SMS Notifikasi. Kompas.tv – https://bit.ly/3cnUalE
  • Mutia Fauzia. 17 April 2020. Fakta-fakta Baru Kartu Prakerja, Kuota Dinaikkan Jadi 200.000… . Money.kompas.com – https://bit.ly/2z3ofIJ
  • Muhammad Idris. 17 April 2020. Hari Ini, Peserta Kartu Prakerja yang Lolos Gelombang I Diumumkan. Money.kompas.com – https://bit.ly/3cuos67

 

Sumber Referensi:

  • Kartu Prakerja – https://bit.ly/3amTyLS

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top