Ketahui Biaya yang Perlu Anda Bayar Sebelum Sewa Apartemen Bulanan

Apartemen Bulanan Biaya Sewa Apartemen Bulanan Biaya-biaya Sewa Apartemen Keuangan Mengatur Keuangan Sewa Apartemen Sewa Apartemen BulananLeave a Comment on Ketahui Biaya yang Perlu Anda Bayar Sebelum Sewa Apartemen Bulanan

Ketahui Biaya yang Perlu Anda Bayar Sebelum Sewa Apartemen Bulanan

Anda berencana untuk sewa apartemen bulanan? Sebaiknya ketahui terlebih dahulu biaya apa saja yang perlu Anda bayar nantinya.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Sewa Apartemen Bulanan

Tentu akan banyak yang setuju jika apartemen disebut sebagai salah satu hunian yang nyaman dan juga aman. Terlebih lagi jika Anda menempati apartemen yang memiliki fasilitas yang baik.

Namun pada umumnya saat menempati apartemen, Anda perlu membayar beberapa jenis tagihan selain dari biaya sewa apartemen itu sendiri. Apa saja biaya itu? Yuk… Simak satu persatu agar Anda bisa mempersiapkannya dengan baik.

 

#1 Biaya Tarif Bisnis untuk Sewa Apartemen Bulanan

Biaya tarif bisnis termasuk biaya yang paling sering ditemui pada berbagai apartemen. Biaya ini berupa tagihan atas fasilitas yang digunakan oleh penghuni seperti biaya listrik, internet, tagihan air bulanan, TV kabel dan jenis tagihan tambahan lainnya.

Apartemen Cibubur - Finansialku

[Baca Juga: Komik: Mau Nikah? Ini Biaya Pernikahan Yang Perlu Disiapkan!]

 

Tagihan yang ada bisa saja semakin banyak ataupun semakin sedikit, tergantung jenis fasilitas yang Anda gunakan. Nominalnya juga bisa tergantung dari jumlah pemakaian sehari-hari Anda, jadi misalnya penggunaan listrik Anda cukup tinggi maka biayanya tentu akan semakin besar.

Namun setiap apartemen memiliki kebijakan masing-masing untuk urusan tagihan tambahan ini, dan terkadang ada juga apartemen yang hanya memberi tagihan listrik dan air saja.

 

#2 Iuran Pengelolaan Lingkungan Apartemen

Apartemen tentu memiliki banyak fasilitas yang digunakan secara bersama oleh semua penghuninya. Sehingga biaya perawatannya juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Fasilitas ini bisa saja berupa keamanan, pengelolaan sarana dan prasarana, pengelolaan operasional, hingga biaya kebersihan dan asuransi.

Bagi Anda yangingin sewa apartemen, iuran yang juga dikenal sebagai service fee ataupun maintenance fee ini biasanya sudah tercantum pada Perjanjian Pengikat Jual Beli yang Anda dapat ketika menyewa apartemen.

Jumlah biaya yang perlu Anda bayar akan disesuaikan dengan luas dari unit apartemen, dan dilakukan sekali dalam sebulan atau beberapa bulan.

 

#3 Biaya Renovasi dan Dekorasi 

Apabila Anda merasa bahwa bagian dalam unit apartemen perlu didekorasi ataupun direnovasi, maka Anda harus melaporkannya kepada pihak pengelola apartemen terlebih dahulu agar Anda tidak dikenakan denda.

Setelah disetujui, maka Anda bisa dikenakan biaya renovasi dan dekorasi atau yang juga disebut sebagai biaya fitting out. Dan semakin sering Anda melakukan renovasi, maka akan semakin banyak juga biaya yang perlu Anda keluarkan.

Apartemen Pancoran Riverside - Finansialku

[Baca Juga: IRIT! Rincian Biaya Lamaran Sederhana Gak Sampe 5 Juta Rupiah]

 

Tetapi jangan khawatir, sebab tidak semua apartemen memiliki kebijakan yang sama untuk hal ini, dan bahkan mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Hanya apartemen-apartemen tertentu saja yang memberlakukan biaya renovasi dan dekorasi.

Maka dari itu, jangan lupas untuk melihat aturan-aturan yang ditetapkan oleh apartemen yang hendak Anda sewa.

 

#4 Biaya Perbaikan Apartemen

Selain biaya perawatan maka ada juga biaya perbaikan yang perlu Anda bayar saat menyewa apartemen. Tagihan yang juga disebut sebagai sinking fund ini akan dialokasikan untuk memperbaiki fasilitas apartemen yang rusak.

Kerusakan yang akan dibiayai adalah kerusakan yang terjadi di unit apartemen Anda sendiri ataupun kerusakan pada fasilitas yang digunakan bersama.

Jadi, setiap penghuni akan bertanggung jawab atas kerusakan yang ada pada unitnya masing-masing.

Biaya perbaikan apartemen ini juga bisa disebut sebagi tabungan, yang nantinya bisa digunakan saat unit apartemenmu mengalami kerusakan. Nominal tagihan untuk setiap apartemen bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan apartemen yang Anda tempati.

 

#5 Biaya Parkir

Memang beberapa apartemen ada yang gratis biaya parkir untuk penghuninya. Namun banyak juga yang membebankan biaya parkir. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan budget untuk pembiayaan yang satu ini, terlebih jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan pribadi.

Nominal biaya parkir bisa berbeda-beda tergantung dari apartemen yang Anda huni, dan biasanya ada diskon khusus yang bisa didapatkan oleh pengguna dan pemilik dari kartu member.

 

Mau Sewa Apartemen Bulanan? Yuk Atur Keuangan Anda…

Sekarang Anda sudah tau kan kalau terdapat berbagai jenis biaya yang perlu dibayar oleh penyewa apartemen. Nah… maka dari itu agar Anda bisa melakukan pembayaran tanpa ada halangan, mengatur keuangan adalah hal yang sangat perlu Anda lakukan.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengalokasikan uang Anda dengan tepat, sehingga kebutuhan Anda tidak sampai terbengkalai. Untuk membantu Anda dalam mengatur dan merencanakan keuangan dengan baik, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialu.

Dapat Anda unduh pada PlayStore dan AppStore. Dengan aplikasi finansialku ini, Anda juga dapat berkonsultasi pada pakar keuangan profesional. Dengan demikian Anda dapat mengatur keuangan Anda, termasuk untuk pembiayaan sewa apartemen bulanan.

Baiklah kita telah sampai pada penghujung artikel ini. Setelah mengetahui biaya yang perlu dibayar, apakah menurut Anda menyewa apartemen bulanan merupakan pilihan yang tepat.

Anda bisa meninggalkan tanggapan Anda dikolom komentar. Bagikan juga artikel ini kepada teman-teman Anda yang mungkin punya rencana untuk mulai menyewa apartemen. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nimas Des Aristanti. Mau Sewa Apartemen? Inilah Biaya yang Harus Dipersiapkan!. Koinworks.com – https://bit.ly/3fp8AEA

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top