5+ Menu Takjil Buka Puasa Jenis Es yang Murah dan Selalu Dinantikan

Hari Raya Menu Buka Puasa Menu Takjil Minuman Es Ramadan Takjil Buka PuasaLeave a Comment on 5+ Menu Takjil Buka Puasa Jenis Es yang Murah dan Selalu Dinantikan

5+ Menu Takjil Buka Puasa Jenis Es yang Murah dan Selalu Dinantikan

Minum es memang menjadi menu takjil buka puasa yang sangat menggiurkan. Minuman es pun harganya murah dan mudah untuk dibuat.

Yuk cari tahu jenis es favorit yang recommended di artikel Finansialku kali ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Takjil Buka Puasa dengan Minum Es

Minum es sebagai takjil buka puasa selalu dipilih karena rasa segarnya yang mampu mengobati dahaga seharian.

Menu es ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding menu buka puasa lainnya.

 

Menu Takjil Buka Puasa Jenis Es yang Murah

Minuman berjenis es sangat cocok menjadi menu takjil karena sensasi dingin dan segar sangat dibutuhkan untuk menyiram tenggorokan yang sedang kering. Apalagi jika cuacanya sedang panas, tentunya minuman es banyak diburu. Berikut beberapa menu takjil jenis es dengan harga murah yang bisa Anda coba.

 

#1 Es Campur

Es yang satu ini sudah terkenal seantero negeri. Es campur menjadi salah satu menu yang sangat tepat untuk berbuka puasa. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es campur sangatlah mudah dan juga murah.

Anda hanya perlu menyiapkan buah-buahan sesuka hati lalu mencampurnya dengan sirup yang ditambahkan dengan susu dan air kelapa muda. Sebagai variasi, potongan jelly atau roti tawar juga bisa Anda tambahkan.

 

#2 Es Nanas Pepaya

Sesuai namanya, menu takjil yang satu ini menggunakan nanas dan pepaya sebagai bahan utamanya. Buah nanas dan pepaya yang sudah dipotong kecil-kecil dengan cara direndam pada larutan kapur sirih agar tekstur buah lunak dan tidak mudah hancur.

5+ Menu Takjil Buka Puasa Jenis Es yang Murah dan Selalu Dinantikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menyambut Bulan Ramadhan Daftar Lagu Religi Terfavorit Selama Bulan Puasa]

 

Es ini diolah dengan cara direbus bersama gula, cengkeh, kayu manis, air dan pasta kuning. Jika semua bahan sudah matang, tinggal tunggu hingga dingin lalu nikmati dengan es batu.

 

#3 Es Kopyor

Menu es yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Bahan yang digunakan untuk membuat es kopyor adalah agar-agar yang dicampur santan.

Jika adonan agar-agar sudah mendidih, tuangkan es batu. Kopyor yang sudah terbentuk tinggal dinikmati dengan kuah dari sirup cocopandan yang segar.

 

#4 Es Dawet Ayu

Es ini bisa dibilang es termurah yang biasa dijual di pinggir jalan. Minuman es ini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Siapkan santan, gula merah, garam dan daun pandan yang direbus bersama.

Untuk dawetnya, Anda bisa membelinya di warung terdekat. Sajikan dawet bersama dengan kuah yang sudah matang. Anda pun bisa menambahkan nangka atau tape untuk variasi.

 

#5 Es Oyen

Es yang berasal dari Bandung ini sangat terkenal kelezatannya. Bahan yang diperlukan adalah buah-buahan, daging kelapa muda, es batu dan susu kental manis. Semua bahan dicampur tanpa tambahan air. Buah khas yang digunakan untuk es ini adalah buah cempedak, alpukat dan durian.

 

#6 Es Cincau

Es cincau menjadi menu takjil murah meriah yang bisa Anda buat. Anda hanya perlu mencampur cincau di kuah yang berasal dari santan, gula, garam dan daun pandan. Rasa segar dan gurih akan Anda rasakan dari es ini.

 

Memilih Menu Takjil Buka Puasa Jenis Es

Alasan banyak orang yang memilih menu takjil jenis es adalah karena rasanya yang segar dan manis mampu menghilangkan rasa haus seketika.

Terlebih lagi, banyak jenis es yang murah sehingga dapat menghemat pengeluaran Anda. Sehingga, kantong aman tenggorokan pun nyaman.

Itulah beberapa menu takjil buka puasa jenis es yang murah untuk Anda sajikan di rumah. Tidak penting menu apa yang Anda santap untuk berbuka puasa, karena yang terpenting adalah niat Anda dalam beribadah.

 

Lihat menu takjil buka puasa lainnya melalui aplikasi Finansialku. Yuk download di sini!

 

Penasaran dengan menu buka puasa murah lainnya? Simak video ini yaa

 

Selain simple, hidangan di atas juga sangat enak untuk takjil buka puasa.

So, bagikan artikel ini pada sebanyak-banyaknya teman yang berpuasa ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mamikos. 8 Mei 2018. Menu Takjil Buka Puasa Paling Enak. Mamikos.com – https://bit.ly/3beFgNE

 

Sumber Gambar:

  • Takjil Es 01 – https://bit.ly/3ch2NyL
  • Takjil Es 02 – https://bit.ly/3cfvLPC

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top