Music Lovers, Sudah Tahu 10 Fakta dan Sejarah Musik Jazz Ini?

Fakta Musik Jazz Genre Hobi Jazz Lagu Lifestyle Musik Musik Jazz Sejarah JazzLeave a Comment on Music Lovers, Sudah Tahu 10 Fakta dan Sejarah Musik Jazz Ini?

Music Lovers, Sudah Tahu 10 Fakta dan Sejarah Musik Jazz Ini?

Jangan sekedar jadi penikmat, pahami dulu fakta-fakta unik dan sejarah di balik Musik Jazz. 

Musik Jazz merupakan salah satu genre musik yang populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya Jazz berawal dari suara kaum minoritas yang mengalami diskriminasi di Amerika Serikat?

Tambah pengetahuan kamu dengan mencari tahu fakta unik lainnya mengenai musik Jazz di sini.

 

Rubrik Finansialku

 

Perjalanan Musik Jazz

Jazz lahir di Amerika Serikat pada abad ke 19 hingga 20. Genre musik yang satu ini pada awalnya merupakan suara masyarakat kulit hitam Afro-Amerika yang mengalami diskriminasi di Amerika.

Musik yang semula merupakan musik etnik tersebut terus mengalami perkembangan hingga akhirnya menjadi musik dunia yang kita kenal saat ini.

Terinspirasi dari beragam aliran musik seperti blues, folk, march, ragtime, hingga musik klasik maka Jazz menghasilkan banyak aliran musik di sepanjang perjalanannya.

Banyak hal menarik dalam musik Jazz, tapi hal yang paling menonjol adalah improvisasi yang dilakukan sebagai bentuk ekspresi dan kebebasan.

Music Lovers, Sudah Tahu 10 Fakta dan Sejarah Musik Jazz Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga : 5+ Pelajaran dari Joox Indonesia yang Rajai Aplikasi Musik]

 

Jazz mengedepankan improvisasi atau kemampuan memainkan nada agar berbeda dari lagu aslinya tanpa merusak lagu tersebut. Hal ini dinilai sangat “mahal” dan bermakna dalam pondasi musik Jazz itu sendiri.

Musik Jazz di Indonesia sendiri sudah banyak diwadahi keberadaannya dengan event-event bertema Jazz. Kamu yang pecinta Jazz pasti sudah tahu dong?

Kalau tahu, berarti kamu juga tahu kalau mengikuti event-event tersebut kamu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit? Tentu saja persiapan jauh-jauh hari seperti membeli tiket perjalanan, menghitung biaya makan, dan lain-lain harus dilakukan.

Persiapan-persiapan itu bisa kamu lakukan dengan aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku hadir untuk membantu kamu mengatur keuangan agar lebih efisien.

Kamu juga bisa menabung di aplikasi Finansialku agar bisa mengikuti event terdekat tanpa membuat kantong kamu kering. Kamu bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

10 Fakta Unik Musik Jazz

Ternyata, musik Jazz memiliki sejarah yang cukup kelam di masa lalu hingga akhirnya berkembang dan menjadi musik yang dunia kenal saat ini.

Tak hanya itu, ada beberapa fakta unik lainnya mengenai musik Jazz yang dapat menambah pengetahuan kamu. Penasaran? Berikut fakta-faktanya:

 

#1 Tidak ada yang tahu dari mana sebenarnya kata “Jazz” muncul

Jazz berawal dari bahasa “slang” yang sering diucapkan sebagai “jas”, “jass”, “jaz”, atau “jasz”.

Salah satu teori paling populer mengatakan bahwa istilah tersebut digunakan pertama kali sebagai istilah pada olahraga baseball yang berarti semangat, antusias, dan jiwa perjuangan.

Sementara teori lainnya mengatakan bahwa istilah “Jazz” berasal dari kata slang Afrika yaitu “gism” atau “jism” yang memiliki konotasi seksual. Bagaimana menurut kamu?

 

#2 Musisi Jazz “mematikan” bagian dari otak mereka selama berimprovisasi

Fakta unik lainnya muncul dari sebuah studi yang dilakukan oleh 2 profesor dari Universitas John Hopkins.

Mereka mengungkapkan bahwa ketika musisi Jazz berimprovisasi saat bermain musik, area prefrontal dorsolateral dan lateral orbital pada otak yang terkait dengan sensor diri, keinginan menahan diri, dan introspeksi akan mati.

Sementara area korteks prefrontal medial di otak yang membangkitkan ekspresi diri akan hidup dan berjalan dengan sangat baik.

Download Instrumen Musik Klasik yang Cocok Untuk Belajar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Install Youtube Music Kalau Belum Tahu Kelebihannya!]

 

Penelitian juga menunjukkan adanya aktivitas bahasa otak ketika 2 musisi Jazz bermain musik, seakan melakukan “percakapan musikal”.

Bahkan jika kamu bukan seorang musisi Jazz, hanya dengan mendengarkan musik Jazz saja maka pikiranmu akan terangsang karena otak secara spontan meniru irama improvisasi.

Jadi, kalau kamu ingin mencari cara untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis, musik Jazz dapat sangat membantumu.

 

#3 Pertunjukan Jazz penuh dengan isyarat rahasia

Tahukah kamu bahwa di sepanjang pertunjukan musik Jazz, akan banyak bahasa isyarat yang kamu temukan antara musisi satu dan yang lainnya?

Karena akan banyak improvisasi yang di luar dugaan, maka mereka berkomunikasi secara non-verbal saat memainkan musik untuk menjaga alunan lagu tetap pada jalurnya.

