Tips Keuangan dan Investasi Ala Ayyi Hidayah

Bisnis Founder and Money Investasi Kisah Sukses perencanaan keuangan Tips Investasi Tips KeuanganLeave a Comment on Tips Keuangan dan Investasi Ala Ayyi Hidayah

Tips Keuangan dan Investasi Ala Ayyi Hidayah

Kali ini Finansialku akan membagikan tips keuangan dan investasi ala Ayyi Hidayah, yang pastinya akan sangat berguna bagi sobat Finansialku.

Yukk… simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Mengenal Ayyi Hidayah

Ayyi Hidayah adalah seorang Economic Editor and Personal Finance Personal Advisor Money Smart.id.

Perjalanan karirnya dimulai di media, yakni menjadi seorang reporter pada tahun 2007 di Harian Kontan, selain di media tersebut Ayyi Hidayah juga pernah beberapa kali pindah ke media lain, seperti di Okezone, Koran Jakarta, Berita Satu, hingga akhirnya bekerja juga di Mandiri Sekuritas.

Sekilas info, Mandiri Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas dan broker lokal terbaik di Indonesia untuk korporasi, institusi maupun individu.

Bergabungnya Ayyi Hidayah pada perusahaan ini tidak terlepas dari kegiatan yang sering ia lakukan saat di media, yakni meliput tentang ekonomi khususnya pasar modal.

5+ Tips Investasi Saham Untuk Karyawan yang Super Sakti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Modal Minim: Pilihan Investasi 10 Ribu yang Pas Buat Mahasiswa]

 

Saat itu Mandiri Sekuritas mengajak Ayyi Hidayah untuk bergabung dengan tujuan untuk mengembangkan retail investor di pasar modal yang ada di Mandiri Sekuritas. Setelah beberapa lama bergabung bersama Mandiri Sekuritas, Ayyi Hidayah kemudian bergabung dengan Money Smart hingga saat ini.

Meskipun bergerak pada bidang sekuritas, namun Ayyi Hidayah mengakui bahwa dirinya lebih banyak menghabiskan waktu di media, khususnya di kolom ekonomi, yakni pasar modal.

 

Tips Keuangan dan Investasi dari Ayyi Hidayah

Sebagai seorang Economic Editor and Personal Finance Personal Advisor Money Smart.id, ada banyak tips yang dibagikan oleh Ayyi Hidayah mengenai mengatur keuangan dan investasi. Nah… berikut ini beberapa tips yang bisa kita tiru!

 

#1 Ketahui Apa yang Hendak Anda Lakukan

Ayyi Hidayah sering mengemukakan bahwa sebelum melakukan sesuatu, maka ketahui terlebih dahulu apa yang hendak Anda lakukan tersebut, terlebih lagi untuk mengakses produk keuangan. Ketahui apa impact dan risikonya untuk kita.

Artinya, kita tidak boleh asal melangkah atau melakukan sesuatu.

 

#2 Tips Investasi

Politik biasanya juga membawa pengaruh pada dunia ekonomi, khususnya investasi, misalnya saat terjadi pemilu. Nah… pada masa seperti ini, biasanya orang yang melakukan investasi pada masa pemilu akan cenderung menunggu kejelasan tentang tren kedepannya.

Yang mana apabila ia melihat bahwa pasarnya bagus, maka biasanya ia akan masuk atau berinvestasi. Sedangkan apabila ia belum mendapat kepastian tentang kondisi ekonomi, maka mereka cenderung akan menunggu khususnya mereka para pemodal dalam jumlah besar.

Bahaya Investasi Forex yang Perlu Kamu Waspadai 04 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah-Langkah Memulai Investasi Saham Yang Perlu Dipersiapkan Investor Pemula]

 

Namun menurut Ayyi, investasi seharusnya tidak boleh berhenti dan terus berjalan, sebab peluang tetap ada.

Jadi saat hendak melakukan investasi, maka masuklah pada produk yang relative aman. Seperti pada investasi yang berinstrumen agresif semacam saham, maka masuklah pada saham yang besar atau pada perusahaan BUMN dengan prospek kedepan yang baik.

Nah… bagi pemula, Ayyi memberi tips untuk mencoba perusahaan yang memiliki perkembangan konsisten walaupun tidak paling besar, yaitu pada perusahaan konstruksi dan perbankan. Sebab ke-2 perusahaan ini pasti akan selalu berjalan atau beroperasi, khususnya Indonesia yang masih membutuhkan begitu banyak infrastruktur.

