Wow! Gojek Resmi Akuisisi Moka Aplikasi Kasir Online

#FinansialkuNews Akuisisi Aplikasi Kasir Online Bisnis Gojek gopay Moka StartupLeave a Comment on Wow! Gojek Resmi Akuisisi Moka Aplikasi Kasir Online

Wow! Gojek Resmi Akuisisi Moka Aplikasi Kasir Online

Gojek berhasil akuisisi perusahaan aplikasi kasir MOKA di tengah kemerosotan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Informasi selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Gojek Berhasil Akusisi Moka Dengan 2 Triliun

Perusahaan layanan ojek online terbesar di Asia Tenggara, Gojek telah mengakuisisi startup Moka, sebuah layanan aplikasi kasir digital, dengan nilai US$ 130 juta atau kurang lebih Rp 2 triliun.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, Moka yang berbasis di Jakarta merupakan startup penyedia jasa pengelola sistem pembayaran yang membantu lebih dari 35 ribu pemilik restoran, kedai kopi hingga gerai ritel yang tersebar di Indonesia.

Aplikasi Moka, yang dapat diunduh lewat tablet atau ponsel pintar, memungkinkan pedagang menerima pembayaran dengan kartu debit dan kredit, serta pembayaran seluler.

Selain itu, platform tersebut menyediakan layanan analisis untuk membantu melacak penjualan dan inventaris, menjalankan program loyalitas, dan mengelola karyawan.

Dilasir dari Liputan6 dari lapotran Bloomberg, Kamis (30/04) Gojek sukses mengambil keuntungan dari penggalangan dana baru-baru ini untuk memperkuat posisinya pada industri pembayaran digital di Indonesia.

Pandemi virus corona atau Covid-19 telah banyak mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk cara transaksi ke pembayaran non tunai.

Wow! Gojek Resmi Moka Akuisisi Aplikasi Kasir Online 02

[Baca Juga: Bisnis Mandek, HOOQ Ucapkan Salam Perpisahan]

 

Oleh karena itu, Gojek dan Moka menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra usaha (merchant), terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point of Sale (POS).

Selama ini, pelaku usaha masih harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda.

Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz.  

Melalui akuisisi ini, kedua perusahaan tersebut bisa menggabungkan layanan demi mempermudah ekosistem antara pembeli dan pelaku usaha.

“Di saat dampak COVID-19 semakin terasa, kita melihat bahwa bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kepada kedatangan fisik konsumen,” Kata Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo, dalam keterangan pers, Kamis (30/04)

“Kami selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital dan bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini.” Lanjutnya.

Meski telah diakusisi oleh Gojek, Moka tetap beroperasi sebagai merek sendiri. Sebanyak 40.000 pebisnis di 200 kota di Indonesia sudah menggunakan Moka untuk perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

 

Digitalisasi Keuangan

Dunia modern telah memungkinkan manusia untuk mengalihkan segala rutinitasnya ke dalam ponsel pintar, aplikasi serta teknologi. Termasuk dalam bertransaksi.

Selain transaksi lewat online, kini ada aplikasi bernama Finansialku untuk mencatat keuangan kamu secara praktis tanpa perlu kertas atau pulpen.

Kamu hanya tinggal mengunduh di ponsel pintarmu untuk mengalihkan kebiasaan dari mencatat keuangan secara manual menjadi digital. Modern dan efisien, bukan?

Selain mengatur anggaran bulanan, kamu juga bisa melakukan pencatatan keuangan baik pemasukan atau pengeluaran harian.

Ada beragam fitur lain di Aplikasi Finansialku yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya Financial Check Up.

Financial Check Up ini berfungsi sebagai alarm untuk mengingatkan kesehatan keuangan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Finansialku lewat Google Play Store atau Apple Apps Store.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Maulandy Rizky Bayu Kencana. 23 April 2020. Gojek Sukses Akuisisi Moka Senilai Rp 2 Triliun Liputan6.com – https://bit.ly/3aNehso
  • Rahajeng Kusumo Hastuti. 30 April 2020. Resmi! Gojek Akuisisi Moka, Aplikasi Kasir Online Cnbc Indonesia – https://bit.ly/2Weyt0L
  • Cindy Mutia Annur. 23 April 2020. Gojek Dikabarkan Akuisisi Startup Kasir Digital Moka Rp 2,02 Triiliun Katadata.co.id – https://bit.ly/35i8YzN
  • Aulia Damayanti. 30 April 2020. Gojek Resmi Caplok Moka Detik.com – https://bit.ly/3d59xzB

 

Sumber Gambar:

  • GojekMoka 01 – https://bit.ly/2zHiGA5
  • GojekMoka 02 – https://bit.ly/3cTi4Wu

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top