Jejak Karir Dena Rachman, Penyanyi Cilik Hingga Model Transgender

Bisnis Dena Rachman Karir Dena Rachman Kisah Sukses Kisah Sukses Dena RachmanLeave a Comment on Jejak Karir Dena Rachman, Penyanyi Cilik Hingga Model Transgender

Jejak Karir Dena Rachman, Penyanyi Cilik Hingga Model Transgender

Generasi milenial penikmat music tahun 90-an pasti masih ingat dengan penyanyi cilik bernama Dena Rachman.

Namanya sempat menghilang dari dunia hiburan Indonesia, sampai akhirnya mengambil keputusan kontroversial menjadi model transgender.

Bagaimana perjalanan karirnya selama ini? Semuanya dibahas pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

 

Perjalanan Karir Dena Rahman

Dena Rachman lahir di Jakarta pada tanggal 30 Agustus 1987 dengan nama Renaldy Denada Rachman.

Terlahir dari pasangan Acan Rachman dan Gina Rachman, Dena Rachman sebenarnya memiliki masa lalu seperti laki-laki normal lainnya.

Pada tahun 2013 lalu, anak kedua dari empat bersaudara ini sempat menuai kontroversi lantaran keputusannya untuk menjadi transgender.

Ia melakukan operasi kelamin dan implan payudara sebagai upaya untuk benar-benar menjadi wanita seutuhnya.

Terlepas dari itu, perjalanan karirnya justru tidak lantas meredup. Bisa dibilang, Dena Rachman semakin sukses. Seperti apa sih perjalanan karir Dena yang dulunya ganteng kini menjadi cantik?

 

#1 Penyanyi Cilik Era Tahun 90-an

Pada era 90-an Dena Rachman dikenal sebagai seorang penyanyi cilik. Lagu hits Dena yang terkenal yaitu “Ole-ole” dan “Rukun dan Damai”. Lagu-lagu ini sempat melejitkan namanya. Belum lagi, penampilannya yang imut-imut membuat banyak orang menyukainya.

 

#2 Bintang Iklan

Dena Rachman memulai karirnya di dunia hiburan ketika masih duduk di sekolah dasar sebagai bintang iklan.

 

#3 Pembawa Acara

Selain menyanyi, ia juga menjadi pembawa acara khusus buat anak-anak yang tayang di SCTV, Krucil (Kru Cilik) yang ngetop pada pertengahan tahun 1990an.

Tak sendiri, Dena bersama dua teman wanitanya dalam membawakan acara tentang anak-anak yang bekerja sebagai kru televisi.

Kisah Karier Dena Rachman, Penyanyi Cilik Hingga Model Transgender 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah]

 

#4 Main Sinetron

Selain berkarir di dunia tarik suara, Dena juga terjun ke dunia akting dengan membintangi sejumlah judul sinetron. Sinetron yang ia perankan yaitu Misteri Gunung Merapi, Wali Songo, Mahabharata, hingga Jin dan Jun.

Generasi 90-an pasti tahu judul-judul film tersebut. Sayangnya, karir Dena Rachman di dunia seni peran tidak bersinar.

 

#5 Model Transgender dan Desainer

Bukan hanya pintar mendesain baju, Dena juga terbiasa berlenggak-lenggok di atas panggung, lho. Terbukti dari unggahan di media sosialnya, ia beraksi di atas panggung fashion show dengan balutan busana wanita.

Tak heran jika Lulusan jurusan Design, Fashion & Luxury Goods, Universitas Bologna, Italia memiliki passion dalam dunia tersebut.

Setelah lulus, ia tak menyia-nyiakan pendidikannya di Italia. Justru, ia menekuninya dengan menggeluti dunia desainer. Beberapa desain pakaiannya sempat dipamerkan di Jakarta Fashion Week 2016.

