Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa Supaya Kantong Ga Kosong!

Hidup Sehat Mahasiswa Kesehatan Lifestyle Mahasiswa Tips Hidup Sehat Tips Hidup Sehat MahasiswaLeave a Comment on Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa Supaya Kantong Ga Kosong!

Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa Supaya Kantong Ga Kosong!

Apa kamu percaya kalau tips hidup sehat buat mahasiswa di bawah ini bisa bikin kamu sehat dan hemat? Buktikan sendiri di sini!

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa

Ngenes banget, ya liat ilustrasi komik di atas! Kira-kira apakah isi dompetmu juga seperti laki-laki yang ada di kolom D?

Buat kamu para mahasiswa yang enggak mau kantong kosong dan tetap sehat, ikuti panduan hidup sehat di bawah ini yang enggak bakal bikin kantongmu kosong!

 

Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa #1 Sarapan Dari Rumah

Tips pertama supaya kantongmu enggak kosong sekaligus punya tubuh sehat luar dalam adalah biasakan untuk sarapan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gastronomy and Food Science, mengonsumsi sarapan pagi dengan makanan bergizi seimbang akan memberikan energi sepanjang hari.

Dengan kata lain, melewatkan sarapan berarti membiarkan tubuh untuk beraktivitas tanpa energi yang mencukupi.

Selain itu, berdasarkan situs webmd.com, orang-orang yang terbiasa sarapan pagi mampu menjaga berat badannya dibanding mereka yang tidak sarapan.

Sebab, sarapan pagi dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan membantu tubuh menyeimbangkan kalori.

Dengan sarapan di rumah atau di tempat kost, kamu bisa makan makanan yang lebih sehat daripada jajan sarapan atau bahkan tidak sarapan sama sekali.

Kamu juga bisa menghemat uangmu untuk keperluan lainnya jika kamu masih tinggal dengan orangtua.

Daftar Menu Makanan - Finansialku

[Baca Juga: 7 Ide Untuk Menghasilkan Pendapatan Tambahan Bagi Mahasiswa]

 

Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa #2 Bawa Bekal

Karena aktivitas yang mungkin cukup padat dengan jadwal kuliah yang terkadang mepet antara kelas yang satu dengan yang lain, tak jarang waktu makan dan snack time bisa tidak teratur.

Alhasil kamu jadinya jajan sembarangan, yang penting masuk makanan karena enggak keburu ngejar kelas berikutnya.

Supaya jadwal makanmu tetap terjaga, lebih baik kamu bawa bekal sendiri yang kamu bawa dari rumah.

Bawa juga snack sehat di dalam tasmu sehingga jika sewaktu-waktu kamu butuh ngemil sedikit untuk mengganjal di sela-sela jam istirahat kelas yang singkat, kamu bisa ambil snack itu dan ngemil sejenak di antara jam makan berat seperti makan siang atau makan malam.

 

Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa #3 Bawa Botol Minum

Salah satu strategi agar kantong enggak cepat kosong adalah dengan membawa botol minum sendiri yang bisa kamu isi ulang dengan air putih di kampusmu. (kamu bisa nebeng ke kantor administrasi…he..he..he…)

Enggak perlu jajan minuman apalagi minuman bersoda dan minuman yang mengandung banyak gula yang malah bikin tubuhmu enggak sehat.

Botol minum ini juga bisa jadi penyelamat bagi kantongmu, lho! Setidaknya kamu bisa mengirit lebih banyak buat ditabung.

Oh, ya, kamu udah punya rencana keuangan buat masa depan dari tabunganmu? Kalau belum, download aja, E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku di bawah ini:

 

 

Tips Hidup Sehat Buat Mahasiswa #4 Rajin Minum Air Putih

Botol minum yang kamu bawa setiap hari di tasmu itu sebaiknya diisi dengan air putih. Jangan sepelekan manfaat air putih, lho!

Tubuh yang kekurangan cairan bakal bikin sistem imun terganggu, alhasil kamu gampang sakit dan kuliahmu bisa-bisa berantakan.

Sudah tahu manfaat air putih buat kesehatanmu?

Dilansir dari Hellosehat, saat cairan tubuh mencukupi, urin akan mengalir jernih, bebas dan tidak bau. Tetapi apabila cairan tubuh tidak mencukupi, maka konsentrasi urin, warna dan baunya akan lebih kentara.

Hal ini dikarenakan ginjal menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Oleh sebab itu, konsumsilah air putih yang cukup untuk menghindari risiko terkena batu ginjal.

Menurut Honestdocs, saat dehidrasi maka garis halus dan kerutan akan terlihat lebih dalam. Minum air putih yang cukup dapat membantu menghidrasi sel-sel kulit sehingga membuat wajah terlihat lebih muda.

Selain itu, air membantu mengeluarkan kotoran, membuat kulit tampak bersinar dan meningkatkan sirkulasi darah. Oleh sebab itu konsumsilah air putih yang cukup agar kulit memperoleh nutrisi.

Berdasarkan riset Honestdocs, kekurangan cairan atau dehidrasi akan membuat tubuh merasa lemas. Apabila terasa haus, maka segeralah minum air putih agar kebutuhan cairan tercukupi.

