Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi

Destinasi Pengertian Wisata Religi Tempat Wisata Religi Traveling Wisata Wisata Religi Wisata Religi di IndonesiaLeave a Comment on Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi

Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi

Terkadang kita bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja dan memutuskan untuk wisata religi. Lantas, apakah wisata religi itu?

Kali ini Finansialku akan memberikan bahasannya.

 

Rubrik Finansialku

 

Apa Itu Wisata Religi?

Pernahkah kamu mengunjungi makam sunan di Jawa atau makam nabi? Jika ya, itu adalah beberapa contoh wisata religi.

Secara sederhana, wisata religi diartikan sebagai ziarah atau kunjungan seseorang maupun kelompok ke situs yang penting atau dianggap penting terkait dengan penyebaran suatu agama.

Bentuk situs tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari masjid, candi, arca, perhiasan, adat-istiadat, bahkan makam tokoh terkemuka.

Tujuannya tentu bukan untuk meminta apa pun, melainkan mempelajari bagaimana para pendahulu tumbuh menjadi pendakwah yang baik.

Kata wisata diserap dari bahasa Sanskerta, vis, yang bermakna masuk. Kemudian, kata tersebut diserap menjadi bahasa Jawa Kuno vicata, dan diartikan sebagai perjalanan atau mengunjungi objek wisata.

 

Umumnya, wisata religi dipandang sebagai sebuah perjalanan untuk mendapatkan kebahagiaan sekaligus ilmu. Sebab, selama mengunjungi situs sejarah, wisatawan akan diajak mendalam sejarah serta tokoh berpengaruh di dalamnya.

Wisata religi identik dengan kebiasaan umat Islam. Tetapi, saat ini pemaknaannya mulai meluas ke setiap umat beragama.

 

Wisata Religi Terkenal di Indonesia

Liburan nggak melulu harus ke pantai, gunung, atau taman hiburan, lho. Sesekali, kamu bisa mempertimbangkan untuk pergi ke tempat yang terhubung dengan kepercayaanmu.

Dengan melakukan wisata religi, kamu mendapatkan dua hal, kebahagiaan dan rasa cinta kepada Tuhan. Berikut ini rekomendasi wisata religi di Indonesia versi Finansialku.

 

#1 Masjid Istiqlal

Masjid ini terletak di Jakarta. Menariknya, masjid kebanggaan Indonesia ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Karena ukurannya yang luas, yakni 93.200 m2, Istiqlal bisa menampung hingga 200 ribu jamaah.

Masjid Istiqlal sering dijadikan pusat kegiatan keagamaan negara, bahkan biasanya presiden RI melakukan salat Ied di sini.

Meski salah satu ikon kebanggaan umat muslim, nyatanya Istiqlal dirancang oleh Frederich Silaban yang notabene non-muslim.

Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Lokasi Wisata Halal di Dunia Buat Kamu yang Mau Liburan Halal]

 

#2 Maha Vihara Majapahit

Patung Buddha yang tertidur ini serupa dengan yang ada di Thailand. Figur ini sangat ikonik dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Kamu bisa mengunjungi situs religi Buddha ini di Mojokerto, Jawa Timur.

 

#3 Pura Tanah Lot

Siapa yang tidak setuju kalau pura ini tidak hanya menarik untuk untuk umat Hindu, melainkan semua orang? Tentu hal itu karena pesonanya yang cantik.

Pura Tanah Lot terletak di Tabanan dan menjadi tempat wisata religi yang menarik. Meski cukup mungil, bangunan ini tak pernah sepi.

 

#4 Goa Maria Laudres

Umat Katolik sebaiknya mengunjungi tempat ini. Goa yang berdiri di atas lahan seluas 13 hektar ini memiliki 12 pancuran yang mewakili 12 rasul. Selain itu, air yang memancar juga dipercaya memiliki pengaruh positif untuk kesehatan.

Untuk mengunjungi goa ini, kamu perlu datang ke Kediri.

Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Objek Wisata Halal di Dunia Buat Kamu yang Mau Liburan]

 

#5 Masjid Agung Jawa Tengah

Kamu yang beragam Islam perlu memasukkan masjid ini ke dalam bucket list perjalanan religi. Dengan bangunan yang megah, kamu akan teringat dengan gaya bangunan masjid-masjid di Madinah.

