Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan?

Kesehatan Lifestyle Manfaat Puasa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Puasa Puasa Bagi KesehatanLeave a Comment on Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan?

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan?

Ternyata ada ragam manfaat puasa bagi kesehatan, apa sajakah itu? Cek informasi selengkapnya dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Puasa Bagi Kesehatan

Sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, puasa bukanlah hal yang aneh bagi kita. Setiap tahun di bulan Ramadan, kita menjalankan ibadah puasa.

Kita pasti seringkali mendengar bahwa dalam beribadah puasa memiliki segudang manfaat. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat di dalamnya?

 

Dirangkum dari beberapa sumber, ini dia manfaat puasa bagi tubuh Anda.

 

#1 Menyehatkan Kulit

Diet penting untuk penampilan kulit, tetapi puasa juga dapat meningkatkan karakter kulit Anda. Gula darah tinggi mengubah struktur kolagen, melemahkan kekuatan dan ketahanannya.

Karena berpuasa secara substansial bisa menurunkan gula darah. Anda dapat menganggap hal ini sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit untuk mencegah penuaan.

 

#2 Bikin Awet Muda

Melakukan puasa ternyata bisa membuat tubuh lebih awet muda. Artinya, tidak hanya berdampak pada kulit dan wajah.

Rutin menjalankan puasa dapat membuat tubuh menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan dan seluruh hormon tersebut memiliki hubungan yang erat dengan proses penuaan. Secara tidak langsung, hal ini berarti bahwa berpuasa akan membuat seseorang cenderung lebih awet muda.

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Fakta Unik Ramadhan di Indonesia? No 4 Tak Disangka]

 

#3 Meningkatkan Regenerasi Sel

Seiring waktu sel-sel jahat dapat berkembang biak di seluruh tubuh tanpa disadari dan jaringan yang rusak ini rupanya turut berperan terhadap penyakit progresif.

Puasa bermanfaat untuk membuat tubuh mendaur ulang sel, suatu proses pencernaan sendiri pada tingkat sel yang disebut autophagy.

Anda tidak hanya mencerna lemak untuk mengisi bahan bakar saat berpuasa. Tubuh juga menargetkan sel-sel yang rusak dan jaringan tua untuk mengoptimalkan sumber daya untuk bertahan hidup.

 

#4 Membantu Membuang Lemak

Berpuasa membantu tubuh mengurangi lemak atau ketosis. Ketosis membantu tubuh membakar cadangan lemak berlebih yang tersimpan di sekitar organ, seperti hati dan ginjal, mengganggu fungsi organ tubuh.

Puasa, dapat membantu tubuh mencapai ketosis lebih cepat daripada pembatasan kalori. Satu penelitian menemukan bahwa manfaat puasa secara signifikan dapat meningkatkan metabolisme lemak pada tubuh manusia.

 

#5 Meningkatkan Kesehatan Jantung

Puasa berpengaruh terhadap ritme penurunan dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemik. Meskipun sedikit, berbagai perubahan yang terjadi akan berperanan bagi kesehatan seseorang.

Dengan berpuasa, keadaan psikologis menjadi lebih tenang. Tubuh tidak dipenuhi dengan rasa amarah saat berpuasa, kondisi ini dapat menurunkan tingkat adrenalin. Ketika marah, adrenalin akan mengalami peningkatan sebanyak 20-30 kali lipat.

Adrenalin yang meningkat akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, melebarkan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung.

Kondisi ini akan menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein. Pada akhirnya, dengan adrenalin yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah, jantung, atau stroke.

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kemenag: Panduan Ibadah Ramadhan 2020 Saat Pandemi Covid-19]

 

#6 Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Ini adalah salah satu manfaat puasa yang utama, terutama bagi orang yang memiliki masalah kesehatan terkait sindrom kesehatan, yang memiliki banyak manfaat terhadap kardiovaskular secara langsung.

Berpuasa dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular, komposisi darah, dan tekanan darah. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 atau kolesterol tinggi bisa menjalani puasa untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan tersebut.

