10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Cara Mencapai Kebebasan Finansial Finansial Kebebasan Finansial Kebebasan Keuangan Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial KeuanganLeave a Comment on 10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Kebiasaan untuk mencapai kebebasan finansial yang Anda lakukan membawa Anda  menuju tujuan keuangan yang diinginkan.

Artikel ini akan membahas 10 kebiasaan sederhana yang dapat membantu Anda untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda.

 

Rubrik Finansialku

 

10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Mencapai kebebasan finansial di usia muda bukanlah hal yang mustahil. Namun, hal tersebut tidaklah mudah. Arti kebebasan finansial untuk masing-masing orang pun berbeda.

Apapun definisinya bagi Anda, kebebasan finansial hanya dapat dicapai dengan kebiasaan keuangan dan gaya hidup yang tepat. Di bawah ini merupakan 10 kebiasaan yang dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari untuk mencapai kebebasan keuangan di usia muda.

 

#1 Petakan Tujuan Keuangan Anda

Betul Anda ingin mencapai kebebasan keuangan di usia muda, namun pada usia berapakah? Berapa jumlah uang atau aset yang ingin Anda miliki pada usia tersebut?

Pertama, tulislah tujuan Anda. Kemudian, hitunglah jarak waktu sekarang dengan usia tersebut. Lalu, estimasikan berapa jumlah uang yang harus Anda kumpulkan setiap tahunnya atau setiap bulannya.

Dengan cara ini, Anda akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan Anda dan Anda dapat terus berada pada jalur yang tepat.

10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Menggunakan Bonus Dalam Mencapai Kebebasan Keuangan]

 

#2 Memiliki Anggaran

Kebebasan finansial di usia muda dapat dicapai dengan kebiasaan keuangan yang baik. Kebiasaan keuangan yang baik dimulai dengan memiliki anggaran keuangan.

Anggaran keuangan membantu Anda mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran yang sepantasnya. Memiliki anggaran dapat menjadi garansi untuk seluruh pemenuhan kebutuhan dan menghindari diri dari sikap keuangan yang ceroboh seperti berutang.

 

#3 Memiliki Tabungan

Setelah Anda memiliki anggaran, kebiasaan selanjutnya yang dapat membantu Anda mencapai kebebasan finansial adalah kebiasaan menabung. Menabung memiliki berbagai manfaat. Mulai dari pemenuhan kebutuhan darurat hingga memenuhi kebutuhan masa pensiun.

10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pengelolaan Keuangan dan Konsep Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)]

 

Menabung dapat membantu Anda mencapai berbagai tujuan keuangan. Jumlah uang yang harus Anda tabung memang relatif dan harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Namun sebaiknya, uang tabungan Anda menjadi prioritas pertama saat Anda mendapatkan pemasukan.

 

#4 Lunasi Utang

Anda masih memiliki cicilan rumah, kendaraan, kartu kredit, kredit bank dan utang lainnya? Lunasilah segera. Utang dapat terus menarik Anda menjauh dari kebebasan keuangan.

Dengan melunasi utang, Anda akan terhindar dari beban bunga yang berlebihan serta dapat memprioritaskan keuangan untuk tujuan yang lebih mengembangkan.

 

#5 Mulai Berinvestasi

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keuangan Anda Jika Anda biasa bekerja untuk uang, maka pada investasi, uang yang bekerja untuk Anda.

Keuntungan pada investasi dapat mengembangkan dana Anda secara eksponensial seiring dengan berjalannya waktu. Tentu Anda harus memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko serta keahlian Anda.

 

#6 Bernegosiasi

Negosiasi atau tawar menawar merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat Anda berpikir tentang nilai sebuah barang atau produk. Tawar-menawar tidak hanya terjadi ketika Anda menawar harga sebuah produk.

Namun, Anda juga dapat melakukan tawar-menawar kepada diri sendiri ketika Anda hendak membeli sebuah produk. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan produk dengan nilai yang sepantasnya.

 

Apakah Anda percaya kalau gaji UMR bisa meraih kebebasan keuangan?

Coba deh lihat dulu video ini!

 

#7 Mencari Penasihat Keuangan

Penasihat keuangan bisa jadi seseorang yang memang professional di bidang keuangan atau seseorang yang menjadi teladan Anda di bidang keuangan. Penasihat keuangan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan serta mengingatkan Anda untuk tetap berada pada jalur yang telah Anda susun.

Penasihat keuangan professional juga dapat membantu Anda mengalokasikan aset dengan lebih baik dan memberikan Anda pengetahuan seputar keuangan misalnya investasi dan membantu Anda membuat keputusan keuangan.

 

#8 Jaga Kesehatan Anda

Banyak yang fokus pada kehidupan finansial, namun lupa dengan kekayaan yang paling berharga yaitu kesehatan. Kesehatan Anda merupakan kekayaan yang tidak dapat dicari kembali.

Jika Anda tidak sehat, Anda tidak akan dapat mencapai tujuan keuangan dan mencapai kebebasan keuangan tanpa harus menghabiskannya. Kesehatan merupakan harta yang nilainya tidak dapat dibandingkan. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan Anda untuk mencapai kebebasan keuangan di usia muda.

 

#9 Memiliki gaya hidup sederhana

Jika Anda memiliki Rp 3 juta setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, apakah suatu hal yang tepat untuk menghabiskan seluruhnya? Tentu tidak, apalagi jika Anda memiliki tujuan untuk mencapai kebebasan keuangan di usia muda.

10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda 04 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tahap Mencapai Kebebasan Keuangan Ala Merry Riana]

 

Sederhana dan berhemat di setiap ada kesempatan dapat membantu Anda terhindar dari jurang gaya hidup hedonisme. Semakin Anda berperilaku boros, anggaran yang sebelumnya cukup akan menjadi sangat kurang untuk Anda.

 

#10 Memelihara aset Anda

Seluruh barang yang mampu Anda beli dengan menggunakan uang, dapat dibilang merupakan aset Anda. Mungkin tidak secara langsung, namun dengan memelihara aset Anda, Anda akan mampu mencapai kebebasan keuangan di usia muda.

Bayangkan apabila Anda memelihara smartphone, televisi, kendaraan, pakaian hingga rumah Anda, tentu biaya perbaikan yang Anda butuhkan sangatlah minimal. Jika dilakukan dengan konsisten pada setiap aspek, hal ini akan sangat membantu keuangan Anda.

 

Anda butuh aplikasi smartphone untuk mencatat keuangan?

Bisa banget nih pake aplikasi dari Finansialku! Download di sini yaa..

 

Apakah sekarang Anda lebih mengerti cara-cara untuk mencapai kebebasan keuangan di usia muda?

Bagikan artikel ini kepada teman terdekat Anda agar lebih bermanfaat bagi banyak orang!

Anda juga bisa berikan komentar setelah mencoba semua tips dari kami.

Selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Matt Danielsson. 14 April 2020. These 12 Habits Will Help You Reach Financial Freedom. Investopedia.com – https://bit.ly/2S9keco

 

Sumber Gambar:

  • Finansial 01 – https://bit.ly/2SMLyO4
  • Finansial 02 – https://bit.ly/2A6fK03
  • Finansial 03 – https://bit.ly/2SQaa8u
  • Finansial 04 – https://go.aws/2WCOLAW

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top