Pasalnya, masjid yang memiliki menara Asmaul Husna ini hampir serupa dengan masjid Nabawi. Jika menaiki menara, bahkan kamu dapat melihat panorama kota seraya mengucap maa syaa Allah.

 

#6 Gereja Blenduk

Pada 1753, Gereja Blenduk dibangun. Sampai sekarang, keanggunan bangunannya tak lekang oleh waktu.

Dengan gaya neo-klasik, siapa pun yang melihatnya tak akan menyangka bahwa bangunan ini telah berumur ratusan tahun. Bagi umat Protestan, gereja ini memiliki ruang tersendiri.

Menariknya, gereja ini memiliki Alkitab terbitan 1748 yang berbahasa belanda, lho. Maka, tidak mengherankan jika gereja satu ini menjadi salah satu ikon terfavorit.

 

#7 Maha Vihara Maitreya

Medan juga menyimpan situs religi terbaik untuk umat Buddha. Vihara Maitreya merupakan wihara terbesar di Indonesia.

Selain menawarkan perjalanan religi yang menenangkan, kamu juga akan dimanjakan dengan keberadaan burung migrasi yang secara alami datang dari Australia dan Eropa.

Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi 03 - Finansialku

[Baca Juga: TOP 7 Wisata Kediri yang WAJIB Kamu Kunjungi Bareng Keluarga]

 

#8 Masjid Menara Kudus

Hampir semua umat muslim mengetahui bangunan ikonik ini. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu situs bersejarah yang telah berdiri sejak 1549.

Dilihat dari arsitekturnya, bangunan ini merupakan akulturasi budaya Islam dan Hindu di masa lalu. Selain itu, masjid ini terletak satu kompleks dengan makam Sunan Kudus, salah satu penyebar agam Islam terkemuka di Indonesia.

 

#9 Klenteng Kwan Sing Bo

Warna merah yang menggambarkan keberuntungan tergambar jelas dari bangunan satu ini. Klenteng yang berlokasi di Tuban ini adalah klenteng terbesar di Asia Tenggara.

Bahkan, karena pamornya, banyak wisatawan luar negeri yang datang untuk menikmati pesona bangunan kebanggaan umat Konghucu, Tao, dan Buddha.

Bangunan ini memiliki ikon berupa kepiting yang terletak di salah satu sisi bangunan.

 

#10 Pura Besakih

Salah satu pura terindah yang dapat kamu kunjungi adalah Pura Besakih. Terletak di lereng Gunung Agung, tempat ini memberi pengalaman yang berbeda.

Nama besakih diserap dari bahasa Sanskerta basuki, yang berarti selamat.

Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Top 5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Asik Untuk Solo Traveler]

 

Belajar dari Masa Lalu

Ketika mengunjungi destinasi wisata religi, kamu akan dihadapkan pada cerita-cerita masa lalu ketika para penyebar agama berjuang. Dari sana kamu bisa belajar bersyukur dan sabar.

Mengunjungi objek wisata religi juga akan mendekatkan diri pada Tuhan. Maka, tidak ada salahnya kamu mengunjungi salah satu tempat di atas untuk menemukan kembali makna hidup.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 November 2017. 12 Destinasi Wisata Religi dengan Asal Usul yang Dijamin Bikin Tercengang! Tokopedia.com – https://bit.ly/3fm87ml
  • Admin. 17 Maret 2019. Pengertian Wisata Religi Menurut Para Ahli. Santrinow.com – https://bit.ly/2zjlDXh
  • Siwi Nur Wakhidah. 17 September 2019. Menikmati Wisata Religi di 10 Masjid Unik Indonesia. Travel.dream.co.id – https://bit.ly/3foc9KV
  • Untung Wahyudi. 01 Mei 2019. Wisata Religi Bukan Sekadar Rekreasi. Alif.id – https://bit.ly/2WvjXlz

 

Sumber Gambar:

  • Wisata 1 – https://bit.ly/3fMzp5J
  • Wisata 2 – https://bit.ly/2yVK2CA
  • Wisata 3 – https://bit.ly/2yYooNX
  • Wisata 4 – https://bit.ly/3fPX8lB

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top