Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

Staycation Hotel Tips Staycation Tips Staycation Aman Tips Staycation di Hotel Tips Staycation di Tengah Pandemi Tips Staycation Nyaman Tips Staycation Saat Pandemi Tips Wisata Traveling TravellingLeave a Comment on Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman

Ketahui tips staycation di era New Normal  berikut ini agar tetap aman dan nyaman walaupun di tengah pandemi.

Belakangan ini, tren staycation meningkat. Tapi, amankah staycation di tengah pandemi seperti sekarang? Ikuti tipsnya supaya tetap aman dan nyaman dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Apa Itu Staycation?

Istilah staycation berasal dari kata Bahasa Inggris ‘stay’ yang berarti tetap, tinggal, atau menginap dan ‘vacation’ yang berarti liburan. Jika digabungkan, kedua kata ini menjadi populer dengan sebutan staycation.

Staycation adalah liburan dengan tinggal, menetap, atau menginap di suatu tempat. Menurut Cambridge Dictionary, staycation didefinisikan sebagai liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.

Biasanya, staycation bisa dilakukan di hotel atau villa. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru dengan tetap aman dan nyaman di tengah pandemi.

Misalnya, berenang di jacuzzi atau kolam renang, maraton film, memesan makanan dari luar, bermain board games, dsb.

Bepergian selama masa pandemi memang berisiko. Oleh sebab itu, staycation menjadi pilihan tepat.

 

Kenapa Staycation Jadi Tren di Tengah Pandemi?

Pandemi mengubah tatanan dunia, termasuk cara orang berlibur. Belakangan ini, tren staycation menjadi digandrungi masyarakat.

Saat ini memang sebagian besar orang masih waspada untuk bepergian karena risiko COVID-19. Akan tetapi, staycation bisa dibilang merupakan liburan yang paling aman untuk dilakukan di masa pandemi.

Berbeda dengan liburan pada umumnya, staycation tentunya lebih aman. Pasalnya, bisa meminimalkan kontak fisik.

Selain itu, saat ini banyak hotel atau resort yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, pihak hotel atau resort wajib mengganti sprei dan membersihkan secara rutin pegangan pintu, saklar lampu, tombol siram toilet, dsb. Bagaimana tidak?

Di era New Normal, masyarakat wajib mengikuti aturan kebiasaan baru dengan protokol kesehatan.

10+ Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Konsep Staycation yang Digemari Oleh Milenial Saat Liburan]

 

Tips Staycation Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi

Namun, apakah tinggal di hotel atau villa itu aman? Penularan bisa terjadi karena orang sebelumnya yang menyewa tempat yang sama, kan?

Nah, daripada khawatir tidak jelas sampai stres, mending ikuti tips staycation berikut ini supaya tetap aman dan nyaman.

 

#1 Pastikan Kondisimu Sehat

Tips staycation pertama, pastikan kondisi tubuhmu sehat. Jika berencana staycation dengan teman atau keluarga, kamu juga perlu memastikan bahwa mereka sehat. 

Jika kamu merasa tidak enak badan atau kurang sehat, sebaiknya staycation ditunda terlebih dahulu. Apalagi, jika menunjukkan gejala yang mirip COVID-19, seperti batuk, demam, sesak napas, dan lainnya.

 

#2 Pilih Hotel yang Menerapkan Standar Kebersihan Tinggi

Kamu harus pintar-pintar dalam memilih hotel. Bukan soal murah atau mahalnya. Tapi dari segi standar kebersihannya.

Pilihlah hotel yang telah menerapkan standar kebersihan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh WHO dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

Untuk mengetahui apa hotel yang kamu akan pilih menerapkan standar kebersihan atau tidak, kamu bisa membaca berbagai ulasannya.

Ulasan tentang kebersihan ini biasa ditulis oleh tamu-tamu hotel yang pernah menginap di hotel tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seberapa bersih kamar yang akan kamu tempati dan seluruh area hotel.

10+ Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Intip Yuk 10 Penginapan Ciwidey yang Biasa Kasih Diskon Gede!]

 

#3 Hindari Kontak Fisik Saat Check In

Tips staycation berikutnya, sebaiknya kamu menghindari kontak fisik saat melakukan proses check in. Kamu bisa melakukan proses check in secara online.

Beberapa hotel pun sudah memiliki layanan self check in. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

 

#4 Pilih Room Service untuk Makanan

Biasanya, hotel akan menyajikan makanan dalam bentuk buffet saat sarapan. Tamu hotel akan menikmati sarapan di restoran hotel tersebut pada jam yang telah ditentukan.