Misalnya dengan anggukan sebagai isyarat akhir solo, atau mengarahkan jari ke kepala sebagai tanda untuk mulai memainkan melodi asli dari sebuah lagu. Keren, ya?

 

#4 Jazz merupakan bentuk musik paling variatif di dunia

Karena semangat kebebasan dan spontanitasnya, musik Jazz berkembang sangat pesat sejak pertama kali diperkenalkan. Jazz telah melahirkan berbagai aliran musik seperti bebop, big band, swing, Latin jazz, dixieland, gypsy jazz, dan bossa nova jazz.

Tak hanya itu, beberapa sub-genre kontemporer seperti free jazz, acid jazz, dan soul jazz juga berkembang dari jenis musik yang satu ini.

 

#5 Jazz lah yang membawa gaya dansa seperti Charleston, black bottom, tango Argentina, dan trot ke ruang dansa di Amerika

Lahirnya musik Jazz memunculkan musik publik dan ruang dansa yang membawa tarian sosial setingkat dari waltz dan tango klasik. Terinspirasi oleh sifat musik yang sangat ekspresif, gaya dansa baru terus diciptakan dan diperkenalkan.

 

#6 Musik Jazz dan musik klasik India memiliki banyak kesamaan

Seperti Jazz, musik klasik India menggunakan 2 sistem (hindustani dan karnatik) yang memungkinkan improvisasi lebih lama dengan melodi dan ritme yang menakjubkan. Untuk itulah, kedua jenis musik ini memiliki kesamaan.

Bahkan pemain saksofon John Coltrane dan gitaris John Mclaughlin merupakan salah satu dari sekian banyak musisi Jazz yang sangat dipengaruhi musik klasik India.

 

#7 Jazz dapat meningkatkan kreatifitas dan produktivitas kerja, menghilangkan stress dan meningkatakan imunitas tubuh

Tahukah kamu bahwa dengan mendengarkan musik Jazz, gelombang theta pada otak (4-8 hertz) yang merupakan gelombang kreatifitas paling baik pada manusia akan aktif?

8 Aplikasi Streaming Musik Terbaik 2020 03

[Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Situs Download MP3 Legal Gratis Buat Teman Gabut]

 

Selain itu, musik Jazz juga terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan. Bahkan hanya dengan mendengarkan musik Jazz selama 30 menit, kadar immunoglobulin A (IgA) akan meningkat sehingga tubuh akan terjaga dari infeksi bakteri dan virus.

 

#8 Bukan saksofon, melainkan klarinet lah yang identik dengan citra musik Jazz pada awalnya

Jika kini musik Jazz identik dengan permainan saksofon, maka dulu tidaklah demikian.

Pada awalnya, klarinet lah yang menjadi instrumen dominan dalam Jazz yang sering disebut dengan “licorice stick”. Bahkan kemunculan saksofon sempat ditentang banyak musisi Jazz di zaman tersebut.

 

#9 Kata “hipster” berawal dari salah satu istilah unik untuk musik Jazz

Jika kamu pecinta musik Jazz, mungkin kamu pernah mendengar istilah “Jazz cats” yang mengacu pada musisi Jazz.

Tapi sebelum istilah tersebut ada, mereka memanggil satu sama lain dengan sebuatan “alligators” atau “gate”. Nah, “hep” atau hipster juga merupakan salah satu sebutan populer dalam Jazz.

Di tahun 1930, mereka menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan seseorang yang keren dan berpengetahuan luas.

 

#10 Trio piano merupakan bentuk Jazz paling umum

Esensi musik Jazz yang sesungguhnya secara umum ditampilkan dalam trio piano. Trio piano merupakan permainan musik dengan gabungan antara instrumen piano dengan 2 instrumen lainnya, biasanya biola dan cello. Trio piano memanfaatkan ayunan, interaksi, dan dinamika musik sepenuhnya.

 

Berawal dari Kecerdasan untuk Membawa Perubahan Menjadi Karya Musik Jenius yang Dicintai Masyarakat Dunia

Jazz melalui banyak perkembangan di sepanjang perjalanannya. Musik penyuara anti diskriminasi ini nyatanya justru memiliki nilai musikalitas yang luar biasa hingga memiliki ruang di hati masyarakat dunia.

Tips Belajar Musik 3

[Baca Juga : 5 Fakta Musik Lo-Fi yang Tengah Digandrungi Kaum Milenial]

 

Pantas saja jika Jazz seringkali dikaitkan dengan intelektualitas karena memang Jazz merupakan musik yang sangat cerdas.

Tapi, musik jenius yang satu ini justru bukan berasal dari orang-orang elit lho, melainkan dari mereka kaum tertindas yang sangat kreatif dan menginginkan sebuah perubahan. Memang benar kalau karya besar tercipta karena pola pikir yang berbeda. Salute!

Nah, masih berhubungan dengan musik, Finansialku punya video singkat mengenai keuangan dengan Eka Gustiwana nih! Langsung cek aja video dibawah ini ya…

Apakah kamu merupakan salah satu penggemar musik Jazz? Siapa musisi Jazz favoritmu? Yuk, tuliskan di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu dalam dunia musik, ya. Jangan lupa bagikan artikel ini juga jika bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Off Stage. 16 Juni 2016. Secret Signals And Brain Waves: 12 Fun Facts About Jazz. Esplanade.com – https://bit.ly/3iylcL8
  • Dewi Ratna. 12 Mei 2016. Kenali Sejarah Musik Jazz Yang Seru dan Menarik Untuk Dipelajari. Merdeka.com – https://bit.ly/3gixo0w

Sumber gambar:

  • Musik Jazz 1 – https://bit.ly/38xfpAZ
  • Musik Jazz 2 – https://bit.ly/2VHA4wV

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top