Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru untuk Perokok, Gimana Caranya?

Kesehatan Kesehatan Paru paru Lifestyle Merokok Perokok Tips Berhenti merokokLeave a Comment on Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru untuk Perokok, Gimana Caranya?

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru untuk Perokok, Gimana Caranya?

Menjaga paru-paru tentu harus jadi fokus kita juga dalam menjaga kesehatan. Bayangkan kalau paru-paru kita bermasalah, tentu kita akan sulit untuk bernapas, bukan?

Simak tips menjaga kesehatan paru-paru untuk perokok atau bagi Anda sebagai perokok pasif. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

 

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru Bagi Perokok

Rutinitas harian dengan padatnya kesibukan tentu harus ditunjang dengan kesehatan tubuh sebagai penopang agar produktifitas tetap terjaga.

Oleh sebab itu, menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar tetap prima adalah hal yang tidak boleh dilupakan, apalagi menjaga organ tubuh seperti paru-paru yang termasuk organ vital dalam tubuh kita.

Jika paru-paru kita bermasalah, tentu rutinitas keseharian akan terganggu, bukan?

Apalagi jika kita tinggal di tengah hiruk-pikuk kota yang agaknya penuh dengan polusi kendaraan atau berada di lingkungan perokok aktif.

Atau, mungkin, Anda sendiri adalah perokok aktif itu sendiri.

Penting sekali menjaga kesehatan paru-paru agar tetap terjaga dalam kondisi prima sehingga tidak gampang terserang penyakit.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, tanpa harus mengkonsumsi obat atau menggunakan peralatan yang mahal agar menjaga kesehatan paru-paru Anda dari berbagai macam penyakit.

 

#1 Berhenti Merokok

Dilansir dari laman resmi alodokter, rokok mengandung lebih dari 7000 bahan kimia, yang jika dihirup, akan bersarang di paru-paru.

Dari sekian banyak bahan kimia yang terkandung di rokok, nikotin, arsenik, benzena, kromium, kadmium, dan nikel adalah bahan yang dikenal berbahaya dan mampu merusak sebagian besar organ tubuh, khususnya paru-paru.

Tentu saja semua bahan kimia tersebut akan membahayakan paru-paru kita.

Oleh sebab itu, cara pertama agar kesehatan paru-paru tetap terjaga adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari paparan dari asap rokok itu sendiri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghentikan kebiasaan merokok akan membuat perbaikan pada organ paru-paru secara berangsur-angsur.

Jadi, bagi Anda para perokok, ada baiknya Anda mulai memperhatikan kesehatan paru-paru Anda dengan berhenti merokok.

Aman Virus Corona, Begini Langkah-Langkah Vclaim BPJS Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Solusi UKM: Peluang Usaha dan Bisnis Unik Lukisan Kertas Dengan Laba Jutaan]

 

Mau berhenti merokok secara alami? Ikuti beberapa tips berikut ini yang dilansir dari laman merdeka:

  • Cari hobi baru yang sesuai dengan passion anda. Hal ini akan membantu mengalihkan pikiran Anda agar tak tergoda rokok
  • Cari kata-kata yang bisa jadi “sugesti otomatis” ketika anda akan tergoda rokok. Misalnya “kalau aku tergoda, kapan aku berhenti?” atau sesederhana, “aku tidak merokok”.
  • Kurangi asupan kafein, seperti dari kopi. Pasalnya kafein akan dua kali lebih efektif ketika nikotin berkurang. Nah, efek kafein yang membuat Anda terjaga akan menggoda Anda untuk merokok.
  • Hindari orang-orang yang merokok dan dengarkan nasihat orang-orang yang kontra untuk anda merokok
  • Mencari bantuan profesional seperti psikiater, karena kecanduan rokok biasanya adalah kecanduan psikologis. Ini adalah kecanduan mana anda telah terbiasa dengan perilaku merokoknya, lebih dari sekedar kecanduan nikotin namun kebiasaan sehari-hari yang ada rokok di dalamnya. Hal ini harus ditangani secara profesional untuk tahu pemicu dan dorongan Anda untuk merokok.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terbaik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Berikut Ini Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial]

 

Kalau tips ala FInansialku agar berhenti merokok adalah dengan fokus pada tabungan investasi dari uang yang akan dibelikan rokok. Misalnya, dalam sehari Anda mengeluarkan uang rokok sebesar Rp 5000.

