Investasi Apa yang Tepat di Tengah Ancaman Resesi?

Ayobandung Investasi Investasi di saat resesi ResesiLeave a Comment on Investasi Apa yang Tepat di Tengah Ancaman Resesi?

Investasi Apa yang Tepat di Tengah Ancaman Resesi?

Banyak orang berinvestasi untuk keamanan finansial mereka, terutama dalam kondisi saat ini. Tapi, investasi apa yang tepat?

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Ayobandung.com

 

Investasi yang Tepat Di Tengah Ancaman Resesi

Situasi Covid-19 memang benar-benar memorak-porandakan perekonomian dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Ketidaksiapan banyak orang menghadapi situasi semacam ini benar-benar membuat kita lebih peka karena kita jadi sadar pentingnya memiliki kestabilan finansial lewat investasi.

Karena, saat kita semakin sulit bekerja dengan leluasa untuk mendapatkan uang, maka sudah waktunya uang-lah yang bekerja untuk kita.

Itu sebabnya mengapa investasi sangat penting dilakukan, karena tak ada yang bisa meramalkan masa depan.

Yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri agar siap menghadapi seperti apa pun keadaan masa depan nanti, salah satunya dengan memilih investasi yang tepat.

[Baca Juga: Indonesia Resesi di Kuartal-III 2020, Ada Investasi Kebal Resesi?]

 

Kamu dapat memastikan bahwa kamu sudah memilih investasi yang sesuai dengan tujuan finansial. Bila kamu sudah mengerti kebutuhan dan tujuan finansial kamu, sebab setiap orang memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda.

Memahami kebutuhan dan tujuan finansial adalah langkah awal yang baik sebelum memutuskan di mana kamu akan menginvestasikan uang yang kamu miliki.

Selain itu, kamupun bisa memilih investasi dari tingkat risikonya, terutama bila kamu adalah pemula di bidang investasi, tentu akan lebih bijak berinvestasi di sektor yang risikonya cenderung rendah.

Salah satu pilihan yang bisa mewakili hal tersebut adalah Obligasi Pemerintah.

Seperti diketahui, Obligasi Pemerintah adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dan bisa dibeli oleh Warga Negara Indonesia melalui mitra yang ditunjuk oleh negara, seperti digibank by DBS.

Obligasi negara dibagi menjadi dua jenis, yaitu obligasi pasar perdana dan obligasi pasar sekunder.

Obligasi pasar perdana adalah obligasi yang dijual di Pasar Perdana hanya dapat dibeli dalam periode waktu tertentu dan pembelian dilakukan dengan harga 100% sesuai yang ditawarkan kepada publik (Initial Public Offering atau IPO).

Sedangkan obligasi pasar sekunder adalah obligasi yang dijual di Pasar Sekunder dapat dibeli kapan saja sebelum jatuh tempo.

Obligasi Pasar Sekunder juga dapat diperjualbelikan kapan saja dan harga yang berlaku mengikuti harga pasar pada saat transaksi dilakukan.

Banyak keunggulan yang ditawarkan dari obligasi negara, misalnya saja investasi obligasi yang kamu lakukan mendapat jaminan dari pemerintah.

Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir tentang return of investment, karena negara sendiri yang menjamin pembayaran produk dan keuntungan investasi akan dibayarkan.

 

banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

 

Jika membutuhkan finansial planner untuk tujuan keuangan kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang dapat didownload sekarang juga.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Ayobandung.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Ayobandung.com

 

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • 01 – http://bit.ly/2P7au3Y
  • 02 – https://bit.ly/3qQz9I0

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top