Terpukul Parah! KFC Tutup Gerai dan Potong THR Karyawannya

#FinansialkuNews Bisnis Corona Gerai KFC KFC THR WaralabaLeave a Comment on Terpukul Parah! KFC Tutup Gerai dan Potong THR Karyawannya

Terpukul Parah! KFC Tutup Gerai dan Potong THR Karyawannya

Perusahaan fast food besar, KFC menutup 97 gerainya hingga tak cairkan THR sebagian besar karyawannya.

Informasi selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Duh, THR Karyawan KFC Kena Potongan

Bidang kuliner semakin hari terus mengalami kemerosotan ekonomi yang parah. Tak sedikit perusahaan makanan cepat saji di Indonesia terpaksa tutup akibat pandemi virus corona. Salah satunya yang terkena dampak yakni KFC.

Dilansir dari beberapa media, PT Fast Food Indonesia Tbk. terpaksa menutup sejumlah 97 gerai dan merumahkan 450 pekerja. Keputusan tersebut seiring dengan berlakunya PSBB di beberapa wilayah Indonesia.

Akibat kondisi ini perseroan juga terpaksa mengambil langkah efisien atau pengetatan dengan mengurangi gaji pegawai dan memangkas Tunjangan Hari Raya (THR).

Dilansir dari CNBC Indonesia, pemangkasan gaji itu sekitar 20-50%, sedangkan pemangkasan THR mencapai 50% dari gaji pokok karyawan.

Dalam pemberian THR, ada penyesuaian bagi sejumlah pekerja.

Pekerja di store level dari grade A sampai F serta non-store level grade A sampai C hanya akan mendapat pembayaran THR sebesar 50% dari gaji pokok.

Sedangkan sisa 50 persennya akan dibayarkan bertahap usai COVID-19 berakhir, dengan catatan keuangan perusahaan sudah mulai membaik.

“Untuk para pekerja perseroan yang bekerja, maka disepakati untuk melaksanakan penyesuaian beban upah selama periode wabah covid-19. Penyesuaian beban upah tersebut dilakukan dengan mekanisme penurunan dan penundaan beban upah yang bervariasi dengan penurunan terbesar di tingkat manajemen senior ke atas,” Ujar Direktur Fast Food Indonesia, Justinus Dalimin Juwono seperti dilansir dari CNN, Rabu (29/04).

Terpukul Parah! KFC Tutup Gerai dan Potong THR Karyawannya 02

[Baca juga: Duh! Rugi Besar, Ribuan Restoran PHK Karyawannya]

 

Kondisi serupa dialami bagi pekerja non-store level di grade D, dimana mereka hanya akan mendapat THR sebesar 50%.

Sementara untuk upah bagi gerai yang masih buka, pekerja di store level grade A hingga F, menerima 70% gaji pokok serta tidak ada tunjangan upah, kecuali living allowance luar kota. Sementara 30% upah sisanya berstatus tunda.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, saat ini, layanan KFC yang tersedia hanyalah take-away, layanan pengantaran, online, home delivery, dan drive-thru

Konsumen tidak bisa makan di tempat karena memang sudah dilarang sesuai dengan ketentuan PSBB.

 

Awal Mula KFC di Indonesia

Pada mulanya pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang mendapat waralaba KFC di Indonesia.

Perseroan memulai operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.

Kesuksesan dari gerai pertamanya menjadi sumbu yang menjalar bagi gerai-gerai selanjutnya di Jakarta dan hingga ke kota-kota besar seantero Indonesia

Keberhasilan pun terus diraih oleh KFC hingga menjadi bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan berpengaruh di Indonesia.

Di tambah lagi, bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama pada tahun 1990 ini telah menambah pengembangan Perseroan.

Hingga pada tahun 1993 tercatat sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai tahapan untuk semakin mendorong pertumbuhannya.

Kepemilikan saham beberapa mayoritas adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% untuk PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% untuk PT Megah Eraraharja dari Salim Group sedangkan saham minoritas (20,4%) didistribusikan untuk Publik dan Koperasi.

 

Selamatkan Dirimu Dari Dampak Pandemi Dengan Perencanaan Keuangan

Sobat Finansialku, situasi pandemi Covid-19 saat ini tidak bisa dihindari keberadaannya. Tak ayal, kehidupan kita pun terusik.

Bukan hanya dirumahkan dan dijauhkan dari lingkungan sosial, kondisi yang tidak diharapkan siapapun ini mengusik mata pencaharian tiap individu.

Bisnis mati, usaha mandet, banyak sektor yang tidak bisa bergerak sebagaimana mestinya. Hal ini menyebabkan rontoknya sumber penghasilan jutaan orang, sementara perut mereka dan tanggungannya terus harus diberi makan.

Merajalela, Virus Corona Ditetapkan WHO Sebagai Pendemi 01

[Baca juga: VIDEO: Gagal Nikah, Gagal Beli Rumah, Gagal Liburan, Gara Gara Corona, So Gimana Solusinya?]

 

Sobat Finansialku, apapun kondisimu hari ini, jika matahari masih bersinar, bersyukurlah. Tarik nafas sejenak, Tuhan masih memberikan kesempatan untuk bangkit sekali lagi.

Finansialku.com sebagai platform edukasi dan literasi keuangan akan terus mendukung dan memberikan informasi sebanyak-banyaknya yang sekiranya bisa menjadi solusi dari sisi keuanganmu.

Hari ini, ambil waktu sejenak untuk merapikan keuanganmu. Seberapapun uang yang masih dimiliki saat ini, catatlah.

Jika kebingungan bagaimana mencatatnya, kamu bisa download aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Kamu bisa gunakan teknologi ini untuk mengatur kembali keuanganmu, supaya kamu bisa bangkit lagi dari apapun kondisimu saat ini.

Jika kamu pengguna baru, maka kamu bisa dapatkan free trial aplikasinya selama 30 hari, jadi kamu bisa gunakan fitur Konsultasi Keuangan untuk berkonsultasi mengenai keuanganmu dan mendapat nasihat keuangan dari pakarnya.

Jika kamu pengguna lama yang tidak menggunakan aplikasi premium, kamu bisa memanfaatkan event Konsultasi Gratis Keuangan selama masa pandemi ini untuk durasi waktu 20 menit.

Kamu bisa klik tombol ini untuk mengikuti konsultasi gratisnya.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Ferry Sandi. 28 April 2020. KFC Tumbang Tutup Gerai, Potong 50% THR Karyawan. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2xZps3W
  • Admin. 28 April 2020. KFC Pangkas Gaji dan Tunda THR Karyawan di Tengah Corona. CNN Indonesia – https://bit.ly/2xhMRgx
  • Fajria Anindya Utami. 28 April 2020. Tutup 97 Gerai dan Rumahkan Karyawan, Begini Kisah Berdirinya KFC di Indonesia. Warta Ekonomi – https://bit.ly/2SeFDkr
  • Auriga Agustina. 28 April 2020. KFC Tutup 97 Gerai dan Tunda THR Karyawan. IDN Times – https://bit.ly/3d1yzj5

 

Sumber Gambar:

  • KFCStore 01 – https://bit.ly/3aMiXyv
  • KFCStore 02 – https://bit.ly/2YjOlSr

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top