Eliminasi 7 Mindset Racun Ini Biar Kamu Semakin Sukses

#Mindset #WealthMindset Karir Mindset Mindset orang sukses Mindset RacunLeave a Comment on Eliminasi 7 Mindset Racun Ini Biar Kamu Semakin Sukses

Eliminasi 7 Mindset Racun Ini Biar Kamu Semakin Sukses

Selain mindset positif, nyatanya ada juga mindet racun yang dapat menghambat kamu untuk menjadi semakin sukses, lho.

So, hindari mindset racun yang dijabarkan pada artikel di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Kamu Punya Mindset Racun?

Pola pikir atau mindset yang racun tentu buruk dan menyebabkan seseorang selalu pesimis dalam hidupnya. Mengapa demikian? Karena tentu mindset tersebut menimbulkan perasaan takut gagal, tidak percaya diri hingga lelah berjuang.

Hal tersebut tentu bukanlah hal yang baik. Di bawah ini adalah beberapa mindset atau pola pikir racun yang harus kamu eliminasi agar kamu semakin sukses di mana pun kamu berada.

 

#1 Merasa Memiliki Banyak Pengetahuan

Pada dasarnya, setiap orang ingin dipandang superior, tahu segala hal, dan tidak ingin berpikir bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan.

Hal ini yang membuat orang tersebut meningkatkan penilaian terhadap dirinya sendiri dan mengabaikan kelemahan yang dimiliki.

Buat kamu yang hingga sekarang sering merasa lebih tahu dari orang lain, ubahlah mindset tersebut secara perlahan. Apabila terus kamu pertahankan, hal ini tentu akan menghabat kamu untuk berkembang.

Orang lain akan terus belajar dan mau memperbaiki kekurangan diri, sedangkan kamu berada di posisi merasa memiliki segudang pengetahuan.

Ketika kamu memiliki mindset racun nomor satu ini, kamu akan membatasi dirimu untuk mencoba hal baru dan belajar hal baru dari orang lain, karena merasa kamu sudah tahu tentang hal tersebut.

Dalam istilah psikologi populer, situasi tersebut dikenal sebagai Efek Dunning-Kruger.

Orang dengan tingkat keahlian rendah cenderung menilai dirinya melebihi kenyataan, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan membentuk khayalan bahwa dirinya hebat (illusory superiority).

Di sisi lain, mereka yang benar-benar ahli dan hebat dalam bidangnya merasa dirinya kurang baik dan perlu banyak belajar lagi.

 

#2 “Aku Tidak Bisa”

Power of mind atau kekuatan pikiran memiliki arti bagaimana kamu bisa memandang dan menjalani hidup. Kekuatan pikiran akan melahirkan sugesti yang membuat kamu melakukan sesuatu hal di bawah alam sadar.

Apabila dilakukan berulang-ulang, akan beracun untuk kamu, karena sugesti di pikiran alam bawah sadar akan berubah menjadi keyakinan diri, lho.

Eliminasi 7 Mindset Racun Ini Biar Kamu Semakin Sukses 02 - Finansialkult, written with Chalk on Blackboard

[Baca Juga: 5 Cara Mengubah Mindset yang Tidak Membuatmu Miskin]

 

Tembok terbesar yang membuat kita sering gagal sebetulnya adalah pikiran dan sugesti tersebut. Semakin sering kamu mengatakan “Aku nggak bisa” baik secara langsung atau dalam hati, maka kesempatan untuk berhasil juga semakin jauh.

Beranikan diri untuk mencoba terlebih dulu untuk tahu kemampuanmu yang sebenarnya. Jangan langsung bilang nggak bisa ya.

 

#3 Lemah Lembut Berarti Tidak Berdaya

Kita sering sekali mendengar kata lemah lembut, tetapi apakah kita sungguh-sungguh memahami seperti apa orang yang lemah lembut itu? Banyak orang salah mengartikannya dengan menghilangkan kata ‘lembut’, sehingga kita merasa orang yang lemah lembut itu orang yang lemah.

Nyatanya, lemah lembut adalah orang yang rendah hati, tidak kasar, dan juga dapat membawa ketenangan serta kesegaran bagi sekelilingnya.

Seringkali kita memahami lemah lembut adalah soal sikap yang senyam-senyum, tenang, jalannya pelan, ngomong-nya pelan, tidak pernah marah.

