Hati-hati! ini 5 Dampak Buruk Jika Pakai Headphone Terlalu Lama

ayosemarang dampak memakai headphone headphone Lifestyle memakai headphone terlalu lama PartnershipLeave a Comment on Hati-hati! ini 5 Dampak Buruk Jika Pakai Headphone Terlalu Lama

Hati-hati! ini 5 Dampak Buruk Jika Pakai Headphone Terlalu Lama

Dokter menerapkan aturan 60-60 untuk menggunakan headphone yang aman, yakni 60% volume-nya untuk setiap 60 menit pemakaian headphone.

Ketahui informasi selengkapnya dalam artikel berikut. Selamat membaca.

 

Dampak Buruk dari Pemakaian Headphone Terlalu Lama

Memakai headphone tidak hanya untuk mendengarkan musik atau bermain game, ada pula pekerjaan yang menuntut pegawainya sering memakai headphone. Padahal, pemakaian yang terlalu lama juga tidak baik.

Jika terlalu lama menggunakannya, mungkin akan mengalami perasaan berputar atau pusing, mual dan gangguan tidur.

Dokter menerapkan aturan 60-60 untuk menggunakan headphone yang aman, yakni 60% volume-nya untuk setiap 60 menit pemakaian headphone.

 

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan harus memakai headphone berjam-jam atau terlalu lama, bisa mencari panduan ahli.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa hal yang bisa terjadi ketika terlalu sering pakai headphone:

 

#1 Sakit kepala

Orang yang sering pakai headphone akan mengalami sakit kepala karena tekanan yang seharusnya tidak terjadi secara alami. Sebab, pemakaian yang terlalu lama ini membuat kulit kepala dan telinga bagian dalam terkompresi dan pusing. Pemakaian yang terlalu lama juga bisa memperburuk migrain.

 

Headphone. Sumber: https://bit.ly/3gyTu0E

 

#2 Gangguan Pendengaran

Sebagian besar anak usia 30 tahun harusnya bisa mendengar suara seberat 17 kilohertz, yang artinya mereka bisa mendengar suara nyamuk mendekat. Tapi kenyataannya, semakin banyak orang muda yang tidak bisa mendengarkan suara pada level ini.

[Baca juga: Begini Cara Mengatur Keuangan Bagi Gamers Seperti Kamu!]

Sebenarnya, semua orang memiliki 15 ribu sel pendengaran saat lahir. Tapi, kehilangan satu sel saja tidak akan bisa dipulihkan. Ilmuwan telah mengaitkan masalah kehilangan sel ini dengan penggunaan headphone berlebihan.

 

#3 Penyumbatan Lilin di Telinga

Penumpukan kotoran telinga atau lilin juga bisa terjadi karena penggunaan headphone atau earphone terlalu lama. Karena, headphone akan menghambat kotoran keluar dari saluran telinga secara alami.

Akibatnya, telinga akan mengalami penyumbatan yang bisa menyebabkan infeksi telinga. Selain itu, juga bisa mendorong kotoran telinga lebih dalam ke liang telinga yang bisa menyebabkan sakit telinga dan pusing.

 

#4 Vertigo

Vertigo adalah sensasi berputar kehilangan keseimbangan atau ilusi gerakan yang tidak ada. Umumnya, kondisi ini disertai mual dan pusing. Kondisi ini terjadi akibat telinga tersumbat oleh earbud yang mengisolasi suara.

[Baca Juga: Cara Membuat QR Code Dengan Mudah, Hanya Butuh Smartphone ]

Faktor tambahan yang mungkin menyebabkan sensasi berputar adalah mendengarkan musik dengan volume tinggi. Saat memasukkan benda-benda kecil ini ke telinga, tubuh akan merangsang saraf telinga bagian dalam dan menciptakan tekanan yang tidak wajar di dalamnya.

 

#5 Masalah Kulit

Menurut para ahli medis, orang yang sering pakai headphone besar di atas telinga, terutama ketika olahraga dan berkeringat akan menciptakan lingkungan yang baik untuk bakteri berkembang biak.

Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan jerawat dan infeksi kulit. Selain itu, penggunaan headphone terlalu lama membuat minyak berlebihan dari dalam telinga mulai menumpuk dan menyebabkan jerawat.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Itulah fakta-fakta mengenai dampak buruk pemakaian headphone terlalu lama. Penting untuk tetap aware soal ini ya, Sobat Finansialku.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Ayosemarang.com, isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Ayosemarang.com

 

Editor: Julius Fallen

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/2U8NXGu

dilema besar

Leave a Reply

Back To Top