Keterampilan Teknis VS Non Teknis, Mana yang Lebih Butuh?

Contoh Keterampilan Teknis Karir Keterampilan Keterampilan Teknis Keterampilan Teknis dan Non Teknis MindsetLeave a Comment on Keterampilan Teknis VS Non Teknis, Mana yang Lebih Butuh?

Keterampilan Teknis VS Non Teknis, Mana yang Lebih Butuh?

Apakah yang dimaksud dengan keterampilan teknis dan non teknis? Ternyata, keduanya sangat dibutuhkan di dunia kerja lho!

Mau tahu penjelasannya? Simak artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Keterampilan Teknis Vs Non Teknis, Apa Bedanya?

Keterampilan teknis merupakan kemampuan untuk menggunakan ide, kreativitas, dan pikiran dalam waktu yang sama.

Kemampuan ini dibagi menjadi dua, yakni kemampuan yang benar-benar teknis (hard skill) atau sebaliknya berupa kemampuan non teknis (soft skill).

Hard skill dan soft skill bagi setiap orang berbeda-beda, antara satu orang dengan lainnya bisa jadi lebih memiliki soft skill atau kemampuan non teknis.

Namun bagi orang lainnya bisa menjadi hard skill lah yang paling banyak dikuasai. Dua orang yang sama-sama memiliki kemampuan teknis pun juga bisa berbeda jenis spesifik keterampilannya.

 

Informasi Penting Tentang Keterampilan Teknis dan Non Teknis

Supaya Anda lebih paham tentang keterampilan teknis dan non teknis, berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui.

Bisa untuk sekedar menambah wawasan, bisa juga ditujukan supaya Anda lebih memahami diri sendiri.

 

#1 Pengertian Keterampilan Teknis

Kemampuan teknis atau biasa disebut sebagai hard skill adalah kemampuan yang diwujudkan dengan kombinasi IQ dan kinerja otak kiri yang baik. Kemampuan ini lebih bisa dilihat dibanding jenis keterampilan yang satunya.

Mereka yang memiliki keterampilan ini lebih bisa memecahkan masalah yang membutuhkan kinerja otak kiri, mengingat salah satunya.

Siswa yang memiliki keterampilan ini akan lebih mudah mengingat, sehingga biasa terkesan lebih pintar dibanding siswa lain. Namun, orang yang memiliki keterampilan hard skill belum tentu pintar dalam soft skill.

Keterampilan Teknis VS Non Teknis, Mana yang Lebih Butuh 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

#2 Pengertian Keterampilan Non Teknis

Keterampilan non teknis atau soft skill sangat berbanding terbalik dengan keterampilan hard skill. Jika mereka yang memiliki hard skill pintar dalam mengandalkan IQ, mereka yang pintar dalam soft skill lebih bisa mengandalkan EQ.

Kepintaran EQ sendiri bisa membuat seseorang yang memilikinya bisa bersosialisasi. Mereka mahir dalam berkomunikasi, merasakan empati, menerapkan simpati, dan hal lain yang diterapkan dengan perasaan.

Mereka juga pandai dalam mengatur emosi.

 

#3 Perbedaan Keterampilan Teknis dan Non Teknis

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, perbedaan antara keduanya adalah apa yang digunakan untuk mewujudkan keterampilan itu sendiri. Keterampilan teknis melibatkan IQ sedangkan non teknis melibatkan EQ.

 

#4 IQ dan EQ

Keduanya adalah skala penilaian kecerdasan yang berbanding terbaik. IQ singkatan dari inteligent quotient dan EQ sendiri adalah singkatan dari emotional quotient.

Keterampilan Teknis VS Non Teknis, Mana yang Lebih Butuh 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

#5 Contoh Keterampilan Teknis

Dalam pengertiannya sendiri mungkin tak sulit bagi Anda untuk menemukan contoh keterampilan teknis.

Mereka yang memiliki keterampilan ini harus berfokus pada satu bidang ilmu untuk menjadikan keterampilan itu sendiri lebih optimal.

Adapun contoh keterampilan hard skill diantaranya kemampuan mengingat, menyerap ilmu, memahami, menangkap informasi, dan lain sebagainya.

 

#6 Contoh Keterampilan Non Teknis

Ada dua jenis kemampuan non teknis jika yang sedang dibicarakan adalah contohnya.

Dua jenis tersebut adalah kemampuan kemampuan interpersonal untuk mengatur dirinya sendiri dan kemampuan interpersonal untuk bersosial.

Mereka yang memiliki keterampilan non teknis interpersonal mengatur diri sendiri biasa bersikap dengan percaya diri, menjunjung integritas, bisa mengendalikan diri sendiri, dan bertanggung jawab.

Keterampilan Teknis VS Non Teknis, Mana yang Lebih Butuh 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru? Simak Jawabannya!]

 

Sedangkan mereka yang bisa bersosial, biasanya merupakan orang-orang yang menjadi pemimpin. Contohnya adalah pemimpin organisasi atau komunitas, mereka yang mudah beradaptasi, mereka yang mudah bernegosiasi, dan lainnya.

 

Mana yang Lebih Anda Butuhkan?

Jika ditanya mana yang lebih penting antara keduanya, maka jawabannya adalah sama pentingnya. Kita tidak bisa menjadi sosok yang cerdas dan mudah belajar namun menjadi sosok yang tidak bisa bersosial.

Sebaliknya, kita juga tidak bisa mudah dalam bergaul dan bersosial namun kesulitan dalam mempelajari hal baru.

Dinilai sulit bagi satu orang untuk bisa memiliki dua keterampilan ini sekaligus, namun jika ditanya mana yang lebih baik, jawabannya adalah keduanya.

Kini Anda sudah paham apa itu kemampuan teknis, non teknis, dan contoh keduanya. Anda juga sudah mendapatkan jawaban mana yang lebih baik dari dua keterampilan tersebut.

 

Setelah membaca artikel di atas, yuk pelajari kedua keterampilan tersebut. Jangan lupa bagikan info bermanfaat ini pada teman sejawat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Salamadain. 25 September 2018. Contoh Keterampilan Teknis : Soft Skill & Hard Skill Dalam Dunia Kerja. Salamadain.com – https://bit.ly/3giDhLO

 

Sumber Gambar:

  • Hard Skill VS Soft Skill 1 – https://bit.ly/2LOxq34
  • Hard Skill VS Soft Skill 2 – https://bit.ly/3bUZcp5
  • Hard Skill VS Soft Skill 3 – https://bit.ly/2ZsjyU8

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top