5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang “Dibayar Tinggi”

Definisi Ekonomi Pembangunan Ekonomi Pembangunan HRD Karir Karir Ekonomi Pembangunan Prospek Karir Ekonomi Pembangunan Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang Dibayar TinggiLeave a Comment on 5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang “Dibayar Tinggi”

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang “Dibayar Tinggi”

Jika ingin punya karir ekonomi pembangunan, maka inilah prospek yang menarik. Bahkan, 5 pekerjaan ini bisa membuat Anda “dibayar tinggi”.  Penasaran?

 

Rubrik Finansialku

 

Jurusan Ekonomi Pembangunan yang Prospektif Untuk Berkarir

Jurusan ekonomi saat di universitas atau perguruan tinggi, bukan hanya sebatas menghitung uang namun juga untuk pembangunan. Jurusan Ekonomi Pembangunan ini memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di masa depan.

Salah satu keunggulan jika Anda kuliah di jurusan ini adalah mempelajari pembangunan industri, bisnis, keuangan dan perbankan.

 

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan

Siapa sangka, jurusan yang satu ini memang sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Setelah Anda lulus di jurusan ekonomi dan pembangunan, Anda bisa memiliki karir yang cemerlang dan luas. 5 di antaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Research and Development

R&D merupakan salah satu karir yang bisa Anda miliki. Profesi ini dituntut untuk bertanggung jawab dalam pengelolaan dana yang diperuntukkan dalam pengembangan dan riset produk.

R&D bahkan tidak jarang membuat alat tes sendiri untuk mengembangkan teknologi. Dengan begitu kualitas produk juga akan meningkat.

Sebagai R&D, tugas Anda tidak hanya sebatas melakukan riset dan menciptakan produk baru, namun juga menganalisa isu ekonomi. Dengan begitu, perusahaan bisa menerapkan strategi yang tepat misalnya dengan peluncuran produk baru.

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang Dibayar Tinggi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun? Ketahui Rahasianya!]

 

#2 Analis Bisnis

Jika Anda berkarir di analisis bisnis, maka Anda bertanggung jawab untuk menganalisa apa saja kebutuhan perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa mengusulkan solusi yang tepat kepada para pemangku kepentingan bisnis.

Seorang analis bisnis juga akan berperan untuk mendukung pengembangan dari materi pelatihan hingga dukungan pasca implementasi.

Peluang kerjanya tak hanya di sebatas perbankan, namun juga di bidang lain seperti asuransi. Dapat dikatakan, Anda bisa berkecimpung di bidang apapun selama itu merupakan suatu bisnis.

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang Dibayar Tinggi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

#3 Pegawai di Instansi Pemerintahan

Anda bisa juga berkarir sebagai PNS di instansi pemerintah jurusan ekonomi maupun di pembangunan. Beberapa di antaranya adalah di Kementerian Keuangan, OJK, Bappenas, Bank Indonesia dan Bappeda.

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang Dibayar Tinggi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

 

#4 Dosen atau Tenaga Kerja

Jika Anda ingin suatu pekerjaan untuk membangun pendidikan dengan lebih baik, maka Anda bisa bekerja menjadi dosen atau tenaga pengajar.

Profesi ini memiliki gaji dan prospek karir yang mumpuni dan jelas. Namun, jika Anda ingin menjadi pengajar, setidaknya Anda harus lulusan S2 terlebih dahulu

Tidak hanya berbekal ijazah, namun, untuk menjadi dosen atau tenaga pengajar Anda juga mendalami ilmu ekonomi dan pembangunan serta melakukan berbagai macam penelitian. Minimal Anda juga harus memiliki kontribusi tidak hanya di bidang akademik namun juga untuk masyarakat.

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang Dibayar Tinggi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Millennials, Kurangi Jajan Kopi Jika Kamu Ingin Sukses Keuangan!]

 

#5 Lembaga Swadaya Masyarakat

Anda juga bisa berkarir di LSM. Di lembaga swadaya masyarakat ini Anda dibutuhkan untuk menganalisa suatu pembangunan perbankan, industri maupun yang lainnya. Anda juga memiliki kesempatan untuk berkarir di BUMN, organisasi publik, pemerintahan atau pun di perusahaan swasta lainnya.

5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang Dibayar Tinggi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Sukses Memulai Usaha Agribisnis yang Patut Anda Coba]

 

Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan

Untuk bisa berkarir di 5 profesi tersebut, maka setidaknya Anda harus berkuliah di jurusan Ekonomi dan Pembangunan.

Ketika Anda memutuskan untuk berkuliah di jurusan Ekonomi Pembangunan, setidaknya Anda akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti berikut:

  • Bidang Ekonomi: Matematika Ekonomi, Ekonomi Politik, Sistem Ekonomi, Sejarah Ekonomi, Ekonomi Ketenagakerjaan.
  • Bidang Perencanaan Dan Analisis Pembangunan: Perencanaan Anggaran Sektor Publik, Analisis Kebijakan Public Dan Regional, Perencanaan Pembangunan Desa.
  • Bidang Bisnis: Akuntansi, Manajemen Investasi, Perbankan, Manajemen

 

Itulah prospek karir untuk alumni ekonomi pembangunan yang bisa Anda pertimbangkan kedepannya. Dengan prospek karir yang luas tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dengan begitu, Anda tidak hanya berkontribusi untuk diri sendiri dan perusahaan namun juga bangsa dan negara. Selain itu, simak video kiat sukses ala Chairul Tanjung agar karir Anda sukses pula.

 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengikuti perkuliahan jurusan ekonomi pembangunan? Bagikan artikel bermanfaat ini pada teman Anda yang punya jurusan relevan yuk! terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Estrin Vanadianti Lestari. 11 November 2019. 5 Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan Bergaji Tinggi! cekaja.com – https://bit.ly/2XdNCSr

 

Sumber Gambar:

  • Karier Ekonomi Pembangunan 1 – https://bit.ly/2V7bPak
  • Karier Ekonomi Pembangunan 2 – https://bit.ly/2JFTJGT
  • Karier Ekonomi Pembangunan 3 – https://bit.ly/2x6v9fP
  • Karier Ekonomi Pembangunan 4 – https://bit.ly/3aYG229
  • Karier Ekonomi Pembangunan 5 – https://bit.ly/2Rf0Eei

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top