JIka uang tersebut di tabung setiap hari selama 1 tahun saja, Anda sudah bisa menabung sebanyak Rp 1.825.000 (365 hari x Rp 5000).

Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk investasi di berbagai instrument yang menguntungkan misalnya seperti Reksa Dana atau Emas.

Mau belajar investasi? Baca saja E-Book Gratis dari Finansialku berikut ini:

GRATISS!! Download Sekarang Panduan Belajar Investasi Bagi Pemula

 

#2 Konsumsi Makanan Sehat Bergizi

Mengontrol asupan sehari-hari juga akan membuat kesehatan paru-paru semakin membaik.

Menurut penelitian, mengkonsumsi buah tomat dan apel setiap hari dapat berperan aktif dalam penyembuhan dari kerusakan organ paru-paru lho.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung anti-imflamasi atau anti peradangan juga dapat membantu penyembuhan dan menjaga kesehatan paru-paru.

Makanan tersebut antar lain sebagai berikut, seperti yang dilansir dari laman Ciputra Hospital:

  • Kunyit
  • Sayuran hijau
  • Ceri
  • Blueberry
  • Zaitun
  • Kacang kenari
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan

 

#3 Lakukan Batuk Terkontrol

Salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang masuk dan terperangkap di dalam lender di dalam tubuh adalah dengan cara batuk.

Batuk yang terkontrol ternyata dapat membuat lendir berlebih di paru-paru bisa keluar dari saluran udara.

Lakukan praktik batuk terkontrol berikut ini untuk dapat membersihkan paru-paru Anda:

  • Duduk di kursi dengan bahu santai, menjaga kedua kaki tetap rata di lantai
  • Lipat lengan di atas perut
  • Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung
  • Perlahan-lahan buang napas sambil bersandar ke depan, mendorong lengan ke perut
  • Batuk 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas, menjaga mulut sedikit terbuka
  • Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung
  • Istirahat dan ulangi seperlunya
  • Saat melakukan Teknik ini, Anda mungkin merasa perlu batuk atau membersihkan tenggorokan Anda dari lendir yang terkumpul. Usahakan untuk tidak menanggapi impuls batuk ini; ulangi terus gerakan diatas dan batuklah secara terkontrol dan mendalam.

 

#4 Olahraga Secara Teratur

Rutin berolahraga setiap hari sangat dianjurkan untuk dapat menjaga kebugaran tubuh, apalagi menjaga kesehatan paru-paru.

Bagi para perokok aktif atau mereka yang sering terpapar asap rokok, lakukan olahraga rutin setiap hari dapat menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Dilansir dari laman Kompas, berolahraga bisa membantu proses restorasi paru dan berkontribusi terhadap kesembuhan.

Sudah coba beberapa tips di atas untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda? Mudah bukan?

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

Anda juga dapat menuliskan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Ninda Anisya. 3 April 2020. Ampuh! 10 Makanan dan Minuman untuk Membersihkan Paru-Paru. popmana.com – https://bit.ly/2ZUCWsD
  • Hesti Setiastuti S, Sp.P. 6 Mei 2020. Menjaga Kebersihan Paru-Paru Secara Alami. bethsaidahospitals.com – https://bit.ly/2D1zljw
  • Karlina Lestari. 22 Januari 2020. Paru-paru Perokok Terancam Rusak, Ini Cara Membersihkannya. sehatq.com – https://bit.ly/3fXUcTl
  • Merry Dame Cristy Pane. 1 September 2019. Cara Membersihkan Paru-paru Perokok. Alodokter.com – https://bit.ly/2ZV0RZ2
  • Edwin Halim. 23 Maret 2020. Cara Efektif Membersihkan Paru-Paru Karena Polusi dan Rokok. ciputrahospital.com – https://bit.ly/3hvrl9l
  • Widya Citra Andini. 24 Januari 2020. 5 Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok. hellosehat.com – https://bit.ly/3jyqqqH
  • wisnubrata. 11 November 2019. Cara Membersihkan Paru-paru untuk Perokok Aktif maupun Pasif. lifestyle.kompas.com – https://bit.ly/2WRfVF1
  • wisnubrata. 12 November 2019. Simak Cara Membersihkan Paru-Paru Untuk Perokok Aktif Maupun Pasif . kesehatan.kontan.co.id – https://bit.ly/30FeHhf
  • Rakha Fahreza Widyananda. 13 Maret 2020. Cara Berhenti Merokok Secara Permanen, Cepat, dan Mudah Dilakukan. merdeka.com – https://bit.ly/3hujau4

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top