Trik Jitu Supaya Program Kreativitas Mahasiswa Didanai DIKTI!

Lifestyle Lomba untuk Mahasiswa Mahasiswa PKM Program Kreativitas MahasiswaLeave a Comment on Trik Jitu Supaya Program Kreativitas Mahasiswa Didanai DIKTI!

Trik Jitu Supaya Program Kreativitas Mahasiswa Didanai DIKTI!

Ingin program kreativitas mahasiswa yang kamu ajukan diterima dan didanai oleh DIKTI? Ketahui tipsnya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Tips Program Kreativitas Mahasiswa Didanai oleh Dikti

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan salah satu program RISTEKDIKTI yang banyak diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Bagaimana tidak, program ini merupakan salah satu lomba karya ilmiah mahasiswa yang bergengsi di Tanah Air.

Terlebih lagi, setiap proposal mahasiswa yang diterima oleh DIKTI juga akan mendapat pendanaan yang nilainya dapat mencapai belasan juta rupiah!

Belum lagi, mahasiswa tersebut akan memperoleh kesempatan untuk bertanding pada acara Pekan Ilmiah Nasional.

Namun sebagaimana ajang bergengsi lainnya, proposal PKM juga pasti akan melalui seleksi yang ketat hingga akhirnya diterima oleh DIKTI, sehingga tidak sedikit juga proposal yang akhirnya gagal.

Nah… bagi kamu yang ingin agar Pogram Kreativitas Mahasiswa didanai oleh DIKTI, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

 

#1 Sebisa Mungkin Buatlah Penelitian yang Menawarkan Manfaat untuk Masyarakat

Pemberi dana tentu saja akan mengucurkan sejumlah uang apabila sebuah program dirasa mampu memberi manfaat yang baik.

Maka dari itu, aplikasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa yang dibuat oleh timmu juga merupakan hal yang terpenting untuk diperhatikan.

Pastikan juga bahwa tema yang diangkat oleh timmu benar-benar realistis dan bukan merupakan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan.

Apabila timmu mengusulkan sebuah penelitian yang termasuk baru, maka pastikan bahwa kalian memiliki rujukan yang jelas, sehingga tidak tampak hanya mengkhayal saja.

Trik Jitu Supaya Program Kreativitas Mahasiswa Didanai DIKTI, Pasti Lolos! 02 - Finansialku

[Baca Juga: KOMIK: Tips Hidup Sehat Mahasiswa Biar Kantong Ga Kosong!]

#2 Mengikuti Perkembangan Terbaru

Timmu juga harus memperhatikan kebaruan tema dari penelitian yang hendak kalian ajukan, agar penilai juga menjadi semakin lebih tertarik.

Tentu tema-tema terbaru akan lebih dipertimbangkan dari pada tema yang sudah lama atau bahkan sebelumnya sudah pernah diangkat oleh tim pendahulu.

 

#3 Pastikan Kamu Memilih Bidang PKM yang Tepat

Setidaknya terdapat lima jenis Program Kreativitas Mahasiswa yang bisa diikuti oleh timmu, yakni program penelitian, karsa cipta, penerapan teknologi, pengabdian masyarakat, dan juga bidang kawirausahaan.

Mengenal dengan baik setiap bidang merupakan hal dasar yang perlu kamu perhatikan.

Sebab hal ini akan mencegah timmu melakukan kesalahan dalam pembuatan proposal, sehingga kamu tidak mengajukan proposal bidang yang satu ke bidang yang lainnya, atau dalam arti salah bidang.

 

#4 Pastikan Tim Anda Berkompetensi dalam Bidang Penelitian Tersebut

Adalah sesuatu yang baik jika kamu dan tim mampu mencanangkan ide yang brilliant, baik itu hasil modifikasi ataupun merupakan sesuatu yang baru.

Namun sehebat apapun ide yang kalian miliki, akan menjadi sia-sia apabila anggota tim yang kamu buat tidak memiliki kompetensi pada bidang tersebut.

