Gaji 2 Juta Nabung Emas? BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya!

Emas Gaji 2 Juta Nabung Emas Investasi Investasi Emas Nabung EmasLeave a Comment on Gaji 2 Juta Nabung Emas? BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya!

Gaji 2 Juta Nabung Emas? BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya!

Gaji 2 juta nabung emas, gimana ya caranya? Mungkin sebagian orang berpikir kalau gaji kecil susah banget buat investasi.

 

Eiitsss….

Jangan putus asa begitu. Jika kamu saat ini punya gaji yang kecil, Finansialku punya solusinya untuk kamu.

Langsung simak aja ulasannya di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Gaji 2 Juta Nabung Emas

Beberapa orang yang akan berinvestasi emas biasanya mengumpulkan dana dahulu dengan cara nabung ditabungan biasa, kemudian baru dibelikan emas fisik. Benar begitu bukan?

Cara ini tentu cukup merepotkan dan tidak praktis. Belum lagi jika dana tabungan bisa saja sewaktu-waktu terpaksa harus digunakan untuk kebutuhan darurat.

Nah, saat ini udah ada fasilitas layanan yang bernama tabungan emas. Konsep tabungan emas hampir sama dengan konsep menabung di bank pada umumnya.

Kamu dapat menyetorkan sejumlah uang kepada lembaga penyedia layanan, kemudian saldo uang tersebut akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas. Kamu juga bisa menabung emas dari gram dan harga terendah.

Berbeda dengan membeli emas biasa, pada layanan menabung emas ini, kamu tidak langsung memperoleh emas dalam bentuk fisik. Fisik emas dapat dicetak nantinya jika memang dibutuhkan. Konsep ini memungkinkan kita memiliki simpanan emas tanpa harus repot menyimpan fisik emas.

Berikut adalah 4 tempat yang bisa kamu jadikan platform untuk membeli emas.

 

#1 Nabung Emas di Pegadaian

Pegadaian menyediakan layanan tabungan emas yang bernama Tabungan Emas Pegadaian. Melalui layanan ini, Kamu bisa menabung emas mulai dari ukuran terkecil, yakni 0,01 per gram atau seharga Rp 8.740 (harga per 22 Maret 2020). Saldo tabungan akan dikonversi menjadi emas sampai dengan empat digit di belakang koma.

Untuk membuka tabungan, kamu harus memiliki identitas yang jelas seperti KTP atau paspor. Kamu juga perlu menyiapkan uang Rp 10.000 untuk biaya administrasi dan biaya fasilitas penitipan emas sebesar Rp 30.000 per tahun. Jika pembukaan rekening dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, maka biaya administrasi dan biaya penitipan akan digratiskan untuk 1 tahun pertama.

Gaji 2 Juta Nabung Emas BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya! 02

[Baca Juga: Saham Sale Terpapar Corona, Saat Tepat Investasi Reksa Dana Saham]

 

Menabung emas (top up) bisa dilakukan melalui outlet Pegadaian, ATM, aplikasi Pegadaian Digital, ataupun agen Pegadaian. Untuk transaksi top up dapat dilakukan mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF.

Saldo emas dapat dicetak dalam bentuk emas batangan jenis Antam atau UBS. Biaya cetak emas Antam mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 632.000, tergantung ukuran emas yang hendak dicetak.

Sedangkan biaya cetak UBS lebih murah, mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 507.000. Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

 

#2 Nabung Emas di Bukalapak

Tidak hanya di Pegadaian, layanan nabung emas juga tersedia di marketplace, seperti salah satunya Bukalapak. Layanan yang disebut BukaEmas.

Melalui program BukaEmas, pengguna dapat membuka tabungan emas dengan minimal transaksi mulai dari 0,0001 gram atau kurang lebih senilai Rp 100. Pengguna dapat melakukan transaksi jual, beli, dan tarik emas cukup menggunakan akun Bukalapak milik pengguna tanpa harus melakukan pendaftaran lagi.

Emas di Bukalapak merupakan emas cetakan Antam dan tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association). Emas disimpan dengan aman di Logam Mulia (LM) Antam yang dapat dijual dan ditarik kapan saja.