Ada juga yang mengatakan orang lemah lembut adalah orang yang ikut aja apa kata orang, ini bisa jadi orang yang tidak punya pendirian atau orang munafik.

Sangat mudah untuk melihat titik hitam pada kertas putih. Namun, memahami orang tidak sesederhana itu. Bersikap lembut bukan berarti lemah, dan bersikap keras pun bukan berarti kuat.

 

Sebelum lanjut ke mindset lainnya, kamu bisa simak video Finansialku ini!

 

#4 Orang Lain Meraih Kesuksesan Dengan Mudah

Mindset racun selanjutnya adalah menganggap bahwa orang lain meraih kesuksesan dengan mudah.

“Dia sih enak bisa kuliah di kampus A, ayahnya ‘kan punya banyak uang”

“Wajar lah dia gampang dapet kerja. Orangtuanya punya channel, sih.”

Di balik kesuksesan seseorang selalu terdapat cerita mengenai perjuangan dan kerja keras yang dilakukan. Siapapun yang mau berusaha tentu bisa jadi sukses, termasuk kamu.

Misalnya, saat ini kamu bermimpi ingin kuliah tapi merasa khawatir karena kebutuhan biaya yang tinggi, janganlah khawatir. Di luar sana, banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan, misalnya dengan mengikuti program beasiswa.

 

#5 Bersikap Tenang Dan Tidak Berusaha

Apabila ada seseorang yang pekerja keras, lalu teman kantornya berkata “Tenang, rejeki sudah diatur”

Orang dengan mudahnya mengurangi pergerakan tanpa menurunkan ambisi.

Ketika orang-orang berkata untuk tenang, kamu akan merespon dengan mengurangi apa yang kita lakukan. Lantas kamu mengurangi porsi dalam bekerja atau dengan kata lain kamu mengurangi kapabilitas dirimu.

Atau bahkan kamu mengartikan kata tenang tersebut dengan membiarkan semua mengalir dengan sendirinya. Menyerahkan semuanya dengan mengucapkan doa, mantra atau afirmasi lainnya. Nyatanya, tetap saja kita perlu berusaha.

Rejeki memang tidak ke mana, namun jangan sampai rejeki tersebut lari ke tempat yang salah. Kita harus tetap berusaha agar rejeki tersebut memang sudah kamu porsikan ke tempat yang benar.

 

#6 Tidak Mempertanyakan Kembali Apa Yang Diyakini

Pen Jilette mengatakan bahwa, “Suatu hal yang paling kamu yakini adalah sesuatu yang harusnya kamu pertanyakan.”

Banyak sekali pemikiran yang keliru dalam kehidupan ini. Orang memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa tidak ada yang bisa mengubah keyakinan apabila kita sudah yakin.

Kita lebih suka mempertahankan keyakinan tersebut meskipun pada suatu saat kita tahu bahwa itu salah. Saat inilah ego kita memimpin. Alasan mengapa semua ini terjadi adalah kepercayaan kita lebih besar daripada pengetahuan.

 

Sudah Siap untuk Menghilangkan Mindset Racun?

Itullah tujuh mindset racun yang harus segera kamu eliminasi. Jika kamu ingin mulai menghilangkan satu per satu mindset di atas, kamu pasti bisa semakin sukses di manapun.

Merubah mindset racun tersebut merupakan sebuah cara untuk hisa merubah jalannya kehidupan. Apapun yang kamu dapatkan dan lakukan berawal dari sebuah pikiran atau mindset. Ubah pikiranmu dan dunia pun bisa kamu ubah.

Selain mengubak mindset, penting juga lho untuk punya pengaturan uang yang jelas. Yuk unduh aplikasi Finansialku!

 

Pernah memiliki pengalaman dengan mindset racun? Kamu pasti bisa mengubah diri menjadi lebih baik!
Pastikan kamu selalu update dengan artikel Finansialku lainnya ya! 

 

Sumber Referensi:

  • Ilham Damanik. Mindset Negatif yang Harus Kamu Hilangkan dalam Hidup. Golife.id – https://bit.ly/2S4mxxE

 

Sumber Gambar:

  • Mindset Racun 01 – https://bit.ly/2xGXmdz
  • Mindset Racun 02 – https://bit.ly/2zjErWs

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top