Misalnya saja, kamu mencanangkan ide mengenai sesuatu yang berkaitan dengan mesin, sedangkan timmu semuanya diisi oleh mahasiswa dari jurusan pertanian, maka akan aneh bukan?

Untuk itu, pastikan bahwa kamu merekrut atau memiliki anggota tim yang berkompeten pada bidang yang ingin kamu kerjakan.

 

Kepo dengan trik selanjutnya? Simak dulu yuk video dari Finansialku, khusus untuk mahasiswa seperti kamu!

 

#5 Jangan Mengabaikan Judul

Ketika bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, salah satu hal yang membuat terkesan tentulah penampilannya. Nah… hal ini juga berlaku untuk pembuatan judul dari proposal yang akan kamu ajukan.

Yupss… memang betul ungkapan yang mengatakan “jangan menilai isi dari sampulnya”, namun apabila judul proposal kamu saja sudah membosankan, maka ini sudah mengurangi nilai kamu.

 

#6 Milikilah Buku Pedoman PKM

Memiliki buku pedoman untuk PKM juga merupakan hal yang penting sekali dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa.

Hal ini agar kamu bisa selalu memantau apakah proposal yang dibuat oleh timmu sudah sesuai dengan standar yang ditentukan dalam pedoman tersebut.

 

#7 Belajar dari PKM yang Terdahulu

Tim kamu juga sebaiknya mengambil pelajaran dengan tim-tim yang pada tahun sebelumnya mengikuti program ini, baik yang gagal ataupun dari yang berhasil mendapat pembiayaan dari DIKTI.

Hal ini akan menambah banyak referensi bagi project yang kalian kerjakan. Kalian juga bisa melakukan perbandingan diantara proposal sebelumnya dan mempelajari keunggulan yang membuat mereka diterima oleh DIKTI.

Trik Jitu Supaya Program Kreativitas Mahasiswa Didanai DIKTI, Pasti Lolos! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mudah Melunasi Utang Ala Mahasiswa]

 

#7 Berkolaborasi dengan Disiplin Ilmu Lain

Untuk membuat sebuah riset yang nantinya diharapkan akan berguna bagi masyarakat, maka kamu juga perlu memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih terbuka.

Untuk itu, apabila kamu adalah seorang mahasiswa dari sebuah jurusan, maka ada baiknya jika kamu berkolaborasi dengan mahasiswa dengan jurusan yang berbeda denganmu.

Dengan demikian kalian bisa saling melengkapi dan saling berbagi pengetahuan yang akan bermanfaat untuk penelitian tersebut.

 

Jangan Gampang Menyerah

Ketatnya seleksi yang dilakukan oleh DIKTI, membuat banyak tim yang gagal menerima pendanaan. Namun, hal ini tidak boleh menjadi alasan bagi kamu dan tim untuk menyerah.

Dengan tekad yang kuat dan usaha yang terus-menerus, kamu harus yakin bahwa timmu mampu memperoleh hasil yang memuaskan. Intinya, JANGAN GAMPANG MENYERAH!

 

Kamu belum tahu apakah keuangan kamu sebagai mahasiswa sehat atau tidak? Mau tau caranya? Gampang banget! Unduh saja dulu aplikasi Finansialku.

 

Nah… demikianlah tips yang bisa kamu ikuti agar PKM didanai oleh DIKTI.

Apakah kamu juga memiliki masukan lainnya? Kamu bisa meninggalkannya di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 08 Agustus 2019. Tips Agar PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Lolos Didanai DIKTI. Kompasiana.com – https://bit.ly/2Re42q2
  • Admin. 26 Mei 2017. 10 Tips Lolos PKM dan Agar PKM Kamu Didanai. Englishforall.id – https://bit.ly/3dSEnwV

 

Sumber Gambar:

  • PKM 01 – https://bit.ly/2W7w2xe
  • PKM 02 – https://bit.ly/2Y8TgFQ
  • PKM 03 – https://bit.ly/3d1DalH

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top