Tips Mengelola Keuangan Saat Tidak Dapat THR Dengan Bijak

#FinansialkuPlanner Corona covid-19 Keuangan Mengelola Keuangan Ramadan Pendapatan Ramadan THR tidak dapat thr Tips Mengelola KeuanganLeave a Comment on Tips Mengelola Keuangan Saat Tidak Dapat THR Dengan Bijak

Tips Mengelola Keuangan Saat Tidak Dapat THR Dengan Bijak

Apa perusahaanmu terkena dampak Covid-19 sehingga kamu tidak dapat THR? Lantas bagaimana tips mengelola keuangan saat minim pemasukan?

Cari tahu caranya di artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Tunjangan Hari Raya

Tunjangan hari raya atau sering kita sebut dengan THR ini menjadi hal yang ditungu-tunggu oleh kita. Mengapa tidak? Saat THR turun, kamu bisa menikmati gaji kamu per bulan naik hingga 100%.

Karena sudah mengetahui bahwa kamu akan menerima THR, biasanya banyak sekali orang yang sudah merencanakan akan dipakai apa saja uang THR nya ini.

Sayangnya, kebanyakan orang menggunakannya untuk kebutuhan yang konsumtif.

Banyak yang menggunakan THR ini untuk membeli gadget baru dengan alasan mumpung lebaran dan banyak diskon, kenapa tidak mengganti gadget baru?

Padahal gadget yang dimiliki saat ini pun masih dalam kondisi yang bagus.

THR Dorong 3 Sektor Usaha, Penjualan Ritel Tumbuh 18 Persen 02 Finansialku

[Baca Juga: Save Money! Ini Segudang Manfaat Thrift Shopping, Gak Nyesel!]

 

Banyak juga yang menggunakan uang THR nya untuk membeli barang yang selama ini kita inginkan dan tentunya barang ini bukan sesuatu yang kita butuhkan, tetapi sesuatu yang kita inginkan.

Seringkali, penyesalan saat menggunakan uang THR ini datangnya terlambat. Maklum, kalau datangnya di awal, namanya pendaftaran bukan penyesalan.

Saat mendekati lebaran atau katakanlah akhir bulan, baru sadar bahwa kok uang di rekening tiba-tiba habis begitu saja?

Kamu tidak memiliki pegangan apapun, meskipun kamu mendapatkan uang yang cukup besar saat THR. Semenjak ada COVID-19 ini, banyak juga karyawan atau pekerja yang terkenda dampaknya.

Mulai dari pendapatannya yang dipotong bahkan sampai pendapatannya hilang. Dari yang awalnya sudah beranda-andai ingin menikmati THR, tetapi harus tertunda karena adanya COVID-19.

Siapa yang sangka datangnya COVID-19 ini bisa menyebabkan kamu kehilangan atau bahkan THR kamu ditunda. Sedangkan, rencana untuk menghabiskan THR kamu, sudah kamu rancang dari setahun yang lalu.

Lalu, bagaimana caranya supaya kamu keuangan kamu tetap aman meskipun di tahun ini THR kamu terganggu?

Sebelum kamu simak tipsnya, kamu bisa download aplikasi Finansialku terlebih dahulu. Supaya kamu bisa dibantu dalam pengaturan keuangan kamu selama bulan Ramadan ini.

 

Tips Mengelola Keuangan Selama Ramadan Saat Kamu Tidak Dapat THR

Ketika kamu mendapatkan THR, tentu pengaturan keuangan kamu mungkin tidak akan sebingung ketika kamu tidak mendapatkan THR. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, Tuhan tidak akan menguji umatnya di luar batas kemampuannya.

Saya akan membantu kamu untuk pengaturan keuangan ketika kamu tidak mendapatkan THR. Yuk simak tips mengelola keuangan di bulan Ramadan, ketika kamu tidak mendapatkan THR di bawah ini.

 

#1 Mari Review Keuangan Kamu

Ketika kamu dihadapkan dengan kejadian ini membuat kamu kebingungan apa yang harus kamu lakukan pertama kali. Mungkin kamu sudah memiliki rencana akan menggunakan uang THR kamu untuk apa saja.

Mungkin kamu juga sudah memiliki janji-janji yang harus kamu tepati ketika kamu mendapatkan THR. Namun, semua rencana yang kamu miliki hanyalah rencana, yang menentukan hanyalah Tuhan.

Dengan keadaan seperti itu, kamu harus tenang terlebih dahulu, karena kamu pasti bisa melewati masa-masa ini. Terkait dengan keuangan kamu, kamu bisa mencoba untuk me-review keuangan kamu.

Kapan terakhir kali kamu me-review keuangan kamu? Atau bahkan kamu tidak pernah me-review keuangan kamu sama sekali? Jika kamu belum pernah me-review, kamu perlu menyiapkan hal berikut:

  1. Kertas
  2. Pulpen
  3. Bon pengeluaran kamu di bulan kemarin dan bulan ini
  4. Smartphone atau kalkulator
  5. Cek juga bon tagihan bulan kemarin dan bulan ini

 

Sekarang tugas kamu adalah menulis pengeluaran yang kamu lakukan dari bulan kemarin dan juga saat bulan ini dimulai. Tulis yang lengkap berikut tanggal dan juga pengeluaran apa saja yang kamu lakukan.

