Tak Terduga! Ini 7 Cara Berpikir Kreatif yang Mindblowing!

7 Cara Untuk Berpikir Kreatif Agar dapat Berpikir Kreatif Berpikir Kreatif Cara Berpikir Kreatif Karir Kreatif dan Inovatif MindsetLeave a Comment on Tak Terduga! Ini 7 Cara Berpikir Kreatif yang Mindblowing!

Tak Terduga! Ini 7 Cara Berpikir Kreatif yang Mindblowing!

Setiap orang pasti terlahir memiliki cara berpikir yang kreatif. Namun, cara berpikir tersebut tetap perlu dikembangkan, bagaimana caranya?

Mari simak bersama untuk kemudian Anda dapat lakukan sendiri.

 

Rubrik Finansialku

 

Kreatif dan Inovatif

Arti kreatif bisa didefinisikan sebagai kemampuan dalam menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru. Yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya.

Kata “Kreatif” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “to create” yang artinya membuat atau menciptakan. Sehingga arti kreatif adalah kemampuan dalam menciptakan suatu ide dan konsep dalam memecahkan suatu masalah.

Inovatif berarti proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki proses produk, atau sistem yang baru, yang memberikan nilai tambah.

Seringkali orang berkata bahwa mereka kurang kreatif atau tidak inovatif. Pada dasarnya setiap manusia pasti terlahir dengan kemampuan kreatif, hanya dalam pertumbuhannya mereka tidak terbiasa melakukannya.

traveler-hati-hati-tukarkan-mata-uang-jika-mau-berlibur-ke-luar-negeri-1-finansialku

[Baca Juga: 5 Prinsip Parenting yang Mendukung Anak Berpikir Positif]

 

Bisa jadi karena cara dan didikan lingkungan dan sekolah yang kurang merangsang seseorang untuk melatih kreativitasnya. Tapi meski begitu, bukan berarti jika Anda ingin lebih kreatif itu sudah terlambat. Kabar baiknya, Anda masih bisa melatih kemampuan berpikir kreatif.

Bagaimana caranya? Lakukan beberapa kebiasaan ini.

 

#1 Melatih Kemampuan Otak Kanan

Anda bisa mengoptimalkan otak kanan yang berperan dalam menjalankan emosi, intuisi, dan kreativitas dengan mendengarkan musik, menggambar, mewarnai.

Mewarnai ternyata efektif merangsang daya imajinasi bagi anak-anak dan juga efektif untuk mengasah kreativitas orang dewasa.

Anda bisa membeli buku mewarnai untuk orang dewasa yang banyak tersedia di toko-toko buku, dengan beraneka gambar yang lebih detail, tentunya akan menarik untuk diwarnai.

 

#2 Belajar Hal-hal Baru

Anda juga bisa mengasah kreatifitas dengan mencoba belajar hal-hal baru. Seperti mempelajari bahasa asing, belajar alat musik, menambah hobi lainnya, belajar bela diri, kursus menari dan masih banyak pilihan lainnya yang berkaitan dengan otak kanan.

Buku Termahal Di Dunia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Sukses? Mungkin 10 Mindset Sukses Ini Belum Kamu Miliki]

 

Aktivitas yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya akan memberikan pengalaman baru yang akan membuat potensi lain dalam otak terasah termasuk kreativitas anda.

 

#3 Pergi Berlibur!

Berlibur? Siapa sangka berlibur akan mengasah kreativitas juga. Sebuah Riset percaya bahwa jika Anda pergi berlibur, terutama berlibur ke daerah yang memiliki budaya yang berbeda dengan Anda, maka hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Dengan menerima kebiasaan adat atau budaya yang berbeda, Anda dapat memperkaya wawasan. Tentang budaya di tempat lain dan melatih diri untuk berpikir mengenai cara untuk bertahan dan bergaul di daerah lain.

Terlebih Indonesia memiliki berbagai macam destinasi wisata indah di berbagai provinsi yang kaya akan adat, bahasa dan budaya. Tentu ini membuat Anda juga semakin cinta dan memahami tanah air.

 

#4 Membaca dan Menulis

Jika Anda sudah berlibur, cobalah untuk mengulas atau menulis perjalanan Anda dalam sebuah blog atau catatan harian. Menulis memang terasa sulit bagi mereka yang belum terbiasa. Tetapi ternyata menulis dapat melatih kemampuanmu berpikir kreatif.

