China Kembangkan Obat COVID-19 Baru: Apa Itu Carrimycin?

#FinansialkuNews #LearnandInvest Apa Itu Carrimycin Carrimycin China Corona Emas Investasi Kesehatan Lifestyle Obat Corona Obat Covid-19 Trading Emas Trading Emas HalalLeave a Comment on China Kembangkan Obat COVID-19 Baru: Apa Itu Carrimycin?

China Kembangkan Obat COVID-19 Baru: Apa Itu Carrimycin?

Carrimycin, diklaim sebagai obat COVID-19 dan sedang dikembangkan oleh China. Kabarnya, obat ini telah digunakan di 9 rumah sakit di Tiongkok, lho!

Ketahui informasi selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

China Diam-Diam Kembangkan Obat COVID-19

Setelah beberapa waktu lalu WHO dan beberapa ahli kesehatan umumkan telah menemukan vaksin untuk COVID-19 dan sedang dalam tahap pengembangan, maka kali ini kabar baru datang dari Tiongkok.

Dilansir melalui blog pribadi milik mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, disway.id, China diketahui telah mengembangkan sebuah obat untuk pasien COVID-19.

Obat itu, tidak lain dan tidak bukan adalah obat Carrimycin. Obat yang berhasil membuat Dahlan Iskan pusing tujuh keliling mencari istilah yang tepat dari huruf hanzi, 可利霉素 (kě lì méi sù).

Dalam blognya, Dahlan Iskan membeberkan kalau China sudah melakukan uji klinis obat tersebut terhadap 500 relawan penderita COVID-19 di 9 rumah sakit di China sejak awal Februari lalu.

China Kembangkan Obat COVID-19 Baru_ Apa Itu Carrimycin_ 01

[Baca Juga: Babak Baru COVID-19, PSBB Jakarta Efektif Lusa. Dompet Aman?]

 

Kantor Informasi Dewan Negara China juga sempat mengadakan pernyataan resmi kepada pers pada 26 Maret 2020 lalu, sebagaimana dilansir dari laman mistar.id.

Dalam kesempatan itu, Zhao Xiaofeng, Direktur Departemen Obat Baru Grup Shenyang Tonglian mengatakan soal aktivitas uji coba di 9 rumah sakit di China.

“Itulah nama obat baru untuk COVID-19. Yang sudah dipakai di 9 rumah sakit di 9 kota di Tiongkok.” Katanya, mengutip dari blog pribadinya, Disway.id (Selasa, 07/04).

500 relawan ini dibagi dalam banyak kelompok, seperti kelompok umur, jenis kelamin, dan kelompok stadium penyakitnya; ringan, sedang, dan berat.

 

Apa itu Carrimycin?

Carrimycin adalah obat yang yang ditemukan sejak bulan Juni 2019 lalu, saat COVID-19 belum ada.

Obat ini awalnya ditemukan buat menangani pasien yang terkena bakteri dan infeksi, juga untuk melawan kanker.

Setelah COVID-19 menyebar, akhirnya para peneliti memutuskan untuk memasukkan carrimycin ke dalam jenis-jenis obat yang diamati untuk dijadikan obat penyembuh COVID-19 bersama dengan obat-obat sebelumnya seperti hydroxychoroquine (Klorokuin).

Akhirnya, Carrimycin mulai diproduksi lagi di Shanghai.

China Kembangkan Obat COVID-19 Baru_ Apa Itu Carrimycin_ 03

[Baca Juga: Akhirnya! Obat Corona Ditemukan, Jokowi Gercep Pesan Jutaan!]

 

Sementara itu, melansir laman clinicaltrials.gov, obat ini pertama kali didaftarkan untuk dilakukan uji klinis pada 25 Februari 2020 lalu. Sementara estimasi waktu selesainya uji klinis dilakukan adalah 28 Februari 2021 mendatang.

Dari uji klinis yang dilakukan saat ini, Carrimycin menunjukkan tanda-tanda yang baik, yaitu dapat menghilangkan COVID-19 dalam tubuh manusia secara efektif.

Bukan hanya itu, Carrimycin juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam mengatasi gejala dan peradangan paru-paru, terutama untuk pasien yang berada dalam kondisi parah.

­Melansir laman jambi.tribunnews.com, obat ini adalah hasil kobalorasi antara Institut Bioteknologi Obat-obatan (Akademik Ilmu Pengetahuan Medis Tiongkok) dan Shenyang Tonglian Group Co, dengan nama dagang ‘Bite’.

Saat ini, Carrimycin adalah obat pertama di dunia yang dikembangkan menggunakan teknologi biosintesis.

Carrimycin juga merupakan salah satu obat yang ada dalam proyek utama “863” pemerintah China di bidang sains dan teknologi, yang didukung oleh Institut Riset Nasional, “National Mayor New Drug Creation.”

Sejauh ini, hanya informasi di atas yang bisa kami berikan menyoal Carrimycin, obat yang digadang-gadang bisa sembuhkan pasien COVID-19 tanpa efek samping.

Meski diestimasi kalau uji coba akan selesai tahun depan, kita tidak bisa begitu saja berkecil hati atas keadaan ini. Karena Finansialku yakin, ini semua akan menemukan titik akhir.

 

Apabila Sobat Finansialku punya informasi lain mengenai Carrimycin ini, jangan sungkan untuk sampaikan pada Finansialku melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Selain itu, Sobat Finansialku juga bisa bagikan informasi ini pada rekan dan keluarga terdekat, melalui pilihan platform yang tersedia. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 April 2020. Apa itu Carrimycin? Katanya China Mengambangkan untuk Obat Corona, Dahlan Iskan Pun Beri Ulasan. Jateng.tribunnews.com – https://bit.ly/3a13g6s
  • Admin. 9 April 2020. Kabar Gembira, Carrimycin Obat Baru COVID-19 Telah Ditemukan. Mistar.id – https://bit.ly/3eb77Bc
  • Fitri Syahrifah. 8 April 2020. Diam-Diam, China Mengembangkan Obat Carrimycin untuk pasien Covid-19. Liputan6.com – https://bit.ly/34kZlzU
  • Dahlan Iskan. 7 April 2020. Pusing Ka-Li-Mi-Cin. Disway.id – https://bit.ly/3bVCmOC
  • Admin. 9 April 2020. The Clinical Study of Carrimycin on Treatment Patients With COVID-19. Clinicaltrials.gov – https://bit.ly/3a0UmWB
  • Admin. 9 April 2020. Apakah Itu Carrimycin? Obat Covid-19 Terbaru Dikabarkan sedang Dikembangkan di China. Jambi.tribunnews.com – https://bit.ly/2xgcKx1

 

Sumber Gambar:

  • Obat Covid-19 01 – https://bit.ly/2RlSdxY
  • Obat Covid-19 02 – https://bit.ly/2VgQGdA
  • Obat Covid-19 03 – https://bit.ly/2XkTDg0

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top