Kerja di Luar Negeri? Yuk Miliki Gaya Hidup Hemat dengan Cara Ini!

Bekerja di Luar Negeri Gaya Hidup Hemat Hemat Indonesia Kerja di Luar Negeri Keuangan Mengatur Keuangan Perencana Keuangan Tenaga Kerja Indonesia TKI TKWLeave a Comment on Kerja di Luar Negeri? Yuk Miliki Gaya Hidup Hemat dengan Cara Ini!

Kerja di Luar Negeri? Yuk Miliki Gaya Hidup Hemat dengan Cara Ini!

Gaya hidup hemat saat kerja di luar negeri merupakan hal yang harus dilakukan.

Banyak orang beranggapan bahwa bekerja di luar negeri bisa mendapatkan uang yang lebih banyak. Namun kehidupan di luar negeri, tidaklah mudah seperti yang dibayangkan.

Kondisi kehidupan yang jauh dari orangtua membuat orang yang bekerja di luar negeri melakukan spending yang lebih banyak, seperti biaya sewa tempat tinggal, biaya makan dan biaya lainnya

 

Rubrik Finansialku

 

Wah! Ini 5 Negara Dengan Biaya Hidup Termahal!

Sebelum kamu memutuskan untuk kerja di luar negeri, kamu harus memperhatikan biaya hidup ketika merantau. Masing-masing negara memiliki cost yang berbeda.

Melansir dari kompas.com, hasil survei Numbeo didapatkan indeks negara dengan biaya hidup paling mahal.

Indeks biaya hidup ini mengacu pada New York, Amerika Serikat dengan acuan 100%.

Apabila ada negara yang memiliki indeks biaya hidup sebesar 130, artinya rata-rata biaya hidup di negara tersebut 30% lebih mahal dari New York. Sebaliknya, jika indeks suatu negara sebesar 80, artinya biaya hidup di negara tersebut 20% lebih murah dari New York.

 

Nah, berikut adalah urutan 10 negara dengan biaya hidup termahal menurut hasil survei Numbeo:

  Cost Living Index Rent Index Restaurant Index
Swiss 119,98 51 122,6
Islandia 112,64 54,03 125,94
Norwegia 104,09 40,51 115,35
Luxemburg 86,44 58,87 99,47
Denmark 82,65 33,46 97,85
Singapura 80,4 60,38 59,4
Jepang 79,87 26,66 47,2
Irlandia 77,08 47,6 84,81
Korea Selatan 76,62 23,55 45,26
Belanda 75,93 34,86 85,36

 

Jika kamu kerja di luar negeri di negara dengan biaya hidup termahal seperti di atas, kamu harus tetap menjaga tujuan keuangan kamu agar tetap terwujud. Maka dari itu, penting bagi TKI untuk menjaga gaya hidup hemat di luar negeri.

Berikut merupakan langkah-langkah untuk meraih gaya hidup hemat:

Kerja di Luar Negeri Yuk Miliki Gaya Hidup Hemat dengan Cara Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Hidup Termahal Ada di 10 Kota Ini]

 

Sebelum lanjut, kamu bisa download dulu Aplikasi Finansialku yang memiliki segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan lho, mulai dari mencatat keuangan, menghitung kebutuhan dan tujuan keuangan, mengecek kesehatan keuangan, dan lain sebagainya.

Hal yang tidak kalah menarik, yaitu kamu bisa bertanya dan berkonsultasi masalah keuangan dengan perencana keuangan ahli dari Finansialku melalui Aplikasi Finansialku. Kamu bisa memiliki Aplikasi Finansialku dengan download di Google Play Store atau Apple Apps Store.

 

6 Langkah Untuk Gaya Hidup Hemat Saat Kerja di Luar Negeri

Meskipun kita sebagai TKI yang kerja di luar negeri dengan biaya hidup yang tinggi.

Kita harus dapat mengatur gaya hidup kita agar kita dapat mengatur keuangan kita bahkan agar kita memiliki investasi untuk mencapai tujuan keuangan kita hingga terwujud.

Oleh sebab itu, lakukan langkah untuk mengatur gaya hidup hemat di luar negeri berikut ini:

 

#1 Membuat Anggaran Bulanan

Laporan keuangan bulanan dibuat untuk mengetahui posisi aset dan kewajiban kamu, dimana kamu harus menjaga kondisi dengan baik dalam laporan keuanganmu.

Buatlah alokasi budget setiap bulannya terlebih dahulu untuk mengetahui batas kamu dalam mengelola dana pengeluaran agar dana yang sudah kamu atur tidak akan mengalami kebocoran.

Untuk dapat mengatur keuangan, kamu bisa mengalokasikan anggaran setiap bulannya menggunakan Aplikasi Finansialku. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store.

 

Untuk mengetahui cara dan tips membuat anggaran dengan mudah, Melvin Mumpuni, CFP akan berbagi ilmu mengenai anggaran melalui video berikut:

 

#2 Mencari Tambahan Pendapatan Saat Kerja di Luar Negeri

Mencari tambahan pendapatan adalah suatu hal yang tepat untuk mempercepat rencana keuangan kamu terwujud. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari pekerjaan tambahan atau membuat bisnis.