Beberapa orang bahkan memiliki imajinasi yang sebenarnya akan terwujud saat dituangkan ke dalam sebuah tulisan dibanding hanya dalam imajinasi.

Sifat-Pesimis-Bisa-Berbahaya-Bagi-Tubuh-dan-Mental-Anda-3-Baca-Buku-Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengubah Mindset yang Tidak Membuatmu Miskin]

 

Dengan melatih diri untuk menulis, otomatis Anda akan melatih diri untuk berimajinasi dan berpikir kreatif. Anda dapat memulai kebiasaan ini dengan menuliskan 300–500 kata setiap harinya. Menulis dapat membuatmu tetap terinspirasi dan membuat pikiranmu aktif setiap saat.

Untuk menambah referensi menulis dan inspirasi Anda, Anda dapat juga menambah hobi membaca. Dengan membaca Anda dapat meningkatkan wawasan, sedang menulis akan mengaktifkan otak untuk berpikir sehingga imajinasi dan kreativitas pun terlatih.

 

#5 Menambah Wawasan

Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, menambah adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Beberapa cara untuk menambah wawasan bisa dengan berdiskusi, mengikuti seminar dan kelas, dan lain-lain. Hal lainnya yang telah dibahas adalah dengan membaca.

Membaca adalah cara praktis Anda untuk menambah wawasan. Selain membaca topik-topik yang memang Anda sukai, cobalah juga juga membaca berita dan cerita di luar bidang kesukaan Anda. Demi memperkaya pengetahuan tentang dunia dan sekitar Anda.

Tentang Otomotif tercanggih, Fashion terbaru, Perkembangan politik, Destinasi wisata terindah dan masih banyak informasi-informasi yang akan memperkaya diri Anda.

Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik mampu melihat dunia dari berbagai perspektif. Dengan membaca Anda akan mengerti suatu hal dari berbagai perspektif.

 

#6 Bermain Permainan Strategi

Permainan Strategi tidak melulu dilakukan oleh kaum Pria atau anak laki-laki saja, tidak juga harus berkaitan dengan video game.

Permainan Strategi juga bisa dengan memainkan permainan seperti bermain monopoli, catur, teka-teki silang atau game yang membantu Anda perlu berstrategi dan membuat Anda berpikir dari banyak sisi.

Membiasakan diri dengan memikirkan berbagai alternatif pemecahan masalah tentu akan merangsang Anda untuk berpikir kreatif.

 

#7 Menonton Film

Cara menyenangkan lainnya yang dapat meningkatkan berpikir kreatif adalah dengan menonton Film. Film memiliki caranya sendiri untuk mengaktifkan kemampuan berpikir.

Dengan menonton Film apapun pilih Anda, Film membuat pikiran Anda lebih aktif untuk mencerna cerita yang sedang ditonton.

Beberapa dari Anda mungkin seringkali berusaha menebak plot cerita dari film tersebut, berusaha mengikuti alur dan menyelesaikan konflik yang ada. Tanpa disadari, Anda sedang melatih diri untuk berpikir kreatif.

 

 

Tingkatkan Kreativitas!

Itu dia 7 cara berpikir agar kreatif. Ternyata membuat Anda lebih kreatif tidak sesulit yang diperkirakan bukan? Bahkan kegiatan sehari-hari Anda dapat membantu Anda makin kreatif.

Meningkatkan cara berpikir kreatif dengan kegiatan yang menyenangkan membuat Anda juga bisa mengurangi tingkat stres dan emosi yang membebani pikiran. Dengan berpikir kreatif, tentunya Anda akan merasa pekerjaan dan kegiatan lebih berwarna.

 

Apakah komentar Anda mengenai isi dari artikel ini? Silakan tulis di kolom komentar. Jangan lupa juga membagikan artikel ini untuk semua kenalan Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Veda Renata. 2 Maret 2018. 7 Cara Tak Terduga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Glints.com – https://bit.ly/3aE0LqT
  • Ema Aprilisa. 29 November 2016. Bagaimana sih Cara Melatih Kreativitas? Yuk, Coba 5 Cara Sederhana Ini. Teen.co.id – https://bit.ly/2KwWdrP

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top