Siapkan Hal ini Saat Ingin Membangun Bisnis Startup

Bisnis kompascom Partnership Startup tips memulai bisnisLeave a Comment on Siapkan Hal ini Saat Ingin Membangun Bisnis Startup

Siapkan Hal ini Saat Ingin Membangun Bisnis Startup

Proses membangun bisnis startup bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun hambatan-hambatan bisa dilewati. Ketahui informasi selengkapnya dalam artikel berikut. Selamat membaca.

 

Tips Membangun Bisnis Startup

Startup merupakan salah satu bisnis yang banyak dijalankan anak-anak muda. Namun demikian, proses membangunnya pun bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

CEO Hangry Abraham Viktor mengatakan, selama perjalannya membangun bisnis, hal yang penting adalah kecepatan.

Pada awal memulai bisnisnya, ia banyak menghabiskan waktu untuk berpikir mengenai ide usaha. Setelah itu, ia pun memulai bisnis dengan ide yang dianggap tepat.

 

Namun sepanjang perjalanan bisnisnya, ia menemukan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tidak sejalan dengan idenya semula.

[Baca juga: 3 Kunci Sukses Bangun Bisnis Startup Ala Bos Kredivo, Akshay Garg]

“Setelah menjalankannya, ternyata customer maunya beda, dan ada pilihan mau ikutin customer atau tetap bertahan pada jalur bisnis yang dijalankan, tapi enggak bisa jual apa-apa,” ungkapnya. secara virtual, Jumat (21/05).

Ia menilai kecepatan dalam beradaptasi adalah hal utama yang perlu dimiliki oleh pengembang startup. Dengan beradaptasi secara cepat, dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

“Kita harus mulai cepat, (saat) make mistake dan cepat berubah menemukan situasi di mana produk yang kita tawarkan fit dengan apa yang diinginkan konsumen,” ucap dia.

 

Pria Memegang Tab. Sumber: https://bit.ly/2SFfqiC

 

Sementara itu, CEO Pahamify Syarif Rousyan Fikri menyebut ada tiga hal yang menjadi perhatian ketika akan memulai startup. Pertama, mencari mentor atau guru yang bisa berbagi ilmu mengenai startup.

“Kalau ada guru, kita tau apa yang salah dan apa benar. Mencoba sendiri juga bisa sih, tapi butuh waktu lebih lama. Kalau mau cepat ya pakai mentor,” ungkapnya.

 

Kedua, bisnis startup harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan pasar saat ini. Dengan adaptasi yang cepat, belajar cepat, jatuh cepat, dan improvisasi cepat maka akan lebih mudah untuk menciptakan bisnis yang bertahan lama.

Ketiga, ketika Anda memulai bisnis startup, maka harus menyingkirkan rasa tidak percaya diri dan ketakutan akan kegagalan. Karena pada dasarnya kejatuhan dan kegagalan hal yang umum dalam memulai bisnis.

“Saya juga ketika memulai startup enggak mengerti apa-apa tentang bisnis. Tapi kan, kita bisa belajar. Yang penting jangan takut memulai,” ucap dia.

Sobat Finansialku ingin mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan usaha kamu dengan benar? Berikut audiobook yang sesuai denganmu.

 

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Kompas.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Kompas.com.

 

Editor: Julius Fallen

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/3cNDIOp

dilema besar

Leave a Reply

Back To Top