Kisah Karier Dena Rachman, Penyanyi Cilik Hingga Model Transgender 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Donald Trump, Pengusaha Sukses Hingga USA No.1]

 

Dena Rachman yang Kontroverial

Nama Dena Rachman sempat menghilang dari dunia hiburan tanah Air. Menginjak usia remaja, ia mulai jarang terlibat dengan dunia hiburan. Pasalnya, ia fokus pada pendidikannya.

Setelah lulus sekolah menengah, dia memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Kemudian, ia melanjutkan studi master dengan mengambil jurusan Design, Fashion & Luxury Goods di Unibersitas Bologna, Italia.

 

Pada 2013, nama Dena Rachman menjadi perbincangan setelah dirinya memutuskan untuk mengganti kelamin.

Sejak saat itu, ia menjadi perbincangan di tanah air. Bagaimana tidak? Menjadi transgender tentu tidak mudah, apalagi di Indonesia. Bahkan, keputusannya menjadi transgender pun sempat ditentang orangtuanya.

Awalnya, orangtua Dena kecewa sehingga hubungan mereka pun menjadi renggang. Namun, kedua belah pihak menjadi mulai terbuka satu sama lain. Hubungan mereka pun kembali membaik.

Kisah Karier Dena Rachman, Penyanyi Cilik Hingga Model Transgender 01 - Finansialku

[Baca Juga: Duh, Lucinta Luna Diringkus Polisi Gara-gara Bawa Narkoba!]

 

Untuk menepis kabar tersebut, Dena mengungkapkan, “Seharusnya setiap orang bisa menghargai kehidupan dan keputusannya sebagai seorang transgender. Apalagi ia mengaku nyaman dengan keadaannya sekarang.”

Walaupun keputusannya itu menjadi bahan perbincangan, Dena justru tak berkecil hati. Ia tetap melangkah maju, seolah tak peduli dengan pembicaraan orang. Hal ini terbukti dari pencapaian karirnya yang semakin sukses.

 

Jadilah Pribadi Yang Memiliki Tujuan

Perjalanan karir Dena Rachman merupakan hasil dari jerih payahnya. Sebagai sosok yang berkarakter, Dena Rachman memiliki tujuan untuk hidupnya.

Jika sudah memiliki tujuan, hidup kita akan lebih fokus. Komentar orang tak akan menjatuhkanmu.

Bisa dibilang, Dena memiliki mental orang-orang sukses. Tahan banting. Nah, kamu pun harus bisa memiliki mental seperti itu supaya bisa sukses. Simak pula kisah penyanyi Didi Kempot berikut ini.

 

Sekarang, mulailah kisah suksesmu. Mulailah dari mengatur keuangan. Jika kesulitan mengatur keuanganmu, kamu bisa mengunduh aplikasi Finansialku.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti pencatatan keuangan harian, investasi, dsb. Kamu bisa download secara gratis lewat link di bawah ini.

 

Itu dia perjalanan hidup dan karir Dena Rachman. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk mental yang tangguh. Jangan lupa share artikel ini supaya mengingatkan orang di sekitarmu untuk terus berjuang, pantang mundur. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sapto Purnomo. 17 Juli 2019. 4 Fakta Perjalanan Hidup Dena Rachman Sebelum Menjadi Transgender. Liputan6.com – https://bit.ly/3aPzGB0
  • Yoeni Syafitri Sekar Ayoe. 4 September 2019. 5 Transformasi Dena Rachman dari Penyanyi Cilik Sampai Desainer Kondang. Matamata.com – https://bit.ly/2VN4QF5
  • Addina Zulfa Fa’izzah. 11 Maret 2020. Transformasi Mantan Penyanyi Cilik Dena Rachman, Dulu Ganteng Kini Cantik Jelita. Merdeka.com – https://bit.ly/2yc3jzl

 

Sumber Gambar:

  • Dena 1 – https://bit.ly/2W9UU7n
  • Dena 2 – https://bit.ly/2VOzxK1
  • Dena 3 – https://bit.ly/2VN4QF5

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top