Bagi penyakit kardiovaskuler, tidak ada penanggulangan yang lebih baik selain mencegahnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup sehat, melaksanakan pola makanan yang sehat dengan memperbanyak makan makanan berserat, serta tidak makan berlebihan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga atau aktivitas yang teratur. Ikuti tips ini agar Anda bisa berolahrga saat puasa tanpa perlu batal.

 

#7 Menurunkan Tekanan Darah

Ketika berpuasa, tidak sedikit orang yang menjadi lesu dan mengalami tekanan darah rendah, terutama selama minggu pertama puasa Ramadan.

Tapi, bukan hanya manfaat puasa yang dapat menurunkan tekanan darah, juga asupan garam secara signifikan lebih rendah dan peningkatan kehilangan garam melalui urine.

 

 

#8 Menurunkan Gula Darah

Hanya dalam beberapa hari pertama berpuasa, dapat menurunkan kadar gula darah lebih dari 30%. Ini merupakan hasil yang signifikan bagi siapapun yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.

Penurunan gula darah biasanya membuat orang merasakan energi yang berkurang, namun kadar gula darah dalam tubuh harus tetap stabil saat menjalankan puasa.

 

#9 Melindungi Otak

Banyak protein dan produk metabolisme yang menyebabkan peradangan, terutama di otak. Puasa dan membatasi kalori dapat menghambat produksi radikal bebas dan protein yang mengiritasi seperti sitokin inflamasi.

Bukti-bukti menunjukkan bahwa ini juga dapat menghambat penuaan otak, menurunkan produksi radikal bebas, dan melindungi Anda dari dampaknya.

Yang menarik, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa tidak hanya kerusakan radikal bebas dan produksi sitokin inflamasi melambat, tetapi produksi sitokin pelindung meningkat saat berpuasa.

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Produktivitas Kerja Saat Puasa Bisa Meningkat Lho! Ketahui Alasan dan Caranya!]

 

#10 Mendorong Respons Stres yang Sehat

Stres ringan yang jarang terjadi ternyata baik untuk Anda. Ini seperti sebuah tantangan untuk tubuh termasuk jiwa Anda menjadi lebih kuat setelah melaluinya. Stres kecil pada otak memberikan hasil yang serupa.

Manfaat puasa untuk kesehatan memberi sedikit tekanan pada otak. Stres ini menyebabkan serangkaian tindakan yang melindungi neuron dari kerusakan dan kematian pada hewan percobaan.

 

#11 Membantu Pemulihan Cedera

Anda akan berpikir bahwa puasa setelah cedera, terutama pada otak yang membutuhkan glukosa, akan membuat pemulihan menjadi lebih sulit. Tetapi yang benar adalah sebaliknya.

Dalam penelitian terhadap hewan, puasa intermiten setelah mengalami cedera dapat meningkatkan fungsi otak dari stroke dan penyakit yang memengaruhi otak.

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! 5 Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa, Siapkan Dari Sekarang Yah…]

 

#12 Meningkatkan Fungsi Organ Reproduksi

Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis (kelenjar produsen hormon tertentu).

 

Rupanya berpuasa sangat berguna hampir untuk seluruh fungsi dan bagian tubuh, bahkan untuk hal-hal sederhana yang tidak terasa secara langsung. Mari berpuasa dengan rutin sekaligus menyehatkan!

Semoga puasa Anda berjalan lancar. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya agar tetap sehat saat berpuasa. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 15 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh, Bisa bikin Awet Muda? Doktersehat.com – https://bit.ly/3biPgpz
  • Admin. 22 Mei 2018. Puasa bisa Bikin Awet Muda, Alasannya? Halodoc.com – https://bit.ly/3bq8cCZ
  • Admin. 9 April 2019. Bukti Puasa Bisa Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah. halodoc.com – https://bit.ly/3dnqiqW
  •  

Sumber Gambar:

  • Manfaat Puasa 1 – https://bit.ly/39WBoQS
  • Manfaat Puasa 2 – https://bit.ly/3e8OWfe
  • Manfaat Puasa 3 – https://bit.ly/39SZHyR
  • Manfaat Puasa 4 – https://bit.ly/3edly7s

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top