Tak Melulu Kusut, Bisnis Ini Malah Untung Di Tengah Pandemi

#FinansialkuNews Bisnis Pandemi UntungLeave a Comment on Tak Melulu Kusut, Bisnis Ini Malah Untung Di Tengah Pandemi

Tak Melulu Kusut, Bisnis Ini Malah Untung Di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat berbagai sektor bisnis kalang kabut, namun masih ada beberapa sektor yang selamat bahkan meraup keuntungan.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Berkat COVID-19 Salah Satu yang Untung adalah Bisnis Online!

Pandemi virus corona memukul keras sektor perekonomian dan bisnis di Indonesia.

Bisnis restoran misalnya, mengalami kerugiaan yang cukup besar. Begitu juga dengan bisnis Wedding Organizer.

Sobat Finansialku, angka kasus positif di Indonesia sudah mencapai 6.500 lebih dengan pasien sembuh sebanyak 686 dan 582 yang meninggal.

Meski begitu tak semua sektor bisnis terpuruk pada kemerosotan ekonomi global. Memang, ada yang dirugikan tetapi masih tetap ada juga yang untung.

Pakar ilmu pemasaran sekaligus pendiri Markplus Inc., Hermawan Kartajaya menjelaskan, industri farmasi saja bisa tumbuh 4 kali lipat dibandingkan di saat keadaan normal.

Artinya, industri farmasi termasuk salah satu sektor bisnis yang mendapat dampak positif dari merebaknya pandemik virus corona.

“Saya bagi menjadi dua, ada perusahaan yang kena storming, semakin besar pasti kena storming. Tapi ada yg windfall, industri farmasi, itu ada yang naik sampai 2 kali, 4 kali. Kemudian ada lagi yang berada di telekomunikasi. Ada lagi yang berada di bidang data, e-commerce, dan sebagainya,” Ujarnya sebagaiman mengutip dari solopos, Senin (20/04).

Selain yang disebutkan di atas, beberapa sektor industri yang untung berkat corona adalah agrikultur, makanan-minuman atau ritel, dan industri healthcare.

Senada dengan itu, melansir dari tirto.id, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan setidaknya enam sektor berpotensi meraup untung di tengah pandemi ini.

Sektor tersebut yaitu: tekstil dan produksi tekstil; kimia, farmasi, dan alat kesehatan; makanan dan minuman; elektronik; jasa telekomunikasi; dan jasa logistik.

Adapun, sektor tekstil dan produk tekstil berpotensi meraup untung melalui penjualan produk seperti Alat Pelindung Diri (APD) dan masker.

Sebaliknya, enam sektor diperkirakan merugi pada masa pandemi ini. Di antaranya sektor otomotif; keuangan; pertambangan; transportasi darat, laut, udara; konstruksi; dan pariwisata.

Bisnis Kreatif 1

[Baca Juga: 6 Kursus Online Gratis yang Bisa Kamu Manfaatkan Di Rumah]

 

Penerapan kebijakan physical distancing membuat pola belanja masyarakat berubah, bisnis makanan scara online bisa dikatakan stabil.

Situasi ini menurut Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Tri Raharjo, SE, MM, membuat tren belanja online mengalami peningkatan.

“Belanja online mengalami pertumbuhan karena banyak mall yang tutup, restoran karena ada social distancing sekarang take away, onlineshop penjualannya meningkat karena orang enggan keluar rumah, stay at home,” ujar Tri sebagaimana menguti dari detik.com.

Menurutnya, sektor atau bidang usaha yang berkembang di saat pandemi virus corona ini salah satunya usaha yang berhubungan dengan kesehatan karena sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Di lain sisi, dengan adanya pandemik virus corona ini pedagang online justru kebanjiran pesanan.

Tidak hanya produk-produk kesehatan tetapi semua kebutuhan yang diperlukan seperti makanan, sayuran dan juga buah-buahan.

Pembelanjaan secara online untuk membeli buah dan sayuran serta persediaan lainnya tentu memerlukan pencatatan keuangan yang tepat.

Sobat Finansialku jangan sampai teledor menggunakan anggaran, alih-alih memunuhi kebutuhan sehari-hari bisa saja jatuhnya boros dan uang ludes begitu saja.

Oleh karena itu, alangkah lebih efisiennya memakai aplikasi Finansialku yang bisa membantu kamu mencatatat keuangan per hari atau per bulan.

Untuk menggunakan fasilitas itu kamu bisa temukan Aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple Apps Store!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya agar bisa menghemat sampai ratusan ribu dalam satu bulan.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

                                      

Sumber Referensi:

  • Hanif Gusman. 17 April 2020. Mereka yang Untung dan Buntung Tatkala Pandemi COVID-19 Tirto.id – https://bit.ly/3bqQLma
  • Admin. 04 April 2020. Dampak Virus Corona: Bisnis Yang Untung Dan Rugi Di Tengah Pandemi Solopos – https://bit.ly/2RR1uhE
  • Gresnia Arela Febriani. 19 April 2020. Ada Corona, Ini Ide Bisnis yang Banyak Dicari Orang Menurut Pakar Detik.com – https://bit.ly/2Kkljda
  • Dianty Eka Putri. 16 April 2020. Virus Corona Datang, Bisnis Online Kebanjiran Orderan Suara.com – https://bit.ly/2RU1myd

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top