Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan

#karyawan Indikator Promosi Karir Naik Jabatan promosi Promosi Jabatan Promosi KaryawanLeave a Comment on Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan

Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan

Siapa sih yang tidak suka sama promosi dan kenaikan jabatan? Tapi…apa Anda sudah tahu bagaimana dimensi dan indikatornya?

 

Rubrik Finansialku

 

Promosi Jabatan Menurut Para Ahli!

Promosi jabatan menurut Hariandja (2002:157) adalah menaikkan jabatan seseorang ke jabatan lain yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar, gaji yang lebih besar, dan pada level organisasi yang lebih besar.

Namun ternyata ada beberapa jenis kenaikan pangkat atau promosi jabatan lho!

 

Jenis-jenis Promosi Jabatan

Beberapa ahli membagi promosi ke dalam jenis-jenis promosi jabatan, seperti:

 

#1 Promosi Sementara (Temporary Promotion)

Bentuk promosi yang dilaksanakan untuk jangka waktu sementara, biasanya digunakan apabila harus mengisi suatu jabatan kosong untuk sementara waktu karena pejabat yang bersangkutan sedang sakit, cuti, atau lainnya.

Untuk mengisi kekosongan tersebut maka salah seorang karyawan diangkat untuk sementara waktu untuk melaksanakan tugas-tugas jabatan yang bersangkutan.

 

#2 Promosi Tetap (Permanent Promotion)

Seorang karyawan dipromosikan dari suatu jabatan ke jabatan yang lebih tinggi karena karyawan tersebut telah memenuhi syarat untuk dipromosikan untuk seterusnya.

 

#3 Promosi Kecil (Small Scale Promotion)

Menaikkan jabatan seorang karyawan dari jabatan yang tidak sulit dipindahkan ke jabatan yang sulit yang memerlukan keterampilan tertentu, tetapi tidak disertai dengan peningkatan wewenang, tanggung jawab, dan gaji.

 

#4 Promosi Kering (Dry Promotion)

Seorang karyawan dinaikkan jabatannya ke jabatan yang lebih tinggi disertai dengan peningkatan pangkat, wewenang dan tanggung jawab tetapi tidak disertai dengan tambahan insentif atau upah.

Organisasi pada umumnya menggunakan dua kriteria dalam mempertimbangkan seseorang untuk mendapat promosi antara lain prestasi kerja dan senioritas.

 

Apa Saja Indikator Promosi Jabatan?

Setiap karyawan yang mendapatkan promosi kerja akan mendapat sebuah kebanggaan, memperoleh penghargaan atas kinerja dan dedikasi atas upaya yang dikerahkan selama ini.

Tak heran banyak karyawan berharap dapat bekerja di sebuah perusahaan yang terorganisasi dan memiliki jenjang karier yang jelas.

Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan 02

[Baca Juga: Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan]

 

Beberapa karyawan membutuhkan jenjang karir sebagai tantangan dan tanggung jawab baru untuk perkembangan dan pengalaman kerja mereka.

Tidak melulu mengenai gaji dan bonus. Promosi jabatan juga merupakan hal lain yang diidam-idamkan oleh banyak karyawan. Mari bersiap memenuhi indikatornya!

 

#1 Loyal Dan Berintegritas

Salah satu penghargaan yang pantas diterima oleh mereka yang loyal dan berintegritas adalah pemberian promosi jabatan. Karyawan yang memiliki karakter seperti ini, dapat dipastikan ia akan menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya dengan baik.

Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan 03

[Baca Juga: Karyawan Kontrak vs Karyawan Tetap, Ini 5 Perbedaan Dasarnya!]

 

Sekalipun pekerjaan atau tugasnya itu tergolong berat maka karyawan tersebut akan berusaha untuk menyelesaikannya dengan sabar dan teliti.

Dengan demikian, karyawan itu berhak mendapat promosi naik jabatan jika sudah teruji mampu menyelesaikan tugas pekerjaan dengan baik.

 

#2 Nilai Lebih Dari Karyawan Lain

Biasanya karyawan yang mempunyai nilai lebih akan menonjol di antara karyawan lain. Penilaian ini dapat dilakukan oleh HRD dengan data akurat, seperti menilai waktu kedatangan, kepulangan dan kehadiran.

Karyawan yang punya nilai lebih tidak menghitung jam kerja mereka, meskipun ada upah lembur yang memang dibayarkan sebagai jam lembur.

 

#3 Bisa Memberikan Solusi, Bukan Hanya Komplain

Semua karyawan pasti pernah komplain dalam bekerja, dari bagian operasional maupun manajemen pernah melakukannya.

