Terkena PHK saat Pandemik Covid 19 dan Cara Mengatasinya

#Finansialku Cara Mengatur Keuangan Ketika Terkena PHK Saat Pandemik Finansialku Terkena PHK Saat Pandemik VideoLeave a Comment on Terkena PHK saat Pandemik Covid 19 dan Cara Mengatasinya

Terkena PHK saat Pandemik Covid 19 dan Cara Mengatasinya

Terkena PHK saat pandemik bukan lagi berita mengejutkan buat kita, saking terlalu banyak yang mengalaminya. Harus bagaimana?

Simak informasi selengkapnya di artikel video di bawah ini!

 

Bukan cuma cara menyiasati keuangan di saat-saat genting seperti ketika terkena PHK saat Pandemik, tapi kanal youtube Finansialku juga punya video literasi keuangan lainnya yang akan menemanimu menghabiskan waktu menuju buka puasa. Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Sebelum masuk ke pembahasan, jangan lupa untuk berikan dukungan buat kanal youtube kami dengan meninggalkan jejak komentar, like, juga menekan tombol subscribe dan lonceng, ya! Terima kasih!

 

 

Cara Mengatur Keuangan Jika Terkena PHK saat Pandemik

Beberapa waktu sebelumnya, salah satu perencana keuangan sekaligus founder Finansialku memberikan tips untuk kamu yang terkena unpaid leave, gaji dipotong, hingga tidak dibayarkan selama masa pandemik.

Untuk kamu yang ingin mengetahui langkah-langkah bijak yang bisa diambil saat itu, kamu bisa menonton videonya di bawah ini, ya!

 

 

Sudah ditonton? Kalau begitu, mari kita masuk ke pembahasan, bagaimana caranya mengatur keuangan ketika kehilangan pekerjaan saat pandemik virus corona ini.

Terlalu banyaknya berita pemecatan karyawan selama pandemik berlangsung, membuat kita merasa kalau fenomena itu tergolong biasa.

Padahal tidak mudah menerima kenyataan ketika kita dipaksa harus keluar dari pekerjaan, kehilangan pendapatan, sementara kita masih punya banyak kewajiban.

Oleh karena itu, dalam artikel video kali ini, Melvin Mumpuni, akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengalami hal tersebut, yaitu:

 

#1 Jangan Panik dan Mulai Gunakan Dana Darurat

Salah satu hal yang paling penting dan harus dilakukan pertama kali adalah, tetap tenang dan jangan panik.

Karena panik tidak akan membawa jalan keluar apapun, malah akan memperburuk keadaan.

Setelah itu, mulailah gunakan dana darurat dengan bijak untuk memenuhi kebutuhanmu selama kamu mencari pekerjaan atau mata pencaharian baru.

Tidak punya dana darurat? Cobalah untuk menonton video di bawah ini, siapa tahu kamu bisa mendapatkan pencerahan baru:

 

 

Kamu juga bisa menambah pengetahuanmu soal dana darurat dan mengelola keuangan yang benar, dengan membaca e-book dari Finansialku tentang Cara Mengatur Keuangan untuk Karyawan, yang bisa kamu unduh gratis, dengan menekan tombol di bawah ini!

 

#2 Tahan Pengeluaran Tidak Penting!

Tips yang kedua yang harus kamu lakukan selama kamu tidak punya penghasilan tambahan adalah, menekan pengelauran.

Mulai atur ulang anggaranmu, tahan pengeluaran-pengeluaran yang tidak diperlukan, dengan menggunakan aplikasi Finansialku yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Untuk sementara, kamu bisa menghilangkan kebutuhan-kebutuhan yang bukan primer untuk menghemat pengeluaran sampai kamu mendapatkan mata pencaharian baru.

 

#3 Mencari Pemasukan Tambahan

Dalam kondisi seperti ini, pekerjaan yang bisa diambil adalah pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya commission based, seperti:

  • Tenaga penjual, misal agen asuransi, agen properti.
  • Reseller, misal makanan-makanan ringan.
  • Jualan online, barang-barang yang dibutuhkan misal hand sanitizer, jasa belanja dan lain sebagainya.

 

Kalau kamu merasa tidak bisa berjualan karena beberapa alasan, maka satu-satunya jalan adalah, mencari pekerjaan baru.

Meski pada masa genting ini mencari pekerjaan baru bukan hal yang mudah, tetapi bukan hal yang mustahil. Terlebih jika amu memiliki spesialisasi dan pengalaman tertentu.

Kami yakin masih ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, tetapi persaingannya akan lebih ketat.

Karena perusahaan yang buka lowongan terbatas, sedangkan yang mau kerja lebih banyak.

Lantas jika kamu berpikiran untuk membuka usaha sendiri, kami sarankan untuk menahannya.

Jika belum pernah punya pengalaman, lebih baik jangan. Itu bukan solusi jangka pendek. Kalaupun ingin buka usaha, lebih baik menjadi reseller atau commission based income.

 

Itu lah beberapa tips yang bisa kamu lakukan kalau kamu mengalami PHK saat masa pandemik.

Apakah di antara Sobat Finansialku lainnya, kamu punya pengalaman bertahan hidup saat di-PHK? Kamu bisa membagikan pengalaman serta tips ala kamu lewat kolom komentar, lho!

Kamu juga bisa membagikan tips ini kepada rekanmu yang membutuhkan, karena tentu bukan kamu saja yang membutuhkan tips ini, ‘kan?

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top