Catat! Ini Panduan Kredit Kendaraan Syariah Terbaru 2020

#FinansialkuPlanner Kredit Kredit Kendaraan Kredit Kendaraan Bermotor kredit kendaraan syariah Kredit Syariah Pinjaman SyariahLeave a Comment on Catat! Ini Panduan Kredit Kendaraan Syariah Terbaru 2020

Catat! Ini Panduan Kredit Kendaraan Syariah Terbaru 2020

Beli mobil mau cash atau kredit? Coba simak yuk pilihan kredit kendaraan syariah berikut yang bisa jadi pilihan kreditmu!

 

Rubrik Finansialku

 

Kredit Syariah

Untuk meningkatkan status sosial dan mobilisasi yang baik, biasanya seseorang membeli kendaraan pribadi, entah itu motor, atau pun mobil.

Dengan memiliki kendaraan pribadi, tentunya mempermudah segala aktivitas. Khususnya mobil yang bisa digunakan bersama dengan orang-orang terkasih.

Salah satu langkah yang ditempuh untuk bisa memiliki mobil selain dengan uang cash adalah dengan melakukan kredit.

Banyak orang melakukan kredit dengan cara konvensional, padahal saat ini sudah ada Kredit Kendaraan Syariah yang tidak mengandung unsur riba.

Kredit mobil syariah ini merupakan sistem pembelian secara tidak tunai yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Seperti apa mekanismenya? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Mekanisme Kredit Syariah

Kredit mobil syariah umumnya menggunakan akad murabahah. Apakah itu?

Singkatnya, kamu akan dibiayai untuk membeli kendaraan bermotor yang diinginkan dengan harga yang sudah ditambah margin.

Kamu bisa beli kendaraan tersebut dengan mencicil selama tenor yang telah ditentukan.

Jadi nantinya, Bank Syariah selaku pihak yang akan menjual produk dengan harga yang sudah ditambah margin, lalu nasabah dapat membayarnya dengan cara cicilan selama tenor yang telah disepakati.

Fintech Syariah 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Kelebihan Tabungan Syariah yang Menguntungkan]

 

Misalkan, kamu ingin membeli motor Ninja 250R seharga Rp 25 juta.

Bank Syariah menambah harga pembelian motor tersebut sebagai margin sebesar Rp 2 juta. Jadi total biaya yang dikeluarkan nasabah adalah Rp 27 juta.

Dari beberapa pilihan tenor yang ada, misalnya kamu memilih tenor 24 bulan, sehingga kamu akan membayar biaya motor tersebut secara konsisten sebesar Rp 1,125 juta/ bulan dan ini sifatnya flat tidak akan ada penambahan lain-lain.

Beda halnya dengan suku bunga yang dapat berubah kapan saja sesuai dengan perkembangannya.

 

Persyaratan untuk Mengajukan Kredit Kendaraan Syariah

Guna mempermudah dalam mengajukan Kredit Kendaraan Syariah ini, tentu ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP
  2. Memiliki Sumber Penghasilan tetap (dibuktikan dengan slip gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir)
  3. Mempunyai SIM A
  4. Jika kamu seorang pebisnis, maka perlu untuk disertakan laporan keterangan usaha.

 

Itulah persyaratan yang harus dipenuhi ketika kamu memang berniat untuk mengajukan Kredit Kendaraan Syariah secara umum.

 

Keuntungan Kredit Kendaraan Syariah

Jika kamu sudah berniat untuk membeli kendaraan dengan kredit syariah ini, tentunya kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan jika kamu memberli mobil dengan menggunakan sistem kredit syariah.

Berikut keuntungannya :

  • Kamu akan lebih aman secara keuntungan, karena margin yang ditetapkan bersifat tetap/fix selama masa tenor. Jadi kalau kamu cicilannya tiap bulan adalah 1 juta maka 1 juta itu akan tetap kamu bayarkan tiap bulan sampai masa cicil tersebut lunas.
  • Sumber dananya halal karena nasabah meskipun sudah punya penghasilan tetapi penghasilan tersebut haruslah berasal dari hal-hal yang memang Allah halalkan bukan kepada yang Allah haramkan.
  • Ada denda pinalti, namun peruntukkannya bukan digunakan sebagai operasional atau keuntungan perusahaan tetapi akan dialokasikan sebagai dana sosial sehingga dana yang dikenakan kepada dirimu ketika kamu melakukan kelalaian seperti telat bayar akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.

 

Jika dilihat dari kemudahan dalam pembayaran dan tentunya tidak ada riba membuat Kredit Kendaraan Syariah ini banyak diminati orang.

Tetapi pada dasarnya sebelum kamu membeli atau mengajuan kredit untuk kendaraan kamu secara syariah, kamu tetap harus memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan kamu jika kamu mencicil sebuah kendaraan, agar nantinya keuangan kamu tidak berantakan dan tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok kamu.

Agar tidak ada denda atau semacamnya usahakan kamu membayar kredit mobil syariah ini secara rutin, agar nantinya juga mempermudah kamu jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Kamu bisa gunakan fitur ‘Transaksi Berulang’ untuk reminder cicilan di aplikasi Finansialku. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu mencatat, menganggarkan dan menghitung jumlah pengeluaranmu, lho.

Perlu diingat bahwa membeli sesuatu barang atau kendaraan dengan cicilan itu akan menambah beban ekonomi kamu, jadi jika di rasa belum mampu lebih baik urungkan niat kamu untuk membeli mobil dengan kredit syariah sekalipun.

Alangkah lebih baik jika punya uang kamu alokasikan untuk investasi yang dimana keuntungannya bisa kamu kumpulkan sedikit demi sedikit untuk membeli kendaraan secara cash.

Oleh sebab itu, sebelum benar-benar membeli barang dengan nilai uang yang cukup besar, sangat disarankan untuk bertemu pakar keuangan terlebih dahulu.

Kamu juga bisa manfaatkan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku untuk bertanya mengenai keputusan membeli barang.

Gunakan juga fitur Financial Health Check Up agar keuanganmu bisa dikonsultasikan secara menyeluruh ya.

Yuk, download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store. Kamu juga bisa berlangganan aplikasi premium di Finansialku hanya dengan Rp 350 ribu selama satu tahun lho.

Satu tahun! 365 hari dan selama itu pula kamu bisa terus berkonsultasi dengan para Financial Planner Finansialku. Dengan harga segitu, di mana kamu bisa dapatkan konsultan keuangan pribadi yang available selama satu tahun penuh?

Menarik banget kan? Yuk, coba aplikasinya biar gak nyesel besok besok.

Oh iya. Spesial buat kamu yang baca ini, dapatkan potongan tambahan akun premium sebesar Rp 50 ribu dengan memasukkan kode referral CUAN50 !

Makin ekonomis untuk masa depan yang manis. Ayo download aplikasi Finansialku sekarang!

 

Tuliskan tanggapanmu mengenai artikel ini pada kolom komentar di bawah. Artikel ini menarik? Yuk bagikan! Hanya dengan klik salah satu tombol sosial media pada laman ini saja lho! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dendy Herdianto. 24 November 2019. Panduan Lengkap Kredit Mobil Syariah Tanpa Riba. Qazwa.id – https://bit.ly/35GgO6G

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top