Ini Perkiraan Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tahun 2020

Biaya Bersalin Biaya Operasi Caesar Biaya Persalinan Contoh Rincian Biaya Persalinan Perkiraan Biaya Operasi Caesar Persalinan Tujuan KeuanganLeave a Comment on Ini Perkiraan Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tahun 2020

Ini Perkiraan Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tahun 2020

Moms yang akan melahirkan secara caesar, yuk ketahui perkiraan biaya persalinan operasi caesar di Jakarta berikut ini!

Menyambut kehadiran si kecil pastinya seorang ibu ingin segala sesuatunya berjalan lancar termasuk dalam melewati proses persalinan.

Ada beberapa jenis persalinan yang sejatinya memerlukan biaya tidak sedikit, terlebih jika harus dilakukan tindakan operasi caesar.

 

Rubrik Finansialku

 

Persalinan Melalui Operasi Caesar

Menghadapi proses persalinan adalah momen yang mendebarkan sekaligus membahagiakan. Selain persiapan mental, kesiapan dari sisi finansial juga harus diperhatikan terlebih jika ada kemungkinan dilakukan operasi caesar.

Tindakan operasi caesar dilakukan bila persalinan secara normal tidak mungkin dilakukan karena case tertentu. Umumnya hal ini mempertimbangkan risiko keselamatan sang ibu dan buah hatinya.

Ini Perkiraan Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tahun 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Biaya Persalinan Ditanggung Perusahaan? Begini Jawabannya!]

 

Beberapa kasus yang mengharuskan persalinan dengan operasi caesar, di antaranya:

  • Bayi dalam keadaan gawat janin harus dilahirkan segera.
  • Plasenta berada di bagian dasar rahim atau menghalangi jalan lahir.
  • Ibu dengan masalah kesehatan seperti jantung atau tekanan darah tinggi.
  • Ibu dengan panggul sempit
  • Kelainan letak janin
  • Riwayat operasi Caesar sebelumnya.

 

Nantinya proses persalinan yang dilalui berbeda dengan persalinan normal, karena tindakan operasi caesar akan mengeluarkan bayi dengan melakukan insisi/pemotongan pada perut ibu.

Jangan khawatir moms, operasi caesar adalah prosedur yang cukup aman.

Walaupun ada kemungkinan infeksi pada luka operasi, pendarahan, penggumpalan darah, kerusakan jaringan di sekitar area operasi, janin sulit bernapas untuk sementara, atau luka pada bayi yang terjadi tanpa sengaja, tapi itu semua jarang terjadi.

 

Biaya Persalinan Operasi Caesar

Menghadapi proses persalinan memang diperlukan persiapan matang, termasuk dari sisi finansial.

Bahkan lebih baik jika semua ini dipersiapkan jauh-jauh hari, agar nantinya Moms lebih fokus pada proses persalinan untuk menyambut si buah hati.

Perkiraan biaya operasi caesar di Indonesia cukup bervariasi, bahkan sudah banyak rumah sakit yang menawarkan harga paket untuk tindakan ini.

Paket tersebut mencakup biaya operasi dan obat-obatan selama di ruang operasi, serta biaya kamar rawat inap ibu dan bayi untuk 3 hari dan 2 malam.

Melansir laman alodokter.com, kisaran biaya operasi caesar di Indonesia mulai dari Rp11.000.000 hingga lebih dari Rp 50.000.000, tergantung dari rumah sakit dan kelas ruang perawatan.

Ini Perkiraan Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tahun 2020 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Tengok Video Proses Persalinan dan Perhitungan Biaya Ibu Melahirkan]

 

Sementara berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 68 Tahun 2012 tentang tarif pelayanan pusat kesehatan masyarakat kecamatan, untuk kelahiran secara caesar di rumah sakit umum kelas D (Rumah sakit rujukan Puskesmas) Jakarta adalah sekitar Rp 3.500.000.

Namun disarankan agar Moms mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Sebagai gambaran, untuk Moms yang berdomisili di Jakarta berikut adalah referensi perkiraan biaya operasi caesar di beberapa rumah sakit:

 

#1 MRCCC Siloam Hospitals Semanggi

Harga operasi caesar di MRCCC Siloam Hopitals Semanggi berada di kisaran Rp 21.000.000 ‐ Rp 58.000.000. Harga tersebut sudah termasuk jasa dokter, kamar dan obat.

