Waduh! WHO Peringatkan Virus Corona Tidak Akan Pernah Hilang

#FinansialkuNews Corona covid-19 Kesehatan Lifestyle Virus Corona WHOLeave a Comment on Waduh! WHO Peringatkan Virus Corona Tidak Akan Pernah Hilang

Waduh! WHO Peringatkan Virus Corona Tidak Akan Pernah Hilang

Di antara setumpuk prediksi akhir virus corona, WHO terbitkan pernyataan bahwa virus ini tidak akan hilang dalam masyarakat.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

WHO Mengatakan: Virus Corona Tak Akan Pernah Hilang!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengeluarkan peringatannya di tengah para ahli dan akademisi sedang lakukan prediksi kapan virus corona atau Covid-19 akan berakhir.

WHO mengatakan bahwa virus corona atau Covid-19 tidak akan pernah hilang dan akan ada dalam waktu lama.

Bisa dikatakan, virus corona yang menyebabkan Covid-19 ini bakal menjadi endemik seperti HIV atau Hepatitis.

“Virus ini kemungkinan hanya menjadi endemi virus pada komunitas kita, dan virus ini kemungkinan tidak akan pernah hilang,” kata Direktur Kedaruratan WHO, Michael Ryan mengutip dari BBC Indonesia, Kamis (14/05).

Ketika beberapa negara sudah mewacanakan relaksasi pembatasan dan melonggarkan  lockdown, WHO mengatakan bahwa dunia perlu mempersiapkan diri dalam pertempuran jangka panjang.

“Saya pikir menjadi penting agar kita realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang,” katanya.

Selain itu juga, apabila kelak vaksin ditemukan, menurutnya, penerapan secara global akan membutuhkan ‘upaya besar-besaran’.

Dia mengatakan tanpa vaksin, kemungkinan perlu bertahun-tahun bagi manusia untuk membangun tingkat kekebalan yang cukup terhadap virus.

Dia mencontohkan penyakit campak, yang tidak kunjung punah walau terdapat vaksin untuk mencegah manusia tertular dari penyakit tersebut.

Corona Belum Usai Bagaimana Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Saat Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Puasa Sehat Saat Ramadan 2020 di Tengah Virus Corona]

 

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesu, menekankan bahwa masih mungkin untuk mengendalikan Covid-19 dengan upaya keras.

“Arahnya berada di tangan kita, dan ini adalah urusan semua orang. Kita semua harus berkontribusi untuk menghentikan pandemi ini,” ujarnya masih melansir dari laman yang sama.

Selain itu juga, Tedros, mengatakan tidak ada yang bisa menjamin bahwa pelonggaran lockdown tak akan memicu gelombang kedua virus corona. 

“Banyak negara ingin keluar dari langkah-langkah yang berbeda. Tapi rekomendasi kami tetap waspada di negara mana pun harus pada tingkat setinggi mungkin,” ucap Tedros. 

Senada dengan itu, Ahli epidemiologi WHO, Maria van Kerkhove, mewanti-wanti: “Kita perlu memiliki pola pikir bahwa perlu waktu untuk keluar dari pandemi ini.”

Mengingatkan kembali, Sobat Finansialku virus corona pertama kali muncul di Wuhan, China, pada akhir 2019 dan telah menginfeksi lebih dari 4,2 juta orang dan membunuh hampir 300.000 jiwa di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri kasus virus corona terkonfirmasi sebanyak 15.438 angka positif dengan kesembuhan 3.287 pasien dan meninggal 1.028 orang.

 

Perlu diingat, Sobat Finansialku, bahwa virus corona tak akan menyerang tubuh dengan imunitas yang kuat. Untuk itu, jaga pola makan dan kesehatan, ya, tetap lakukan himbauan psychal distancing juga!

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat beberapa platform sosial media di bawah ini, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Khadijah Nur Azizah. 14 Maret 2020. WHO Peringatkan Virus Corona Mungkin ‘Tak Akan Pernah Hilang’ Detik.com – https://bit.ly/3cHKDGR
  • Erandhi Hutomo Saputra. 14 Mei 2020. WHO: Virus Corona Mungkin Tidak Akan Pernah Hilang Kontan.co.id – https://bit.ly/2yM6VIN
  • Admin. 14 Mei 2020. Virus corona: ‘Kemungkinan Covid-19 tidak akan pernah hilang’, kata WHO Bbc.com – https://bbc.in/2LtChXf

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top