Walah! Perusahaan China Ini Buat 83 Ton Emas Palsu

#FinansialkuNews China Emas emas palsu emas palsu china InvestasiLeave a Comment on Walah! Perusahaan China Ini Buat 83 Ton Emas Palsu

Walah! Perusahaan China Ini Buat 83 Ton Emas Palsu

Lagi-lagi di Hubei, sebuah perusahaan ditemukan lakukan kecurangan dengan membuat 83 ton emas palsu. Selengkapnya di Finansialku!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Emas Palsu China Tangkap Atensi Publik

China kembali menjadi pusat perhatian. Kali ini bukan soal perang dagang dengan AS atau data terbaru soal pandemi Covid-19, melainkan skandal pemalsuan emas besar-besaran.

Lokadata mewartakan di provinsi Hubei, China Tengah, ada skandal pemalsuan emas. Telah ditemukan skandal pemalsuan emas dengan lebih dari 4% cadangan emas resmi di Negeri Tirai Bambu itu kemungkinan palsu.

Wuhan Kingold Jewelry Inc. yang merupakan perusahaan pemroses emas swasta raksasa China dan sahamnya terdaftar di bursa saham Nasdaq, New York terungkap memalsukan 83 ton emas batangan yang digunakan sebagai agunan pinjaman senilai 16 miliar yuan atau setara Rp32,47 triliun (kurs 1 yuan = Rp2.029).

Seperti dikutip dari Lokadata dari Nikkei Asian Review, pemalsuan emas ini terjadi pada lebih dari 4,2 persen cadangan emas China 2019, atau sama dengan 22 persen produksi emas tahunan.

Skandal emas palsu ini terungkap pada Februari 2020 ketika Dongguan Trust Co Ltd melikuidasi agunan Kingold untuk menutupi utang yang gagal bayar.

Gaji 2 Juta Nabung Emas BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya! 02

[Baca Juga: Berkaca Pada Negeri China, Pulihkan Ekonomi Pasca Corona]

 

Pada akhir 2019 Kingold gagal membayar investor dalam beberapa produk investasi mereka.

Dongguan Trust lalu mendapati ternyata emas batangan yang menjadi jaminan sebenarnya adalah paduan tembaga yang dilapisi emas.

Kabar ini langsung mengirimkan pesan kejut bagi kreditor Kingold, China Minsheng Trust Co. Ltd., salah satu kreditor terbesar Kingold yang memperoleh perintah pengadilan untuk menguji jaminan sebelum utang Kingold jatuh tempo.

Pada 22 Mei 2020, hasil tes kembali mengatakan emas yang tersimpan dalam kas Minsheng Trust juga merupakan paduan tembaga.

Saat ini, pihak berwenang dan otoritas setempat sedang menyelidiki bagaimana ini terjadi.

Pimpinan utama Kingold, Jia Zhihong yang merupakan seorang mantan militer yang menjadi pemegang saham pengendali dengan tegas menyangkal bahwa ada yang salah dengan jaminan yang diberikan perusahaannya.

Dalam sebuah wawancara telepon dengan media China Caixin pada awal Juni 2020, Jia menyangkal bahwa emas yang dijanjikan oleh perusahaannya adalah palsu.

“Bagaimana mungkin itu palsu jika perusahaan asuransi setuju untuk menutupinya?” katanya dan menolak berkomentar lebih lanjut, sebagaimana dikutip dari Lokadata, Kamis (02/07).

Kasus ini menjadi penipuan pinjaman emas terbesar di China sejak 2016 di provinsi barat laut Shaanxi dan Hunan.

Ketika itu regulator menemukan emas batangan palsu di 19 simpanan pemberi pinjaman untuk mendukung jaminan kredit senilai 19 miliar yuan.

Dalam kasus tersebut, pemberi pinjaman yang ingin melelehkan jaminan emas menemukan pelat tungsten hitam di tengah-tengah jeruji.

 

Jangan Takut Investasi Emas

Mau investasi saham takut salah atau tertipu? Jangan khawatir! Finansialku menyediakan e-book gratis yang bisa kamu baca untuk lebih mengerti lagi tentang investasi emas.

Yuk download bukunya di sini!

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

Jika buku ini kurang cukup membantumu mengerti tentang investasi, jangan sungkan untuk berdiskusi dengan perencana keuangan Finansialku yang terjamin dengan sertifikat CFP-nya. 

Yuk curhat masalah investasimu bersama perencana keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan yang ada di aplikasi Finansialku!

Kamu hanya perlu download aplikasinya melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store dan upgrade akunmu ke Premium untuk terhubung dengan perencana keuangan di mana pun kapan pun.

Tidak percaya? Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang mengantongi izin dan diawasi oleh OJK serta bersertifikat ISO 27001 untuk keamanan dan kerahasiaan data pengguna.

Hmm.. Pasti upgrade-nya berbayar nih..

Iya dong..! Aplikasi tiada duanya di Indonesia ini tentu saja perlu komitmen kalian dalam menggunakannya. Namun tenang, meskipun Finansialku memiliki fitur Konsultasi Keuangan, biaya upgrade aplikasi ini super murah!

Hanya Rp 350 ribu untuk SATU TAHUN pemakaian, kamu bisa memiliki perencanaan keuangan pribadi seperti kamu menggunakan jasa perencana keuangan profesional!

Coba hitung. Ini sama saja dengan kamu menyisihkan kurang dari SERIBU rupiah untuk hasil yang luar biasa di masa depan.

Kamu bisa lebih mengerti keuangan, kamu bisa lebih mengelola keuangan, dan yang terpenting kamu jadi bisa mengumpulkan uang untuk masa depan!

Mau lebih murah lagi? Kamu bisa gunakan kode CUAN50 untuk dapat potongan Rp 50 ribu!

Ayo tunggu apa lagi? Segera download aplikasinya supaya keuangan kamu bisa sehat dan keuanganmu di masa depan bisa terjamin.

Ingat investasi, ingat Finansialku dong!

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Tahir Saleh. 02 Juli 2020. Heboh Skandal Emas Palsu China, Siapa Sebetulnya Kingold? Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2CUWnIM
  • Thea Fathanah Arbab. 02 Juli 2020. Skandal Emas China Ternyata Palsu, Kok Bisa? Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2ZwRY6D
  • Ayyi Achmad Hidayah. 02 Juli 2020. Skenario emas palsu Cina yang gemparkan dunia terungkap. :Lokadata.id – https://bit.ly/2YQDRK7

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top