 

#2 Ramalkan Pengeluaran Kamu Selama Beberapa Bulan Ke Depan

Ketika kamu sudah membuat daftar pengeluaran kamu, dari sebelum bulan Ramadan dan sesudah bulan Ramadan. Ini memudahkan kamu untuk melakukan peramalan terhadap pengeluaran kamu selama beberapa bulan ke depan.

Setelah bulan Ramadan, maka pengeluaran kamu akan mengikuti pengeluaran kamu di bulan kemarin. Saat pengeluaran bulan Ramadan, kamu bisa mengikuti pattern pengeluaran di 2 minggu terakhir.

Infografis-Hak-THR-Pekerja-1

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga, Lakukan Kiat Ampuh Mengelola Keuangan Idul Fitri]

 

Misalkan selama bulan kemarin pengeluaran kamu di Rp 3.000.000, maka kamu harus mengamankan minimal Rp 9 juta untuk bisa hidup selama 3 bulan setelah Ramadan.

Dan ketika 2 minggu selama bulan Ramadan, pengeluaran kamu mencapai Rp 1 juta, maka kamu harus mengamankan Rp 10 juta (Rp 9 juta + Rp 1 juta) untuk biaya hidup kamu hingga minimal 3 bulan ke depan.

 

#3 Cek Aset Kamu

Sesudah kamu menghitung pengeluaran, next adalah cek aset-aset yang selama ini kamu miliki. Apakah kamu sudah punya dana darurat sebelumnya? apakah kamu sudah mulai memiliki investasi?

Apakah kamu memiliki aset konsumsi, seperti motor, mobil, rumah dan aset konsumsi lainnya? cek juga aset yang tidak lancar yang mungkin kamu miliki, seperti BPJS Ketenagakaerjaan, saldo DPLK dan aset tidak lancar lainnya.

Jumlahkanlah semua aset yang kamu miliki, jangan lupa juga kalau uang kamu di rekening termasuk aset juga ya.

Ketika sudah kamu jumlahkan, dari aset yang mudah dicairkan, kamu bisa menentukan berapa lama kamu bisa bertahan hidup jika bergantung dari aset tersebut?

Semisal, kamu ingin plot bisa hidup dari aset kamu selama 6 bulan, maka kamu harus mengalikan Rp 3 juta dengan 6, menjadi 18 juta. Jika aset kamu tidak mencapai 18 juta, maka kamu perlu menambah aset kamu.

 

#4 Mulailah Mengalokasikan Pendapatan Untuk Dana Darurat

Setelah mengetahui berapa dana yang kamu butuhkan untuk ada di aset dan pengeluaran bulananmu, kamu juga bisa mulai sekarang mengalokasikan pendapatan untuk dana darurat.

Jika dari pengeluaran bulanan kamu memiliki sisa atau bisa mengalokasikan dana untuk ditabungkan, maka langsung alokasikan untuk dana darurat kamu. Yuk mulai amankan keuangan kamu dengan dana darurat.

 

#5 Sudah Saatnya Kamu Cek Kesehatan Keuangan Kamu

Mungkin kamu belum sadar bahwa dengan cek kesehatan keuangan bisa mempermudah kamu untuk mengambil keputusan keuangan. Kamu juga bisa tahu akar permasalahan dari keuangan kamu saat ini.

Jangan sampai kamu tidak mengetahui apa akar permasalahan keuangan kamu dan malah bertindak tanpa memahami apa yang keuangan kamu butuhkan.

Kamu bisa cek kesehatan keuangan kamu dnegan menggunakan aplikasi Finansialku. Kamu tinggal mencari menu Financial Check Up seperti gambar di bawah ini.

Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu, kamu akan diarahakn ke pengisian form, lalu mengisi data per bulan yang sudah kamu tulis sebelumnya. Setelah itu, kamu akan diberikan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

Hasil Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

 

Enaknya dari aplikasi ini, kamu bisa lho tanya langsung hasil cek kesehatan keuangan kamu dengan perencana keuangan di Finansialku.

Kamu bisa langsung tanya hasil ke perencana keuangan di melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Setelah itu, perencana keuangan akan menganalisis keuangan kamu, apa yang harus kamu lakukan pertama kali. Karena, tidak semua orang memiliki masalah yang sama. Ayo, tunggu apa lagi?

 

Atur Keuanganmu Tanpa Resah, Meskipun Tidak Dapat THR

Meskipun kamu tidak mendapatkan THR, kamu tidak perlu khawatir, karena banyak sekali orang di luar sana yang tidak mendapatkan THR.

Kamu hanya perlu mengikuti tips mengelola keuangan saat tidak dapat THR di atas; menganalisa kebutuhan kamu, juga perlu memahami bagaimana kondisi keuanganmu.

Kamu juga tidak perlu resah, karena keuangan kamu masih bisa kamu perbaiki. Kalau kamu masih ingin bertanya soal keuangan, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan lho.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store.
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara pengaturan keuangan di bulan Ramadan ketika tidak mendapatkan THR.

Bagikan informasi ini kepada temen atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang bagaimana cara pengaturan keuangan di bulan Ramadhan Ketika tidak mendapatkan THR. Semoga bermanfaat!

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top