Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!

Gejala Stres Gejala Stres Kerja Kantor Kerja Kesehatan Lifestyle Pekerjaan Stres stres kerjaLeave a Comment on Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!

Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!

Apa saja yang menunjukkan seseorang terkena stres kerja?

Ternyata, gejala ini adalah tanda-tandanya. Yuk ketahui ulasannya di artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Apakah Stres Kerja Itu?

Beban kerja seringkali memicu kondisi tak menyenangkan. Salah satunya adalah stres kerja yang lumrah dialami masyarakat urban.

Istilah ini sebenarnya mengacu tekanan yang ditimbulkan oleh pekerjaan, baik fisik maupun mental. Kebanyakan orang mungkin akan menunjukkan gejala tertentu hingga mengganggu pekerjaan.

 

Menilik Gejala Stres Saat Bekerja

Ketegangan akibat pekerjaan seyogyanya mampu mempengaruhi emosi seseorang. Banyak faktor bisa memicu kondisi tersebut, termasuk keluarga dan lingkungan kantor. Untuk mengenal lebih jelas hal ini, berikut beberapa gejala stres kerja yang biasa muncul.

 

#1 Emosi Tidak Stabil

Pernahkah kamu mengalami emosi tak stabil saat bekerja? Jangan abaikan kondisi emosi yang kerap berulang di lingkungan yang sama. Pasalnya, ini bisa jadi pertanda stres yang kamu alami selama bekerja.

Sebagian besar karyawan mengeluhkan beban kerja yang sangat tinggi dari perusahaan sebagai pemicu. Ini tentu tak sepenuhnya benar ataupun salah, sebab kondisi pribadi punya peluang besar pula.

Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kepemimpinan Adalah Seni Membuat Orang Lain Untuk Melakukan Sesuatu]

 

Jika kamu melihat pertanda tersebut terjadi pada beberapa karyawan, atau kamu mengalami ini, sebaiknya adakan stress management training di lingkup internal.

Ajak profesional untuk memberikan pelatihan sebagai cara mengatasi stres kerja. Langkah ini lebih efektif daripada membiarkan karyawan mencari pelampiasan sendiri.

 

#2 Konsentrasi Menurun

Penurunan konsentrasi dapat berimbas pada banyak hal. Satu diantaranya menurunnya kinerja atau performa kerja. Bila dibiarkan terus-menerus, gejala ini akan berdampak pada kinerja perusahaan.

 

#3 Produktifitas Berkurang

Karyawan menjadi tak produktif dan bekerja tak sesuai deadline. Semua pekerjaan akan kacau kalau karyawan tak mencari solusi yang tepat. Sebagai atasan, kamu perlu bersikap kooperatif dan terbuka terhadap seluruh karyawan.

Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Cobalah ajak mereka berbicara dari hati ke hati untuk tahu alasan dibaliknya. Apakah stres yang dihadapi sudah mencapai kategori parah? Pendekatan personal bakal terasa lebih menyentuh dan efektif untuk sebagian besar contoh stres kerja.

 

#4 Jarang Masuk Kantor

Berbagai alasan dibuat untuk terhindar dari tugas atau kewajiban datang ke kantor. Bahkan beberapa orang sengaja mengajukan cuti maupun izin tanpa alasan yang jelas. Ini adalah salah satu pertanda stres kerja.

 

#5 Insomnia

Pada dasarnya, stres bisa berdampak ke berbagai lini kehidupan. Insomnia hanyalah satu diantara beberapa dampak yang dirasakan. Akibat insomnia, karyawan mesti absen masuk kerja.

Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun? Ketahui Rahasianya!]

 

Pola istirahat yang terganggu tentu berisiko pula pada performa kerja. Untuk menangani masalah tersebut, mulailah perbaiki sistem kerja di kantor. Lakukan manajemen kerja yang sesuai standar dan libatkan banyak pihak.

Ajak pula karyawan untuk terus terbuka dalam menghadapi masalah. Dengan begini, dampak stres kerja bisa lebih mudah ditangani.

 

#6 Tampak Frustasi

Terkadang beban kerja yang dirasakan tak sesuai dengan pendapatan yang diperoleh. Kondisi ini memicu berbagai hal terjadi, seperti perundungan serta perasaan putus asa. Di satu pihak, karyawan tentu merasa dirugikan dengan kondisi tersebut.

Cek Gejala Stres Kerja Ini, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru? Simak Jawabannya!]

 

Di pihak lain, perusahaan tak ingin mengambil resiko besar dengan menaikkan upah para karyawan. Kondisi yang cukup dilematis memang, tetapi perlu ditangani dengan serius.

Salah satu langkah efektif sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, misalnya memberi pujian dan penghargaan. Berilah apresiasi kepada karyawan berprestasi atas kinerjanya.

 

Penanganan Berdasarkan Gejala

Dalam menangani stres kerja, perusahaan harus tahu betul penyebab dari kondisi tersebut. Hal ini hanya bisa diketahui bila perusahaan melihat gejala yang terlihat.

Itu sebabnya penting bagi HRD atau pihak manajemen memperhatikan kondisi karyawan saat berada di lingkungan kantor.

Dengan begitu, tindakan lebih cepat dilakukan dan penanganannya lebih tepat. Performa kerja pun tak akan terlalu terganggu kalau penanganannya dilakukan sesegera mungkin.

Khusus untuk masalah pengaturan keuangan, kamu bisa mengatasinya dengan aplikasi Finansialku. Tidak perlu pusing, aplikasi Finansialku bisa membantu kamu mengatur anggaranmu menjadi lebih efisien. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Apakah kamu pernah merasakan beberapa gejala di atas? Jika ya, yuk ajak lebih banyak teman kerja membaca artikel ini, agar bisa menghindarinya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 05 Juni 2018. 4 Gejala Stres Kerja Karyawan dan Cara Mengatasinya. Sleekr.co – https://bit.ly/2AbjEVv
  • Muchlisin Riadi. 06 Oktober 2016. Pengertian, Penyebab dan Akibat Stres Kerja. com – https://bit.ly/3fz0PMb
  • Admin. Stres Kerja : Definisi, Kategori, dan Faktor Penyebab Stres Kerja. Jurnal-sdm.blogspot.com – https://bit.ly/2YIOjUu

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/2Lb1wNX
  • Gambar 2 – https://bit.ly/2AdVnhH
  • Gambar 3 – https://bit.ly/3cnppxC
  • Gambar 4 – https://bit.ly/2AdUo10
  • Gambar 5 – https://bit.ly/2Lg5Nj6
  • Gambar 6 – https://bit.ly/3ch2WSM

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top