Resmi! Penerimaan Mahasiswa PKN STAN 2020 Ditiadakan!

#FinansialkuNews Kuliah Lifestyle Perguruan Tinggi PKN STAN Sekolah Tinggi Akuntansi Negara STANLeave a Comment on Resmi! Penerimaan Mahasiswa PKN STAN 2020 Ditiadakan!

Resmi! Penerimaan Mahasiswa PKN STAN 2020 Ditiadakan!

Situasi pendemi masih belum kondusif, PKN STAN resmi tiadakan penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Tok, PKN STAN Tidak Terima Mahasiswa Baru Di Tahun 2020!

Para calon mahasiswa yang sejak lama ingin berkuliah di Politeknik Keuangan Negara Stan (PKN STAN) terpaksa harus mengurung niatnya. Sebab, PKN STAN tidak membuka pendaftaraan mahasiswa pada tahun 2020 ini.

Keputusan tersebut ditetapkan secara resmi oleh Kementrian Keuangan selaku pengelola Politeknik Keuangan Negara STAN dengan terlampir dalam surat Nomor: S-75.1/MK.1/2020.

Untuk diketahui, surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020, mengimbau kepada Kementerian Keuangan yang mengelola Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2020.

Resmi! Penerimaan Mahasiswa PKN STAN 2020 Ditiadakan! 02

[Baca Juga: Checklist Dana Pendidikan: Uangnya Udah Siap Belum?]

 

Dilansir dari Kompas, Jumat (08/05) Kepala Subbagian Administrasi Kerja Sama dan Kehumasan PKN STAN, Inwan Hadiansyah menyampaikan ada beberapa hal penting terkait ketidakadanya seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN.

Menurutnya, pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2020 tidak dilakukan dikarenakan masih mewabahnya virus corona.

Bukan hanya itu, faktor lain yang melatarbelakangi juga karena jumlah peserta yang mendaftarkan diri mengikuti seleksi mencapai 130.000 orang.

“Sesuai dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, menyebabkan seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif,” Kata Inwan sebagaimana mengutip kompas.com.

Peniadaan pendaftaraan mahasiswa baru ini juga terkait dengan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuanagn dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain.

Satu hal lagi yang melatarbelakangi tidak dibukanya pendaftaran mahasiswa baru PKN STAN pada tahun ini, yakni meyangkut penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN.

“Penataan ulang sistem dan tata kelola ini termasuk di dalamnya penataan Program Studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter Aparatur Sipil Negara,” terang Inwan.

 

Sekilas Tentang PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan RI yang mengadakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, jurusan dan program studi yang dibuka pada Ujian Saringan Masuk STAN tahun 2019, sebagai berikut;

Jurusan yang dibuka pada USM STAN 2019:

  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  6. Program Studi Diploma III Pajak;
  7. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai;
  8. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  9. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;

 

Saat ini, pendidikan di PKN STAN yang menerima lulusan SMA/sederajat terdiri dari program pendidikan diploma I & diploma III.

 

Dukung Pendidikan Anak Setinggi-tingginya

Salah satu alasan maraknya pelamar di STAN adalah karena kualitas perguruan ini sangat bagus dan menjanjikan untuk masa depan.

Oleh karena itu, orang berlomba-lomba memasukkan anaknya ke perguruan tinggi ini dengan membekalinya dengan pendidikan yang baik sejak kecil.

Karena sebagai orang tua pastinya menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya supaya masa depan mereka terjamin.

Tapi, apa jadinya jika semua harapan tersebut sirna karena tidak tersedianya biaya untuk mendukung masa depan mereka?

Pastinya sebagai orang tua tidak mau anaknya putus sekolah karena ketidaksiapan orang tua akan biaya pendidikan bukan?

Oleh karena itu, kumpulkanlah dana pendidikan anak sejak dini. Bingung bagaimana caranya?

E-book Finansialku hadir untuk membantu para orang tua di Indonesia dalam mencukupi kebutuhan dana pendidikan anak. Download di sini, gratis!

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

Dengan panduan ini, Finansialku berharap setiap orang tua bisa secara maksimal mendorong anak untuk meraih cita-cita setinggi mungkin.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Retia Kartika Dewi. 07 Mei 2020. PKN STAN Batalkan Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020, Simak Penjelasan Resminya. Kompas.com – https://bit.ly/2LbzuBK
  • Admin. 07 Mei 2020. Ternyata Ini 3 Alasan Kemenkeu Tidak Buka SPMB PKN STAN Tahun 2020. DDTC News – https://bit.ly/2WcYcI9
  • Cantika Adinda Putri. 07 Mei 2020. Seleksi Penerimaan Mahasiswa STAN 2020 Dibatalkan, Ada Apa?. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2yCtJKL
  • Ari Candra. 18 April 2019. Seluk Beluk Perkuliahan di PKN STAN. Zenius.net – https://bit.ly/2xJC2UJ

 

Sumber Gambar:

  • STAN 01 – https://bit.ly/3beXK0D
  • STAN 02 – https://bit.ly/2WeZt1m

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top