Namun, saat pandemi seperti sekarang sebaiknya dihindari dulu. Kamu bisa memilih untuk menggunakan room service saat memesan makanan.

Dengan begitu, kontak fisik dapat diminimalkan. Makanan akan diantar ke dalam kamar. Menyantap makanan di kamar dinilai lebih aman dibandingkan di restoran hotel.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#5 Hindari Kerumunan

Tips staycation berikutnya, sebaiknya kamu menghindari kerumunan atau tempat-tempat ramai. Walaupun di hotel, kamu tetap harus menghindari area hotel yang ramai.

Ada beberapa area publik di hotel, seperti restoran, pusat kebugaran, kolam renang, spa, sauna, dsb. Biasanya banyak tamu yang mencari fasilitas tersebut saat menginap di hotel.

Selain itu, lift pun harus diwaspadai. Hindarilah menggunakan lift yang penuh. Lebih baik menunggu sebentar atau menggunakan tangga darurat jika memungkinkan.

Semakin lama kamu berada di ruangan yang dipenuhi banyak orang, maka semakin besar juga resiko tertular penyakit. Kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan orang lain, kan?

 

#6 Request Kamar yang Telah Kosong Selama Minimal 3 Hari

Kamu bisa meminta kepada pihak hotel untuk mendapatkan kamar yang telah dikosongkan selama minimal tiga hari. Dengan begitu, kemungkinan tertular virus yang menempel pada permukaan benda yang ada di kamar bisa diminimalkan.

Namun, biasanya hotel yang memiliki standar kebersihan tinggi sudah membersihkan kamar sesuai standar protokol kesehatan.

 

#7 Pilih Kamar dengan Balkon

Ruangan dengan sirkulasi udara tertutup akan meningkatkan risiko tertularnya COVID-19. Apalagi, jika kamar tersebut diisi lebih dari lima orang.

Maka, pilihlah kamar dengan balkon atau jendela yang bisa dibuka. Ini akan memberikan sirkulasi udara yang bagus.

10+ Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Liburan Murah dan Menyenangkan Ala Finansialku]

 

#8 Membawa Peralatan Kebersihan

Petugas kebersihan hotel pasti sudah membersihkan kamar hotel dengan aturan yang berlaku. Apalagi, hotel tersebut menerapkan standar kebersihan yang tinggi.

Namun, kamu tetap harus berjaga-jaga. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa peralatan kebersihan sendiri. tetap menjaga kebersihan kamar yang kamu dengan membawa peralatan kebersihan kamu sendiri.

Misalnya saja, cairan disinfektan dalam botol semprot kecil untuk membersihakn permukaan yang sering disentuh seperti remote AC, remote televisi, kran, gagang pintu, saklar lampu, dsb.

 

Patuhi Protokol Kesehatan Selama Staycation

Supaya staycation aman dan nyaman, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Gunakanlah masker, menjaga jarak, dan cuci tangan selama minimal 20 detik. Protokol kesehatan wajib dilakukan supaya kita aman, bukan untuk membuat ribet.

Nah, untuk kamu yang berencana staycation, jangan lupa rencanakan dengan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini memiliki fitur Dana Liburan.

Fitur ini berfungsi untuk menghitung dana yang harus diinvestasikan untuk menyiapkan biaya staycation-mu. Panasaran? Yuk, segera unduh aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Appstore atau dengan klik tautan berikut ini.

 

Itu dia tips staycation saat pandemi. Apa ada di antara kamu yang mulai berpikir untuk melakukan staycation? Jangan lupa terapkan tips di atas ya supaya tetap aman dan nyaman.

 

 

Sumber Referensi:

  • Prita.23 Juli 2020. 10 Tips Staycation Selama Pandemi Agar Tetap Nyaman, Sehat Dan Menyenangkan. Gotravelly.com – https://bit.ly/2TTasfg
  • Inkana Putri. 8 Juli 2020. Ini Dia Alasan Staycation Bisa Jadi Tren Liburan Saat New Normal. Travel.detik.com – https://bit.ly/3jXFZal
  • Silvita Agmasari. 25 Juli 2017. Apa Itu Konsep Liburan “Staycation”? Kompas.com – https://bit.ly/2I5MdHU
  • Nabilla Ramadhian. 27 Juli 2020. Apa Itu Staycation? Liburan yang Diprediksi Jadi Tren Selama Pandemi. Kompas.com – https://bit.ly/34X8IYs

 

Sumber Gambar:

  • Staycation 1 – https://bit.ly/3jWZUGg
  • Staycation 2 – https://bit.ly/3emPbUo
  • Staycation 3 – https://bit.ly/3epIO2I

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top