Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri  Bagi Umat Islam

Hari Raya Idul Fitri Ramadan Takbir Idul Fitri Takbiran utamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri utamaan Takbir Idul FitriLeave a Comment on Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri  Bagi Umat Islam

Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri  Bagi Umat Islam

Menjelang Idul Fitri, tentu banyak orang yang akan mengumandangkan takbir Idul Fitri. Lalu, apa saja keutamaan mengumandangkan takbir?

Yuk, simak ulasan lengkapnya pada artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Esensi Takbir Idul Fitri Bagi Umat Islam

Takbir Idul Fitri selalu berkumandang di mana-mana pada saat menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran tiba, tepatnya mulai dari malam sebelum hari raya yang sering disebut malam takbiran.

Bagi umat Islam melafalkan takbir pada saat malam takbiran hingga hari raya adalah wujud kegembiraan dan perasaan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan, juga karena menyambut kemenangan melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh.

 

Keutamaan Takbir Idul Fitri yang Jarang Disadari

Menggemakan takbir Idul Fitri memang sudah dibiasakan oleh umat Islam ketika menjelang hari raya Idul Fitri tiba, di jalan atau pun di masjid-masjid semuanya bertakbir.

Namun, tidak hanya itu saja bagi umat Islam takbir pada hari raya lebaran ini memiliki keutamaan tersendiri.

Tidak hanya sekedar mengucapkan dengan semangat dan lantang, tetapi juga ada esensinya dibalik kata-kata tersebut. Adapun keutamaan mengucapkan takbir pada saat lebaran adalah sebagai berikut.

 

#1 Mengucap Syukur

Hal pertama yang dirasakan pada saat gema takbir dikumandangkan pada saat Idul Fitri, yaitu adalah dengan mengucap syukur atas semua yang telah diberikan.

Nikmat iman, kehidupan, sehingga masih diberi kesempatan untuk ikut merayakan Idul Fitri sekali lagi.

Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri  Bagi Umat Islam 01 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 3 Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan #KETUPAT Eps 1]

 

#2 Berzikir

Takbir adalah lafal zikir, atau menyebut nama Allah dengan penuh semangat. Artinya, kita masih selalu mengingat Allah dan memuji-Nya kapanpun dan di manapun. Sehingga dengan bertakbir artinya kita juga sedang berzikir.

 

#3 Merayakan Kemenangan

Karena dikumandangkan pada saat hari raya Idul Fitri, maka semua umat Islam yang bertakbir memang ingin merayakan kemenangan Idul Fitri.

Setelah semua ibadah dan cobaan yang dilalui pada saat bulan ramadhan sudah bisa dilakukan dengan baik, maka keberhasilan itu membuat semuanya sangat bahagia. Sesuatu yang menuju kebaikan pastinya layak untuk dirayakan.

 

#4 Sunnah Rasul

Karena ini merupakan lafaz zikir, maka Ada juga pendapat yang mengatakan dengan melakukan takbir menjelang hari raya Idul Fitri, artinya sudah melaksanakan sunnah Rasul.

Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri  Bagi Umat Islam 02 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cerita Fabel Anak-anak yang Mengajarkan Bagaimana Menjalani Hidup]

 

#5 Menghidupkan Hari Raya

Pada saat merayakan hari penuh kemenangan Idul Fitri bersama keluarga, kita merasa sangat semangat dan bahagia. Oleh karena itu, dengan mengucapkan takbir maka kita juga sekaligus menghidupkan suasana hari raya tersebut.

Itu merupakan sesuatu yang sangat bermakna dan membahagiakan, kita bisa saling menghidupkan hari raya bersama semua keluarga dan umat Islam di seluruh dunia.

 

#6 Meleburkan Dosa

Pada saat merayakan hari raya lebaran dan kita merayakan kemenangan, artinya kita pun juga meleburkan semua dosa-dosa yang selama ini sudah kita perbuat.

Setelah itu, kita langsung memohon ampun. Suasana ini sangat mendukung untuk kita bisa meminta ampun sebanyak-banyaknya kepada Allah.

 

#7 Harapan dan Kembali Suci

Tidak hanya meleburkan dosa dan memohon ampunan-Nya, tetapi kita juga memiliki harapan baru dengan melakukan takbir sepanjang hari raya Idul Fitri.

Bahkan, dengan harapan baru tersebut kita pun akan kembali suci sehingga kita bisa membuka lembaran baru.

Apalagi, di saat tidak bisa bertemu sanak famili. Maka, momen bertakbir akan me-recall ingatan kita tentang lebaran di kampung halaman.

Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Fitri  Bagi Umat Islam 03 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : Kata Siapa FREELANCER Ga Bisa Beli Rumah ? Ini Dia Caranya !]

 

Indahnya Takbir Idul Fitri

Mengumandangkan takbir Idul Fitri terasa sangat indah sekali didengar, apalagi dilakukan dengan penuh rasa haru dan kebahagiaan.

Memang semangat dari ucapan takbir itu sangat cocok dilafalkan pada saat merayakan Idul Fitri dengan penuh kemenangan.

Dengan demikian, esensi dari takbir tersebut bisa dirasakan sampai ke hati. Itulah maknanya takbir bagi umat Islam, dengan beberapa keutamaan di atas maka semua umat Islam di dunia semakin memperkuat keimanannya.

Sungguh takbir memiliki makna yang sangat dalam.

 

Jadi, ramaikan Idul Fitri tahun ini dengan takbir, meski hanya dengan keluarga inti di rumah. Bagikan inspirasi di atas pada kerabat Anda untuk meningkatkan kemurnian hari nan fitri, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Arie Noer Rachmawati. 04 Juni 2019. 4 Keutamaan Takbir di Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Lafadz serta Waktu Tepat untuk Bertakbir. jatim.tribunnews.com – https://bit.ly/2Ti7QaC

 

Sumber Gambar:

  • Takbir 1 – https://bit.ly/2X9QUEz
  • Takbir 2 – https://bit.ly/2Zf5r4A
  • Takbir 3 – https://bit.ly/3g5sOUf

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top