Pengguna BukaEmas dapat menarik keping emas untuk dikirim ke alamatnya jika saldo emas sudah mencapai 1 gram. Pemilik emas hanya perlu membayar biaya sertifikat dan biaya pengirimannya saja.

 

#3 Nabung Emas di Tokopedia

Fitur ini merupakan kerja sama antara Tokopedia dengan PT Pegadaian (Persero). Kamu bisa membeli, menabung, dan menjual emas kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan. Setiap gram emas yang kamu beli akan dikonversikan menjadi bentuk fisik dan akan dititipkan di Pegadaian.

Pembelian dan penjualan emas dapat dilakukan mulai dari nominal minimum Rp 500. Cara menabung bisa dilakukan dengan membuka halaman Tokopedia Emas melalui situs resmi Tokopedia.

Gaji 2 Juta Nabung Emas BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya! 03

[Baca Juga: THR Dialokasikan Untuk Investasi? Why Not? Ini Tipsnya!]

 

Terdapat tiga kategori keanggotaan dalam fitur ini. Level keanggotaan Gold Club, yakni dapat memiliki tabungan emas hingga 1 gram, jual dan beli hingga 10 gram per bulan.

Level Gold Prime, dapat memiliki tabungan emas hingga 10 gram, jual dan beli hingga 10 gram per bulan, serta dapat berlangganan tanpa biaya tambahan. Terakhir level Gold Prestige, bebas menabung emas tanpa batas, jual dan beli tanpa batas bulanan, serta dapat berlangganan tanpa biaya tambahan.

 

#4 Cicilan Emas di Bank Syariah

Selain di marketplace, beberapa bank syariah, seperti BCA Syariah dan Bank Syariah Mandiri juga menawarkan program pembiayaan emas dengan harga terjangkau. 

Misalnya, BCA Syariah melalui program EMAS iB menawarkan pembiayaan emas minimal pecahan 10 gram emas dan maksimal Rp 150 juta dengan uang muka minimal 20 persen dari harga beli emas.   Jangka waktu pembiayaan mulai dari 2-5 tahun. 

Adapun pembayaran cicilan dilakukan secara autodebet dari rekening nasabah di BCA Syariah.  Untuk mengikuti program ini, nasabah akan dikenakan biaya administrasi mulai dari Rp 50.000-Rp 20.000, tergantung berat emas yang dibeli.

Hampir sama dengan BCA Syariah, Bank Syariah Mandiri menawarkan produk serupa bernama BSM Cicil Emas. Ketentuan pembiayaan tidak jauh berbeda dengan BCA Syariah, yakni pembiayaan minimal mulai dari 10 gram  dan maksimal Rp 150 juta dengan uang muka minimal 20 persen dari harga beli emas.   Jangka waktu pembiayaan mulai juga sama, yakni mulai dari 2-5 tahun.

 

Simak video dari finansialku tentang cara investasi bagi kamu dengan gaji pas-pasan

 

Gaji 2 Juta Nabung Emas? Yakin Bisa!

 Setelah membaca artikel ini, apakah kamu semakin yakin untuk memulai nabung emas? Jangan pernah takut untuk mencoba! Kegagalan itu hal yang biasa, asalkan kamu selalu belajar dari kesalahan dan bangkit dari keterpurukan itu.

Apakah kamu membutuhkan aplikasi smartphone untuk mendata seluruh pemasukan dan pengeluaran? Aplikasi Finansialku paling cocok untuk kamu!

Unduh di sini yuk..

 

Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada kawanmu!

Jadilah pembaca yang membawa perubahan bagi komunitas di sekitar! Selamat menabung ya…

 

Sumber Referensi:

  • Denis Riantiza. 9 November 2019. Nabung Emas, Alternatif Investasi Terjangkau dan Praktis. Finansial.bisnis.com – https://bit.ly/2XKwDHv

 

Sumber Gambar:

  • Nabung Emas 01 – https://bit.ly/2KbJn1Q
  • Nabung Emas 02 – https://bit.ly/3agjoAV
  • Nabung Emas 03 – https://bit.ly/2Khmyd2

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top