 

#2 Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Mayapada Hospital Jakarta Selatan mematok biaya paket operasi caesar di angka Rp 17.000.000 ‐ Rp 25.000.000.

Harga tersebut sudah termasuk tindakan dokter kebidanan dan kandungan, pemeriksaan laboratorium, ruang perawatan ibu dan bayi, tes pendengaran OAE, vaksin polio dan hepatitis B, konsultasi laktasi dan frame foto bayi.

 

#3 Siloam Hospitals TB Simatupang

Siloam Hospitals TB Simatupang memasang tarif operasi caesar di kisaran Rp 23.000.000 ‐ Rp 38.000.000.

Harga tersebut sudah termasuk jasa dokter kandungan, dokter anak, dokter gizi, dokter anestesi, ruang perawatan selama 4 hari, vaksin hepatitis, vaksin polio, obat-obatan selama perawatan, pijat bayi, skrining bayi baru lahir, edukasi menyusui dan foto bayi.

 

#4 Rumah Sakit Tebet

Harga operasi caesar di RS Tebet berada di kisaran Rp 15.960.000 ‐ Rp 25.621.000.

Fasilitas yang bisa Moms dapatkan mencakup persiapan operasi seperti konsultasi dokter spesialis, dokter spesialis lain, pemeriksaan penunjang diagnostik masuk dalam pemeriksaan poliklinik.

Ini Perkiraan Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tahun 2020 03 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Jenis Persalinan dan Biaya yang Harus Dikeluarkan]

 

#5 RS Muhammadiyah Taman Puring

RS Muhammadiyah Taman Puring mempunyai paket operasi caesar di harga Rp 15.000.000 ‐ Rp 28.000.000. Jumlah biaya ini hanya estimasi atas beban biaya jasa pelayanan kesehatan yang digunakan, tapi bukan nilai akhir yang harus dibayar.

Jasa pelayanan tersebut mencakup kamar perawatan ibu dan bayi selama 4 hari, jasa dokter, penyewaan kamar tindakan, obat-obatan dan pemeriksaan laboratorium standar, serta biaya administrasi 6,5%

 

#6 Siloam Hospitals Asri Mampang

Kisaran harga operasi caesar di Siloam Hospitals Asri Mampang adalah Rp 27.500.000 ‐ Rp 48.500.000. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap 4 hari 3 malam (tanpa penyulit).

Itulah referensi biaya operasi caesar di beberapa rumah sakit di Jakarta. Masing-masing rumah sakit memiliki tarif yang berbeda, tergantung pada jenis kelas yang dipilih serta fasilitasnya.

 

Siap Menghadapi Proses Persalinan

Moms jangan khawatir ya, semua perjuangan yang dilakukan selama masa kehamilan sampai nantinya proses persalinan akan tergantikan dengan kebahagiaan menyambut kehadiran buah hati.

Oh ya, jika memiliki fasilitas penjaminan yang bisa digunakan untuk membantu biaya persalinan, bisa Moms konsultasikan juga ke rumah sakit yang dipilih. Jadi, selain kesiapan mental, finansial juga perlu dipersiapkan secara matang, ya.

Untuk persiapan finansial, tetap rencanakan keuangan Anda agar sesuai dengan rumah sakit yang Anda pilih. Selain itu, persiapkan pula keuangan pasca kelahiran.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda merencanakan keuangan. Anda juga bisa mencatat keuangan dan melakukan konsultasi keuangan dengan perencana keuangan bersertifikasi.

Untuk mendapatkan aplikasinya, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

 

Moms juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan bisa tercapai sesuai rencana.

Ebook Mommy & Money: Panduan Cara Mengatur Keuangan IBU RUMAH TANGGA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mommy and Money

 

Apakah artikel ini bermanfaat? Jangan lupa bagikan kepada teman dan kerabat terdekat yang juga memerlukan informasi mengenai persalinan. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. Estimasi Biaya Operasi Caesar. Alodokter.com – https://bit.ly/32aRIfY

 

Sumber Gambar:

  • Operasi 1 – https://bit.ly/3c5aZTF
  • Operasi 2 – https://bit.ly/3mu15zu
  • Operasi 3 – https://bit.ly/3mt4tuA

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top