Namun, jika kamu memutuskan untuk melakukan bisnis untuk mendapatkan pendapatan tambahan, kamu harus memperhatikan pasar dan sistem-sistem yang ada pada negara tempat kamu tinggal saat ini.

 

#3 Mempunyai Proteksi

Pentingnya memiliki proteksi adalah untuk menjaga kestabilan kondisi keuangan kita jika suatu waktu risiko terjadi. Salah satu proteksi yang wajib untuk dimiliki adalah asuransi kesehatan.

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Bagi TKI Demi Masa Depan, Penting Lho!]

 

Seperti yang kita ketahui biaya rumah sakit sangatlah tinggi, apalagi biaya pengobatan diluar negeri yang sangat tinggi. Hal ini seharusnya membuat kamu sadar bahwa pentingnya memiliki proteksi untuk menjaga kondisi keuangan kamu, ketika kamu terkena penyakit dan harus mengeluarkan biaya untuk berobat

Untuk itu, penting bagimu memproteksi dirimu sendiri, khusus dalam hal ini, kewajiban memiliki asuransi kesehatan.

 

#4 Belajar Untuk Memasak Sendiri Saat Kerja di Luar Negeri

Kondisi jauh dari keluarga atau orangtua membuat kita sebagai orang yang merantau jauh, terkadang malas untuk mempersiapkan makanan sendiri, semua ingin serba praktis dengan membeli makanan dari luar agar tidak ribet.

Namun, tanpa kita sadari, kondisi ini yang sering membuat budget keuangan kita bocor.

Nah, untuk menanggulangi masalah ini, sebaiknya kamu memasak sendiri di rumah, selain untuk menekan budget pengeluaran, hal ini juga membuat hidup kita lebih sehat.

 

#5 Memiliki Tabungan dan Investasi

Banyaknya kasus TKI yang tidak memiliki tabungan yang cukup saat kembali ke Tanah Air, mengingatkan kita bahwa kita harus selalu mengalokasikan pendapatan kita terhadap dana tabungan dan investasi untuk masa depan kita.

Untuk meraih masa hari tua kita dengan baik, kita harus merencanakan tujuan keuangan kita sedini mungkin. Alokasi dana tabunganmu pada instrumen investasi yang memberikan imbal hasil yang baik.

Kerja Di Luar Negeri, Ketahui Investasi Untuk TKI yang Aman 01

[Baca Juga: Apa Produk Reksa Dana Terbaik Untuk Investasi, Ya?]

 

Instrumen investasi yang cocok untuk mengalokasi dana pensiun adalah dengan menginvestasikan pada instrumen investasi pasar modal.

Kamu bisa mengalokasikan tabunganmu ke instrumen saham, obligasi, reksa dana atau pasar uang lainnya.

Lambat laun, tabungan dan investasi kamu akan berkembang dan semakin banyak.

 

#6 Menjaga Komitmen

Menjaga komitmen untuk melakukan segala yang sudah direncanakan dalam keuangan sangatlah penting.

Buatlah komitmen dan kedisiplinan yang kuat untuk diri kamu agar bisa bertahan hidup di luar negeri dengan cara yang baik serta benar. Lebih tepatnya, komitmen bisa membuat kamu nyaman dan menjadikan rencana keuanganmu terwujud.

 

Kalau kamu masih ada kesulitan untuk mengatur keuangan, kamu bisa ngobrol sama perencana keuangan Finansialku.com melalui Aplikasi.

Kamu juga bisa kok merencanakan keuangan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store, supaya kamu bisa mulai merencanakan keuangan.

 

Yuk, Lakukan Gaya Hidup Hemat!

Jadi, tidak perlu khawatir buat kamu yang bekerja di luar negeri agar tujuan keuanganmu terwujud, meskipun kamu harus mengeluarkan biaya yang besar ketika hidup di negara dengan biaya hidup yang tinggi.

Terapkanlah gaya hidup hemat agar rencana keuanganmu tetap terwujud dan pulang ke Indonesia dengan keuangan yang mantap.

 

Apakah artikel ini bermanfaat buat kamu?

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa berbagi atau membantu teman terdekatmu sebagai tenaga kerja Indonesia di luar negeri untuk mengubah gaya hidupnya menjadi gaya hidup yang hemat agar tujuan keuangan mereka bisa terwujud.

 

Sumber Referensi:

  • Bambang Prio Jatmiko. 15 Juli 2018. 10 Negara Dengan Biaya Hidup Paling Mahal Di Dunia. Kompas.com – https://bit.ly/3aTwdlT

 

Sumber Gambar:

  • Kerja di Luar Negeri – https://bit.ly/2JQNj8b
  • Gaji Kerja di Luar Negeri TKI – https://bit.ly/2VggnLz

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top