Selain itu, salah satu bidang yang perlu dilirik juga yakni di bidang consumer. Hal ini karena Indonesia merupakan salah satu negara yang paling konsumtif di dunia, mengingat penduduknya yang banyak. Beberapa perusahaan besar yang bergerak dibidang ini ialah seperti Indofood, Gudang Garam, Mayora, Unilever dan yang lainnya.

 

#3 Bagaimana Menanggapi Investasi Bodong?

Menurut Ayyi Hidayah seorang investor tidak boleh mudah tergiur dengan keuntungan besar yang dijanjikan.

Keuntungan atau return dari semua investasi pasti “kira-kira” dan belum memiliki kepastian. Sedangkan apabila ada yang menawarkan return yang “pasti” maka kemungkinan besar adalah investasi bodong.

Biar Tetap Untung, Lakukan Tips Investasi Rumah Untuk Pemula Ini! 03

[Baca Juga: Lebih Untung Mana Investasi Rumah Vs Investasi Tanah]

 

Perlu dicatat bahwa investasi merupakan ketidakpastian, dan merupakan tugas kita untuk meminimalisir resikonya, dengan pengetahuan tentang produk dan perusahaannya. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu produknya, dan periksa apakah perusahaan tersebut resmi dan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan.

 

#4 Tips Finansial Planner

Satu kunci Finansial planner dari Ayyi Hidayah yakni, “begitu kita punya penghasilan, yang pertama harus kita tunaikan yaitu kewajiban dulu, bukan senang-senang dulu.”

Kewajiban tersebut bisa berupa pengeluaran rutin harian, utang, cicilan rumah, biaya listrik dan kewajiban lainnya. Dan apabila memungkinkan, maka jumlah dari pengeluaran wajib itu adalah 40% dari penghasilan.

Sedangkan untuk gaya hidup, maka sebisa mungkin hanya 10%. Apabila merasa 10% dari pendapatan masih kurang maka carilah sumber pendapatan lainnya.

Ayo Terus Untung Dengan Investasi Emas Pegadaian! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Terus Untung Dengan Investasi Emas Pegadaian!]

 

Alangkah lebih baik juga jika yang 10% tersebut dialokasikan untuk investasi, dan menunda kesenangan sesaat, sebab hasilnya juga nantinya dapat digunakan untuk memenuhi gaya hidupnya.

Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang susah, maka dari itu dibutuhkan kedisiplinan.

Salah satu tips yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan pembagian anggaran saat Anda menerima gaji, sehingga Anda dapat mengatur keuangan Anda dengan lebih baik, dan bisa mengalokasikan dana yang dimiliki dengan tepat.

 

Tiru Tips yang Bermanfaat!

Nah… apa pendapat sobat Finansialku mengenai tips yang dibagikan Ayyi Hidayah? Sangat bermanfaat bukan? Sobat Finansialku bisa banget untuk menerapkan tips-tips tersebut. selain tips-tips diatas, konsistensi juga perlu untuk dilakukan agar tips-tips tersebut men jadi ampuh dan bisa dinikmati manfaatnya.

Btw… berkaitan dengan tips terakhir, yakni melakukan pembagian anggaran dan mengalokasikan dana yang tepat, rupanya banyak orang yang masih kesusahan dan belum bisa mengontrol pengeluarannya lho…

Apa Anda merupakan salah satu diantaranya? Kalau iya… maka sobat tidak perlu khawatir!

Sebab sudah ada Aplikasi Finansialku yang siap membantu Anda. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Aplikasi Finansialku, yakni Anggaran.

Nah… pada fitur ini, Anda dapat mengatur budget untuk tiap bulannya. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran Anda, kapan saja dan dimana saja!

Dengan demikian Anda akan lebih mengetahui, kemana saja uang tersebut telah Anda gunakan. Dengan demikian tidak akan ada lagi tuh yang namanya “uang tiba-tiba hilang tak tau kemana”.

Sangat bermanfaat bukan? Kalau begitu tunggu apalagi? Yukk… langsung saja download aplikasi Finansialku, dan jadilah seorang yang bijak dalam mengatur keuangan. Sobat Finansialku bisa mendownload aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga.

 

Apabila artikel ini Anda rasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya juga dengan orang lain, saudara, orang tua, teman sekerja ataupun dengan yang lainnya, agar mereka juga bisa mendapat pelajaran berharga ini.

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top