Hanya saja karyawan yang baik adalah mereka yang bisa komplain tetapi juga berembuk mencari solusinya.

Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan 04

[Baca Juga: Pentingnya Kesejahteraan Karyawan Bagi Perusahaan]

 

Karyawan yang dapat memberi solusi adalah karyawan yang bertanggung jawab, sekaligus jadi punya nilai lebih untuk meraih promosi jabatan.

Biasanya karyawan tipe ini komplain hanya untuk kemajuan dan kebaikan perusahaan bukan untuk mencari-cari masalah dengan perusahaan.

 

#4 Kreatif Dan Inisiatif

Indikator yang bisa dipakai untuk naik promosi jabatan di posisi jabatan tertentu, bisa jadi syarat tingkat inisiatif dan kreatif. Dalam persaingan yang ketat di dunia kerja, kreativitas dan inisiatif yang tinggi akan sangat diperlukan.

Karyawan diharapkan mereka mampu menjadi produktif dan berbeda dengan yang lainnya. Banyak karyawan yang pandai dan hebat, tapi kadang cara bekerja dan hasil kerja mereka tidak sesuai dengan standar perusahaan.

 

#5 Profesional Dalam Bekerja

Karyawan yang bersikap profesional dan mendapat promosi jabatan ini dapat diandalkan di jenjang karir berikutnya yang lebih tinggi.

Disertai dengan sikap kooperatif atau mau bekerja sama dengan tim kerjanya, membuat sikap profesional ini sangat diperlukan bagi seseorang di level jabatan yang baru.

Salah satu contoh sikap profesional adalah mau bertanya kepada tim kerjanya meskipun menempati jabatan tinggi dan tetap rendah hati dalam bekerja.

Yuk Ketahui Apa Saja Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan 05

[Baca Juga: 5+ Tips Investasi Saham Untuk Karyawan yang Super Sakti]

 

#6 Mau Berbagi Ilmu

Seseorang dapat naik jabatannya apabila ia mau berbagi ilmu dan pengalaman dengan teman sejawatnya. Saat seorang karyawan naik jabatan, maka ia pun akan menjadi pimpinan bagi karyawan lainnya.

Ini membuat mereka bertanggung jawab membimbing rekan kerja pengganti dan mereka sebagai tim yang ada di bawahnya. Dengan  berbagi ilmu dan pengalaman kinerja perusahaan menjadi baik.

 

#7 Masa Kerja

Promosi jabatan, bisa diberikan pada seseorang dengan menilai masa kerja mereka. Adalah sebuah penghargaan tersendiri bagi karyawan yang sudah mengabdi lama boleh menerima promosi jabatan.

Mereka yang memiliki masa kerja yang cukup lama, merupakan karyawan yang sudah mengenal perusahaan dan relasi perusahaan tersebut.

Dengan demikian para karyawan senior tentu telah memahami betul seluk beluk prosedur dan standar harapan perusahaan terhadap kinerja dan hasil perusahaan.

 

Siap untuk Mendapatkan Promosi Jabatan?

Meraih dan mencapai jabatan terbaik dalam sebuah perusahaan adalah sebuah prestasi yang tidak semua orang mampu mendapatkannya.

Tetapi yang terlebih penting adalah kesiapan dan kesanggupan akan tugas dan tanggung jawab yang diemban setelah mendapatkan promosi tersebut. Entah itu bersifat sementara atau tetap, sebuah kepercayaan adalah nilai yang perlu dijaga dengan baik.

 

Sebagai karyawan, ada baiknya apabila Anda selalu merencanakan seluruh keuangan. Cukup dengan mengunduh aplikasi Finansialku, Anda bisa mewujudkan banyak impian di masa depan.

 

Penasaran apa saja sih hak yang bisa kamu dapatkan sebagai karyawan? Simak video ini ya!

 

Apabila ada pertanyaan terkait dengan promosi jabatan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. 

 

Sumber Referensi:

  •  Admin. 24 April 2018.  7 Indikator Penilaian dalam Promosi Jabatan. Linovhr.com – https://bit.ly/2JfWUVQ
  • Admin. 21 April 2018. Pengertian, Jenis-jenis, dan Indikator Promosi Jabatan. Bukuteori.com – https://bit.ly/2J9SO1g 

 

Sumber Gambar:

  • Promosi 01 – https://bit.ly/34ugZl1
  • Promosi 02 – https://bit.ly/2VuM8AO
  • Promosi 03 – https://go.aws/34udzPc
  • Promosi 04 – https://bit.ly/2V32C3N
  • Promosi 05 – https://bit.ly/2RxU5Ul

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top