Google Investasi 11 Juta Dollar Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

#FinansialkuNews Ekonomi Google Indonesia InvestasiLeave a Comment on Google Investasi 11 Juta Dollar Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

Google Investasi 11 Juta Dollar Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

Google dukung pemulihan ekonomi Indonesia dengan berinvestasi senilai US$ 11 juta atau setara Rp 155 miliar.

Ketahui berita selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Investasi Google Bertujuan Bantu UMKM

Perusahaan multinasional Google akan menginvestasikan dana senilai US$ 11 juta atau setara Rp 155 miliar untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional Indonesia.

Investasi Google tersebut akan dialokasikan untuk pinjaman modal UMKM sebesar US$ 10 juta melalui kemitraan dengan Kiva dan hibah US$ 1 juta melalui google.org kepada Plan International untuk para pencari kerja di Indonesia.

Google menilai UMKM adalah yang paling terdampak pandemi Covid-19. Pinjaman yang akan disediakan disebutkannya membidik UMKM di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia.

“Google menyediakan US$ 10 juta dalam bentuk pinjaman modal untuk membantu pemilik UMKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit ini,” ujar Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengutip dari Tempo.

Mendapatkan-Uang-dari-Google-1-Finansialku

[Baca Juga: Wow! Google dan Temasek Masuk Jajaran Pemegang Saham Tokopedia!]

 

Sementara, hibah kepada Yayasan Plan International Indonesia akan bekerja sama dengan The ASEAN Foundation untuk meluncurkan Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment.

Program tersebut merupakan bentuk eksperimental untuk memberikan pelatihan keterampilan dan membantu meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan dampak pandemi.

Program dua tahun ini bertujuan untuk menjangkau 5.200 anak muda, yang hampir separuhnya adalah perempuan.

Menurut Randy, Google ingin membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonominya melalui program pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama pemerintah, industri, dan organisasi masyarakat sipil,

“Khususnya, tenaga kerja yang memiliki keterampilan digital diprediksi akan menyumbangkan lebih dari Rp 4,4 triliun (US$ 303 miliar) untuk PDB Indonesia hingga 2030, dan akan berperan penting untuk pemulihan ekonomi dan ketahanan bisnis,” kata Randy.

Sekedar informasi, sejak 2015 silam melalui hibah google.org, program Grow with Google telah melatih lebih dari 1,7 juta pemilik UMKM, termasuk 200.000 selama pandemi Covid-19.

“Kami ingin melakukan lebih banyak untuk mendukung anak muda yang rentan,” kata Randy, mengutip dari Tempo, Kamis (19/11).

Penyaluran dana tersebut disampaikan dalam acara virtual Google for Indonesia pada hari ini, Rabu (18/11) kemarin.

Presiden Indonesia Joko Widodo yang turut membuka acara tersebut berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia akan membantu UMKM semakin berkembang.

“Saya berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia 2020 akan terus bermunculan untuk berkontribusi bagi pengembangan SDM di bidang IT Indonesia, membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mampu naik kelas, bangkit dan maju bersama untuk Indonesia maju,” ungkap Jokowi.

Dana USD 10 juta ini bertujuan membantu pemilik UKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi Covid-19.

Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak pandemi di berbagai komunitas yang kurang terlayani di Indonesia.

“Bagi para pemilik bisnis, masalah utama saat ini adalah akses ke modal. Bantuan finansial dapat memberikan mereka ruang membuat strategi baru dan meningkatkan kemampuan mereka,” tutur Director of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami mengutip dari Liputan6.

“Dana ini akan akan digunakan untuk memberikan pinjaman dengan bunga rendah kepada usaha paling terdampak selama pandemi Covid-19,” jelas Vero.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Sumber Referensi:

  • Andina Librianty. 18 November 2020. Google Salurkan Rp 140,9 Miliar untuk Pinjaman Modal UKM Indonesia. Liputan6.com – https://bit.ly/32W6xmJ
  • Trio Hamdani. 19 November 2020. Mbah Google Guyur Modal Rp 140 Miliar buat UMKM RI. Finance.detik.com – https://bit.ly/2KnmCeL
  • Moh Khory Alfarizi. 18 November 2020. Google Janji Bantu Modal UMKM dan Pemuda Indonesia Rp 155 Miliar. Tempo.co – https://bit.ly/3kQHO9G

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top