Unik! Kementan Bagi-Bagi Beras Gratis Lewat ATM Beras

#FinansialkuNews beras gratis Corona kementan Kesehatan Lifestyle tm beras Virus CoronaLeave a Comment on Unik! Kementan Bagi-Bagi Beras Gratis Lewat ATM Beras

Unik! Kementan Bagi-Bagi Beras Gratis Lewat ATM Beras

Kementan bagi-bagi beras gratis kepada masyarakat miskin terdampak virus corona dengan program unik bertema ATM Beras!

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

ATM Beras ala Kementan

Kamis (23/04), Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, bersama Kasad Jenderal Andika Perkasa bekerja sama bantu masyarakat terdampak corona dengan program ATM Beras yang dinamai ATM Pertanian Sikomandan.

Melansir laman katadata.co.id, sejauh ini, ATM Beras sudah tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek, seperti Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

Mesin ATM beras ini, menyimpan total 1,5 ton beras yang akan dibagikan untuk total 1.000 orang per hari.

Unik! Kementan Bagi-Bagi Beras Gratis Lewat ATM Beras 02

[Baca Juga: Ini Tata Cara Tarawih Di Rumah Dalam Masa Pandemi Covid-19]

 

Dengan begitu, setiap satu orang, bisa memperoleh 1,5 kilogram beras gratis setiap harinya.

“Bantuan ini kami berikan dengan mesin ATM. Disebutnya ATM Pertanian Sikomandan. Warga yang mendapat bantuan silakan datang ke Kodim untuk mengambil beras lewat ATM.” Kata Mentan Syahrul, dikutip laman finance.detik.com, Jumat (24/04).

 

Mengutip laman indonesiainside.id, dia juga mengatakan kalau keberadaan ATM ini dinilai bisa membantu warga yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan selama kebijakan PSBB dilaksanakan.

“Ini adalah sebuah bentuk panggilan di mana kita hadir di tengah-tengah situasi yang sedang dihadapi bangsa ini, apalagi pandemi Covid-19 telah menyerang seluruh dunia.” Katanya.

Rencananya, masyarakat bisa menikmati beras gratis ini setiap hari selama dua bulan ke depan.

“Yang enggak seterusnya, tapi kita evaluasi 2 bulan ini seperti apa. kalau 2 bulan COVID-19 sudah selesai, kemudian sudah normal kembali ya berhenti. Jadi diutamakan untuk COVID-19.” Kata Sarwo Edhy, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan.

 

Untuk masyarakat yang ingin memperoleh beras gratis, bisa menggunakan kartu yang disediakan oleh Bank Negara Indonesia (BNI).

Melansir laman finance.detik.com, untuk mendapatkan kartu tersebut, masyarakat karus mendatangi Kodim dan mengecek apakah dirinya sudah terdaftar sebagai penerima.

Buwas Janji Akan Ada Beras Murah Menjelang Ramadan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Puasa Sehat Saat Ramadan 2020 di Tengah Virus Corona]

 

Adapun, beberapa titik yang sudah tersedia ATM Beras di wilayah Jabodetabek, melansir laman finance.detik.com, di antaranya adalah:

  • Kodim 0501/Jakarta Pusat
  • Kodim 0502/ Jakarta Utara
  • Kodim 0503/Jakarta Barat
  • Kodim 0504/Jakarta Selatan
  • Kodim 0505/Jakarta Timur
  • Kodim 0506/Tangerang
  • Kodim 0509/Kabupaten Bekasi
  • Kodim 0508/Depok
  • Kodim 0606/Kota Bogor
  • Kodim 0621/Kabupaten Bogor

 

Meski ini bersifat gratis, pihak Kementan meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan kualitas beras yang diberikan.

“Beras kualitas premium. Masa beras jelek, yang jelas beras bagus. Ada yang dari Karawang dan Indramayu. Kementan langsung menyerap ke petani-petani.” Kata Saro.

 

Cerdik di Tengah Pandemik

Sebagaimana kita ketahui, penyebaran virus corona yang semakin masif dan holistik, berhasil melumpuhkan beberapa sektor penting di Indonesia.

Sebut saja sosial, ekonomi, hingga pertanian pun kena imbasnya. Semuanya terasa lebih berat untuk masyarakat kelas bawah yang benar-benar harus kehilangan mata pencaharian total.

Beberapa stimulus kebijakan selama penanganan virus corona ini sudah berjalan, dan ada yang masih dalam tahap perencanaan.

Tapi memanfaatkan stimulus dari pemerintah saja tidak cukup untuk menyambung dan bertahan hidup dengan dana yang seadanya.

Mau tidak mau ada taktik yang harus dilakukan untuk memaksimalkan keterbatasan dana ini untuk bertahan di tengah pandemi.

Finansialku tahu betul kalau keadaan ini sangat berat dirasakan untuk seluruh golongan.

Tapi bukan berarti kita hanya berdiam diri dan berpasrah tanpa diiringi usaha untuk mencari jalan keluar.

URGENT! Polusi Udara Jakarta Tambah Dana Darurat Atau Premi Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: INISOLUSINYA, Ketika Pemasukan Menurun Akibat Corona atau COVID 19]

 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Sobat Finansialku untuk memaksimalkan dana yang tersisa.

Semuanya disampaikan langsung oleh salah satu perencana keuangan sekaligus founder Finansialku.com, Melvin Mumpuni dalam sebuah video.

Di video tersebut, dia menjelaskan secara rinci beberapa jalan keluar yang bisa dilakukan untuk menambah dan memaksimalkan dana darurat.

Segera tonton videonya yang akan kami sematkan di bawah ini, dan aplikasikan saran-saran yang disampaikan untuk bertahan hidup selama pandemi!

 

Apakah ATM Beras ini sudah tersedia di daerah Sobat Finansialku? Bagaimana pendapat Sobat Finansialku soal kemunculan bantuan ini? Sampaikan pendapat Sobat Finansialku melalui kolom komentar, ya!

Apabila ada rekan dan keluarga yang membutuhkan informasi ini, Sobat Finansialku juga bisa membagikannya melalui pilihan platform yang tersedia di bawah. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Febria Indirawati. 23 April 2020. TNI Terbitkan ATM Beras untuk Rakyat Terdampak Corona. Viva.co.id – https://bit.ly/2x49xRj
  • Admin. 23 April 2020. Mentan Luncurkan ATM Beras untuk Masyarakat Miskin. Indonesiainside.id – https://bit.ly/2Y0aUeT
  • Vadhia Lidyana. 24 April 2020. Ada Mesin ATM Buat Bagi-bagi Beras Gratis di Jabodetabek. Finance.detik.com – https://bit.ly/2VUOdpO

 

Sumber Gambar:

  • Beras 01 – https://bit.ly/2VMPxL6
  • Beras 02 – https://bit.ly/2YcSYhl

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top