Waduh! Amerika Resesi, Jutaan Orang Kena PHK!

#FinansialkuNews Amerika Amerika Resesi AS Resesi Ekonomi ResesiLeave a Comment on Waduh! Amerika Resesi, Jutaan Orang Kena PHK!

Waduh! Amerika Resesi, Jutaan Orang Kena PHK!

Terkena dampak Covid-19 terbanyak, Amerika alami resesi, jutaan pekerja kena PHK. Bagaimana dengan ekonomi dunia?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Resesi Amerika Tak Bisa Terhindari Setelah

Negara digdaya seperti Amerika Serikat kini mengalami kasus COVID-19 terparah sedunia. Angka kematiannya pun tertinggi.

Virus Corona melumpuhkan perekonomian negeri Paman Sam itu berimbas pada PHK jutaan karyawan.

Sebuah survei menyebutkan Amerika Serikat (AS) sudah masuk dalam jurang resesi yang berlangsung selama semester I-2020. Survei tersebut dilakukan atas analisis 45 ekonom AS.

Mengutip dari detik.com (14/04) menurut analisis dari National Association for Business Economics (NABE), pandemi virus corona menyebabkan terjadinya resesi yang tajam di AS selama semester I-2020.

Empat puluh lima ekonom AS mengatakan resesi tajam tersebut sudah terjadi di Negeri Paman Sam.

Di sisi lain, survei NABE juga memprediksi pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal I-2020 hanya bertengger di angka 2,4%.

Hari ini_ Amerika Serikat Sudah Alami Semi Resesi 01

[Baca Juga: Ancaman Resesi 2020! Sebenarnya Apa Itu Resesi?]

 

Dan di kuartal II-2020, angka pertumbuhan ekonomi AS diprediksi menurun tajam hingga 26,5%.

Ini akan terkesan pahit, NABE juga memprediksi tingkat pengangguran AS bakal melonjak hingga 12% di pertengahan tahun 2020, dari angka tersebut, kemungkinan 4,58 juta warga AS kehilangan pekerjaannya pada kuartal II-2020.

Presiden NABE dan Kepala Ekonom KPMG, Constance Hunter, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (14/04), menyatakan;

“Konsensus adalah PDB riil (produk domestik bruto) menurun pada tingkat tahunan sebesar 2,4% pada kuartal pertama 2020, dan akan menyusut pada tingkat tahunan sebesar 26,5% pada kuartal kedua,”

 

Sobat Finansialku sudah ada yang tahu apa maksud dari resesi? Saya akan paparkan sedikit disini.

Resesi adalah masa ketika output perekonomian dan pendapatan riil masyarakat turun disertai meningkatnya tingkat pengangguran.

Masyita Crystallin, Staf Khusus Menteri Keuangan bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi menulis dalam opininya di katadata.co.id, biasanya dibutuhkan jeda waktu yang cukup signifikan untuk menentukan, apakah suatu periode sudah masuk ekspansi, akhir ekspansi, atau resesi.

Untuk diketahui, kemerosotan drastis kali ini bukan hanya datang dari lesunya keuangan, tetapi juga berkurangnya sisi permintaan seperti konsumsi, investasi dan perdagangan turun drastis.

 

Akali Keuanganmu, Segera.

Nah, Sobat Finansialku, baik disadari atau tidak, perekonomian yang melesu itu juga akan atau sudah terasa dampaknya bagi kita semua.

Tugas kita adalah mengatur keuangan agar tidak ikut tercebur dalam kubangan yang tak mengenakkan.

Salah satu caranya adalah dengan berkonsultasi mengenai pendapatan dan pengeluaran, atau pos-pos mana saja yang tepat untuk memulai investasi, agar keuangan lebih terukur dan tepat penggunaan.

Kalian bisa gunakan fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Apps Store.

Ada berbagai fitur menarik yang bisa kamu coba di Aplikasi Finansialku menyangkut keuangan, tentu saja.

Kabar gembiranya, selama pandemi berlangsung, Sobat Finansialku bisa mendapatkan Konsultasi Gratis selama 20 menit untuk mengamankan masa depanmu. Klik di sini untuk ikuti konsultasinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya agar kamu tak sekedar tahu dan bisa merasakan kegunaannya!

 

Sobat Finansialku bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Kamu bisa tuangkan pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Oh iya, sebarluaskan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia, ya.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Rehia Sebayang. 13 April 2020. AS Disebut 45 Ekonom Sudah Resesi karena COVID-19. Cnbc Indonesia – https://bit.ly/2Xzegp2
  • Masyita Crystallin. 03 April 2020. Ancaman Resesi Dunia dan Upaya Mengatasinya. Katadata.co.id – https://bit.ly/2XA8X8S
  • Lidya Julita Sembiring. 11 April 2020. Hasil Survei, Ekonomi AS Dikatakan Sudah Resmi Resesi? Cnn Indonesia – https://bit.ly/2V621yx
  • Vadhia Lidyana. 11 April 2020. AS Disebut Masuk ke Jurang Resesi Imbas Corona. Detik.com – https://bit.ly/34Ak82P

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top