Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya

Investasi Perbedaan Rumah Sederhana dan Rumah Minimalis Rumah Rumah Minimalis Rumah Sederhana Rumah Sederhana vs Rumah MinimalisLeave a Comment on Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya

Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya

Menurut Anda apakah rumah sederhana berbeda dengan rumah minimalis? Apa saja perbedaannya? Yuk, cari tahu perbedaannya.

Finansialku siap memberikan aneka perbedaan antara keduanya, selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

 

Rumah Minimalis, Hunian Fungsional yang Nyaman

Rumah minimalis yang kita ketahui adalah sebuah rumah atau hunian yang dibangun dengan mengaplikasikan konsep struktur yang fungsional dan paling mendasar, namun tetap mengangkat sisi estetika.

Sedikit berbeda dengan rumah sederhana yang hanya menerapkan unsur gaya dan desain yang tidak rumit, sehingga tingkat kesulitannya relatif lebih kecil.

Serupa tapi tak sama, itulah yang dapat diartikan antara rumah minimalis dan rumah sederhana. Karena memang rumah bergaya minimalis bisa dikatakan sederhana, namun rumah sederhana belum tentu bisa disebut minimalis.

 

Perbedaan Rumah Sederhana dan Rumah Minimalis

Setelah sebelumnya dijelaskan apa masing-masing pengertiannya, tentu kita sudah sedikit bisa membedakan seperti apa rumah sederhana ataupun rumah minimalis itu.

Jika Anda ingin mengetahuinya lebih detail apa perbedaannya, berikut perbedaannya.

 

#1 Merupakan Elemen Esensial

Dalam desain hunian bergaya minimalis, unsur penting yang harus digaris bawahi adalah elemen esesial, karena minimalis memang terdiri dari elemen esensial atau elemen inti yang benar-benar fungsional atau hanya sesuai fungsi.

Dengan begitu, minimalis menghindari sesuatu yang bersifat boros walaupun desainnya ada yang terkesan rumit.

Tidak untuk rumah sederhana, karena konsep ini hanya mengurangi atau menghindari sesuatu yang rumit walaupun kurang fungsional.

Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : Kata Siapa FREELANCER Ga Bisa Beli Rumah ? Ini Dia Caranya !]

 

#2 Memiliki Tampilan Geometris dan Modern

Dalam hunian minimalis masih mengangkat sebuah tampilan geometris yang unik dan menarik serta memberi kesan modern dalam sebuah estetika.

Salah satu contoh pada bagian jendela untuk hunian minimalis masih bisa menampilkan bentuk jendela dengan bentuk geometri yang unik dan tidak biasa, namun fungsi dari jendela tersebut masih maksimal.

 

#3 Ada Nilai Estetika

Kalau rumah minimalis masih mengangkat nilai estetika pada semua desainnya pada rumah tersebut, lain halnya dengan rumah sederhana.

Karena rumah sederhana hanya menggunakan desain yang standar dengan mengurangi tingkat kerumitan pada desain tersebut tanpa memikirkan unsur estetika sebagai panduan mendesain.

 

#4 Meminimalisir Elemen Dekoratif

Sebuah hunian dikatakan minimalis karena memang jenis desain seperti ini sangat meminimalisir elemen dekoratif, karena desain minimalis lebih fokus pada elemen-elemen inti yang benar-benar dibutuhkan pada hunian atau rumah tersebut.

Sedangkan, rumah sederhana mungkin ada yang lebih dekoratif dari sisi interior tapi masih dalam versi sederhana dan tidak mempersulit desainnya.

Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini 5 Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan Agar Tetap Sehat!]

 

#5 Lebih Fungsional

Kembali lagi pada pengertiannya bahwa rumah minimalis memang mendesain sesuatu yang lebih fungsional.

Misalkan pada sebuah interior ruang tamu yang diutamakan oleh gaya minimalis adalah fungsi dari ruang tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan sebuah ruang tamu.

Dengan begitu terkesan lebih sederhana atau simpel, sedangkan rumah sederhana bisa saja menggunakan sesuatu yang kurang fungsional asalkan bentuknya tidak rumit.

 

 

#6 Tidak Boros Bukan Berarti Low Budget

Kesan yang diciptakan oleh hunian bergaya minimalis ini memang menghindari kesan boros, namun itu bukan berarti maksudnya adalah low budget.

Minimalis menghindari sesuatu yang bersifat boros dalam hal desain, dimana desain tersebut kurang sesuai dengan fungsinya.

Namun, bisa saja sebuah gaya minimalis mengadaptasi desain yang sesuai fungsi tadi dengan biaya yang cukup besar karena salah satu produk furnitur yang digunakan adalah produk yang bernilai tinggi atau mahal.

Sebaliknya untuk rumah sederhana.

Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Inspirasi Interior Rumah Estetik yang Mudah Dilakukan Sendiri]

 

#7 Penggunaan Material Tidak Berlebihan

Hunian minimalis memang sudah ada dan terbentuk sejak dulu, pada saat masyarakat belum mempunyai banyak pilihan dalam hal material.

Oleh karena itu, pada zaman dulu masyarakatnya menggunakan material alami langsung dan tidak berlebihan seperti rumah-rumah dari kayu penduduk desa.

Tapi, masih terlihat unik karena desain yang tidak monoton karena yang terpenting semuanya fungsional.

 

Jadi, Mau Pilih Rumah Minimalis atau Rumah Sederhana?

Kesimpulannya, dapat diartikan bahwa konsep rumah minimalis memang terbentuk dari desain yang fungsional dan terkesan seadanya tapi masih mementingkan nilai estetika dengan memasukkan elemen-elemen inti yang unik dan modern.

Sedangkan, rumah sederhana tidak berfokus pada estetika melainkan mengutamakan sebuah desain yang standar dan tidak rumit.

Sekarang Anda telah mengetahui perbedaan keduanya. Sudah saatnya anda melakukan investasi untuk mendapatkan salah satu di antaranya. Simak video berikut ini untuk mengetahui investasi apa yang tepat.

 

Setelah membaca artikel di atas, mana yang lebih Anda sukai antara rumah minimalis dan juga rumah sederhana? Bagikan artikel ini pada sesama penyuka hunian yang tidak mewah untuk tambahan referensi ya,  terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Archify. 2 Desember 2018. MINIMALIS VS SEDERHANA – Penerapannya Dalam Desain Hunian. Archify.com – https://bit.ly/2VYp4dF

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 1 – https://bit.ly/2KzaqVd
  • Rumah 2 – https://bit.ly/2KzaDYv
  • Rumah 3 – https://bit.ly/2yJ5g6k

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top