Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel? Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini!

Buku Hobi Lifestyle Menulis Penulis Novel Tips and Trick Tips Menulis TulisanLeave a Comment on  Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel? Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini!

 Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel? Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini!

Tips menulis buku ini penting untuk kamu ingat jika kamu ingin menjadi novelis.

Menulis buku merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, seorang penulis juga dapat memonetisasi karyanya. Bagaimana cara agar menjadi penulis novel? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

 

Novel, Bacaan Favorit Saat Senggang

Dalam hidup, hampir setiap orang pernah membaca novel. Dengan banyaknya penulis, genre tulisan yang dihasilkan juga sangat beragam, seperti drama romantis, drama komedi, petualangan, hingga fiksi ilmiah.

Di Indonesia, kita mengenal banyak penulis kenamaan seperti Asma Nadia, Tere Liye, Andrea Hirata, hingga Habiburrahman el Shirazy.

Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini 02 - Finansialku

[Baca juga: 5 Penulis Berpenghasilan Tertinggi Di Dunia]

 

Menariknya, setiap novelis memiliki gayanya sendiri. Andrea Hirata misalnya. Dia lekat dengan pembawaan puitis, sesekali menyajikan fakta ilmiah, serta dibumbui aksen melayu yang kental.

Asma Nadia berbeda lagi. Wanita satu ini sukses mengaduk emosi pembacanya melalui rangkaian buku bertema rumah tangga yang mengharu biru.

Kamu juga bisa menghasilkan karya yang sama seperti mereka. Atau setidaknya berkualitas sama.

 

Tips Menulis Novel untuk Menjadi Penulis Produktif

Pramudya Ananta Toer pernah berkata bahwa menulis adalah bekerja untuk keabadian. Benar sekali, kamu bisa berbagi banyak hal melalui aksara.

Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menjadi penulis buku:

 

Tips Menulis Novel yang Baik

Kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk menulis novel dengan baik:

 

#1 Jalan Cerita

Kamu telah menemukan genre yang cocok. Selanjutnya, biarkan imajinasimu mengambil alih. Buat alur lengkap dengan kalimat yang mudah dipahami. Tulis semua ide yang terlintas di kepala.

 

#2 Membuat Tokoh Utama

Buatlah tokoh utama agar cerita tidak melebar ke mana-mana. Usahakan agar si tokoh hidup senormal mungkin seperti manusia di dunia nyata.

Jangan membagi peran malaikat-iblis. Tetapi, buatlah tokoh utama sebagai seseorang yang kuat, tetapi masih bisa berbuat salah. Tokoh lain juga begitu. Kendati jahat, buatlah dia tetap memiliki hati nurani.

Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini 03 - Finansialku

[Baca juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda

 

#3 Plot

Jangan pernah berpikir membuat cerita yang mengalir begitu saja. Sebab proses kreatif akan mandek.

Buatlah pembagian tiga babak dalam buku, yakni perkenalan, klimaks masalah, dan penyelesaian dengan runtut. Jika bisa, uraikan dengan detail per bab.

 

#4 Menulis

Tulislah ide yang muncul. Jangan dulu mengedit pengetikan, sebab itu bisa dilakukan nanti. Tugasmu adalah menerjemahkan ide menjadi narasi.

Apakah harus memulai dari bab pertama? Tentu saja tidak. Kamu bisa berangkat dari mana pun. Asal tetap berpegang teguh pada hand-out yang telah dibuat sebelumnya.

Sama seperti ide, keuangan pun perlu untuk dicatat sekecil apapun itu. Gunakan aplikasi Finansialku agar pengeluaranmu tercatat dengan baik. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

#5 Latar

Dalam cerita, dikenal latar waktu, tempat, dan suasana. Gambarkan semua hal dengan cermat, tetapi dengan gaya yang tak membosankan.

Bagaimana menjamin karya yang dihasilkan asyik dibaca? Mintalah seseorang terdekatmu membaca, kemudian minta mereka berterus terang. Usahakan memilih orang yang memang menyukai dunia literasi.

Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini 00 - Finansialku

[Baca juga: Tokcer! Rekomendasi Buku Keuangan 100% Dijamin Keren]

 

#6 Buat Dialog Mendalam

Stop memasukkan obrolan ringan ke dalam dialog. Dalam hidup saja, jika tak penting, kamu tidak akan membicarakan sesuatu, bukan?

Maka, tulislah kalimat yang memang digunakan sehari-hari, padat, serta memiliki panjang yang memungkinkan seseorang mengucapkannya dalam satu kalimat.

 

#7 Buatlah Klimaks yang Berkesan

Rasanya, bagian ini agak sulit. Sebaiknya kamu beristirahat sebelum menulis bagian ini. Jangan sampai, karena kelelahan justru kualitas tulisan di akhir buku agak menurun. Jaga mood tetap oke.

 

Tips Menarik Perhatian Penerbit

Simak pembahasan berikut untuk memperoleh atensi dari penerbit mayor:

 

#1 Kunjungi Pusat Perbukuan

Setiap penulis memiliki gaya masing-masing. Dengan begitu, maka setiap karya juga ada di segmennya masing-masing.

Syumanjaya pernah berkata bahwa salah satu cara efektif mendapat ide kreatif adalah mengunjungi toko buku. Di sana, kamu akan menemukan jenis tulisan apa yang tengah beken atau justru mendapat ide untuk menciptakan universe sendiri.

 

#2 Riset Digital

Dalam banyak hal, platform digital dianggap musuh buku fisik. Sebab, banyak buku ilegal yang disebarkan secara di media tersebut.

Tapi, kamu tak perlu silap. Beberapa penulis justru membagikan part tulisan mereka ke beberapa web seperti wattpad, line today, dan sebagainya. Fungsinya? Tentu saja untuk tes ombak.

Mau Tahu Cara Jadi Penulis Novel Ikuti 5+ Tips Menulis Buku Ini 01 - Finansialku

[Baca juga: Kisah Sukses Stephen King, Penulis Buku Kelas Dunia]

 

Mereka akan membuat semacam sampling untuk menentukan apakah genre tulisan seperti itu digemari atau tidak.

Jika sebuah tulisan memperoleh review yang baik, bukan tidak mungkin sebentar lagi akan ada penerbit yang mengontak.

 

#3 Membangun Potensi Menjadi Kemampuan

Ini adalah modal utama. kamu tidak akan pernah berjalan tanpa kemampuan yang baik.

Cara meningkatkannya? Kamu perlu banyak membaca tulisan penulis senior untuk pembendaharaan kata dan melihat bagaimana mereka bercerita.

 

#4 Buku: Cover, dan Penampilan

Tidak ada salahnya kamu belajar bagaimana cara mendesain sebuah cover. Kamu harus bisa menentukan apakah cover itu bagus dilihat atau menggambarkan keseluruhan cerita.

 

Yuk, Mulai Berkarya

Produk tulisan cukup menjanjikan karena kesadaran literasi masyarakat sedikit demi sedikit mengalami peningkatan. Jika jeli melihat peluang, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari karya yang dibuat.

Untuk menjadi penulis sukses memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Teruslah semangat agar setiap hal yang kamu inginkan menjadi nyata!

Tips Menulis Buku diatas tentu sangat membantu buat kamu yang ingin menjadi penulis. Kamu juga boleh membagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang ingin menjadi penulis agar mereka ikut terbantu.

 

Sumber Referensi:

  • Abdul Jalil. 26 Oktober 2019. 7 Cara Membuat Novel bagi Pemula. Wolipop.detik.com – https://bit.ly/2YAhLvC
  • Dini Afrianti Efendi dan Vania Rossa. 29 Januari 2020. Simak 4 Tips Menulis Buku Agar Dilirik Penerbit. Suara.com – https://bit.ly/3fhaiYq

 

Sumber Gambar:

  • Menulis 1 – https://bit.ly/366G9ah
  • Menulis 2 – https://bit.ly/3brQPkJ
  • Menulis 3 – https://bit.ly/2WSxX99
  • Menulis 4 – https://bit.ly/2yS72T0
  • Menulis 5 – https://bit.ly/2yULEMN

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top