Cara Hidup Sehat Jika Sering Duduk 03 Minum Air Putih - Finansialku

[Baca Juga: Wow, 10 Air Mineral Termahal di Dunia, Seharga Apartemen!]

 

Dehidrasi akan memacu jantung bekerja semakin keras sehingga dapat mengganggu kinerja organ lain.

Hal ini dikarenakan air akan membantu jantung memompa darah lebih efektif. Selain itu, air juga dapat membantu darah menyalurkan oksigen dan nutrisi penting ke sel-sel tubuh.

Jika kamu kekurangan air putih, ada tanda-tanda yang menyertainya seperti berikut:

  • Jarang buang air kecil
  • Mulut kering atau terasa lengket
  • Mata akan terlihat cekung atau mungkin sedikit mengeluarkan air mata ketika menangis
  • Kurang konsentrasi dan mudah lelah, bahkan pingsan
  • Sering terkena infeksi atau demam
  • Saat buang air kecil, air kencing akan tampak keruh atau kuning kecoklatan. Seseorang yang minum air putih cukup, maka air kencingnya akan berwarna kuning terang atau bening

Oleh sebab itu, jangan sepelekan pentingnya minum air putih, ya!

 

#5 Rajin Olahraga

Apa olahraga kesukaanmu? Lari? Sepak bola? Main basket? Bersepeda, atau pergi ke gym center?

Lakukan olahraga kesukaanmu dan jangan biarkan tubuhmu menimbun lemak jahat yang bikin kamu gampang sakit.

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, lho! Seperti yang dilansir dari Alodokter, olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Miliki 5 Motivasi Olahraga Ini Agar Kamu Memiliki Hidup Sehat 05 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki 5 Motivasi Olahraga ini Agar Anda Memiliki Hidup Sehat]

 

Sebab olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.

Dengan berkurangnya lemak tubuh, terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung. 

Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit.

Olahraga juga sudah terbukti sebagai salah satu cara melangsingkan tubuh yang alami dan efektif.

 

#6 Cukup Istirahat

Namanya juga mahasiswa, pasti banyak tugas yang harus diselesaikan. Belum lagi kerja kelompok yang mengharuskan kamu menginap di kost teman hingga larut malam dan bahkan begadang.

Guys, meski tugasmu harus kelar sesuai deadline, tapi kesehatanmu tetap harus jadi nomor satu!

Ingat, kalau kamu tepar, tetap aja kamu enggak bisa lanjutin kelas kuliah dan selesaikan tugasmu, ‘kan?

Menurut hellosehat, terlalu banyak atau kurang tidur ternyata dapat dikaitkan dengan harapan hidup seseorang, meskipun hal ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti penyakit.

Namun, setidaknya lama dan kualitas tidur cukup berperan dalam memperpanjang umur kamu juga, lho!

Hal ini dibuktikan oleh periset asal Inggris dan Italia yang menganalisis data dari 16 studi terpisah.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1,3 juta orang dengan melihat kebiasaan tidurnya. Fakta mengejutkan menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen.

Mereka juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki 1,7 kali risiko kematian lebih cepat.

Maka secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat tidur cukup adalah memanjangkan harapan hidup.

Supaya ga begadang, kamu perlu atur jadwalmu dengan lebih teratur lagi. Artinya kamu harus lebih disiplin mengatur waktu ya, guys!

 

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika kamu memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, kamu dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi Halodoc. 27 Februari 2018. 7 Tips Sehat ala Mahasiswa yang Enggak Bikin Kantong Bolong. Halodoc.com – https://bit.ly/3e0Tswc
  • Okky Budi. 22 November 2019. Hidup Sehat Gak Harus Mahal, 12 Hal Murah Ini Bisa Bikin Badan Fit! Lifepal.co.id – https://bit.ly/3aO1c2M
  • Christine Berliana. 24 Agustus 2019. Makan Sehat Hemat di Kantong, 5 Tips Meal Prep Ini Simpel Dilakukan Setiap Hari. Rimma.co – https://bit.ly/3aOOwIR
  • Ajeng Dwi Damarasri. 16 November 2017. 4 Cara Tetap Sehat Tanpa Menguras Kantong. Popbella.com – https://bit.ly/2JKLAB2
  • Yenni Khaliddazia. 26 Maret 2020. 10 Tips Hidup Sehat Tapi Gak Bikin Kantong Jebol. Idntimes.com – https://bit.ly/2XcwOel
  • Sahabat Nestle. 3 Manfaat Sarapan Pagi Ini Sayang untuk Dilewatkan. Sahabatnestle.co.id – https://bit.ly/3dZUJ6Q
  • Addina Zulfa Fa’izah. 16 Januari 2020. 6 Manfaat Minum Air Putih, Bantu Keluarkan Racun dari Tubuh. Merdeka.com – https://bit.ly/3bPos0i
  • Beragam Manfaat Olahraga. Alodokter.com – https://bit.ly/3e1UyYw
  • Adelia Marista Safitri. Bagaimana Tidur 7 Sampai 8 Jam Sehari Memengaruhi Tubuh Kita. Hellosehat.com – https://bit.ly/2RgejCd

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top