Tahu Gimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS?

#FinansialkuLearnandInvest BPJS Ketenagakerjaan cek saldo bpjs ketenagakerjaan cek saldo bpjs lewat sms 2021 cek saldo bpjs via sms 2757 InvestasiLeave a Comment on Tahu Gimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS?

Tahu Gimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS?

Sekarang ini, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui SMS. Selain praktis, efektivitasnya pun bisa langsung kita rasakan.

Yuk, intip cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS di artikel Finansialku kali ini.

 

Beberapa Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Hal tersebut bisa dilakukan oleh tiap pekerja atau karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dan terdaftar dalam keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

Di mana terdapat program JHT (Jaminan Hari Tua). Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS di kantor, maka tidak perlu merasa khawatir karena sudah ada jaminan untuk hari tua Anda.

Tetapi, walaupun sudah ada jaminan hari tua, Anda harus tetap dapat mengatur keuangan dengan baik, ya. Sebagai panduan, Anda bisa mendengarkan audiobook cara mengatur gaji ala karyawan di bawah ini.

 

Seperti yang diketahui, bahwa ada banyak cara untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Selain secara online melalui website, ternyata juga bisa melalui SMS.

Bahkan, cara offline pun juga tersedia. Seorang karyawan atau pegawai kantor baik negeri maupun swasta, pasti akan terdaftar dalam program BPJS tersebut.

Sistem pembayaran BPJS Ketenagakerjaan ada dua tahap, tahap pertama dibayarkan oleh pribadi masing-masing orangnya sedangkan tahap kedua oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Persentase pembayaran tahap pertama dan kedua adalah 2 persen berbanding 3,7 persen.

Pada akhirnya untuk waktu yang sudah ditentukan, semua anggota BPJS Ketenagakerjaan tersebut pun bisa mengklaim saldo yang dimilikinya sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk mengetahui berapa jumlah saldo, maka Anda harus melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan terlebih dulu.

 

 

Cara Mengecek Saldo BPJS Melalui SMS

Bagi Anda yang ingin melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih. Tapi sekarang, ternyata mengecek saldo pun sudah bisa melalui SMS.

Jadi, tentunya akan lebih mudah bagi orang yang belum memiliki smartphone atau handphone yang belum support untuk aplikasi.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengecek melalui SMS tersebut, berikut ini petunjuk yang benar.

 

#1 Buka Layanan SMS

Karena Anda ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS, maka Anda harus membuka layanan SMS terlebih dulu. Pilih aplikasi layanan SMS secara langsung, yang tersedia hanya untuk operator tertentu.

Namun, apabila operator SIM card Anda tidak termasuk dalam beberapa yang ditentukan maka Anda tidak bisa mengaksesnya. Pastikan sinyalnya sudah bisa menjangkau komunikasi tersebut dari dua arah.

Tahu Gimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS 01 - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi]

 

#2 Mengetik Pesan Sesuai Format

Jika Anda sudah masuk pada fasilitas layanan SMS, saatnya Anda mengetik pesan seperti mengirim SMS seperti biasanya. Hanya saja, pesan SMS ini memiliki format khusus untuk pengecekan saldo.

Yaitu, Daftar (spasi) Saldo#Nomor KTP#Nama#Tanggal Lahir#Nomor Peserta. Format pesan harus sesuai dengan yang ditetapkan, jangan ada yang kurang dan harus urut. Untuk format tanggal lahir menggunakan format dd-mm-yy.

 

#3 Kirim ke Nomor Khusus

Setelah mengetik pesan sesuai format yang diatur, kirim pesan tersebut ke nomor khusus yaitu 2757. Ini merupakan cek saldo BPJS via SMS 2757. 

Nomor ini memang dikhususkan untuk pengecekan saldo BPJS saja. Anda tidak bisa melakukan hal lain melalui SMS jika bukan untuk mengecek saldo, walaupun hal tersebut masih ada hubungannya dengan BPJS Ketenagakerjaan.

 

#4 Menunggu Balasan Nomor ID

Begitu Anda selesai mengirim pesan pengecekan saldo BPJS melalui SMS ini, maka Anda perlu menunggu SMS balasan yang akan mengirimkan nomor ID atau identitas Anda.

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS ini sangat mempermudah anggotanya untuk mengetahui saldo setiap saat.

 

#5 Membalas untuk Mengecek

Setelah mendapat balasan SMS berupa nomor ID Anda, maka Anda juga perlu mengirim SMS kembali. Yaitu, langsung mengecek saldo tersebut dengan memasukkan ID yang sudah diberikan tadi melalui nomor SMS yang sama tadi.

Format SMS balasan yang akan Anda buat adalah Saldo (spasi) dan langsung nomor ID peserta Anda. Jangan Anda berikan nomor ID sendiri pada orang lain, terutama orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tahu Gimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#6 Menunggu Balasan Berisi Saldo

Tahap mengecek saldo melalui SMS ini memang melalui beberapa kali berbalasan SMS antara Anda sebagai pemohon dengan pihak BPJS.

Hal ini merupakan tahap akhir Anda kembali menunggu balasan SMS yang tidak lain berisi info saldo tersebut. Itu artinya tidak ada lagi langkah yang harus dilakukan setelah ini selain hanya menunggu SMS balasan saldo tersebut.

 

#7 Mengecek Info Saldo Dari SMS

Ini benar-benar bagian paling akhir, setelah Anda menerima kembali SMS balasan artinya Anda sudah bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan metode SMS ini.

Berbalas-balasan SMS memang cara utama dalam pengecekan melalui SMS. 

 

Mengecek Saldo BPJS Jadi Lebih Mudah

Cek saldo BPJS lewat SMS 2021 sudah menjadi tren tersendiri, di mana fungsi dari teknologi adalah untuk mempermudah segala sesuatunya.

Setelah Anda mengetahui bagaimana caranya tahap demi tahap dalam melakukan cek saldo melalui SMS ini.

Pada dasarnya, ada banyak sekali pilihan untuk mengecek saldo tersebut. Antara lain, bisa dengan perantara website, melalui SMS, ataupun ATM.

Bahkan, ada juga hal-hal yang tidak biasa seperti ada yang juga melakukan menggunakan aplikasi yang sudah diunduh.

Jika Anda sudah memastikan dan mengecek saldo BPJS melalui berbagai cara yang sudah diberitahu, maka setelah itu ada juga cara yang bisa dilakukan untuk mencairkan saldo melalui online.

Pastinya untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah tersimpan, maka mengakses pilihan dari cara mengeceknya tadi.

Setiap cara memiliki format dalam melakukan pengecekan. Jika semua cara sedang mengalami gangguan untuk mengecek, maka cara yang paling benar adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS terdekat Anda.

Ini memang sudah paling benar, jika Anda mempunyai waktu luang untuk mendatangi kantor tersebut.

Begitupun jika Anda memiliki masalah dalam pengecekan online, maka Anda bisa mempelajarinya langsung di kantor BPJS untuk meminta petunjuk dan cara terbaik mengecek melalui online ataupun SMS tersebut. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda ingin segera menpraktikkan step by step di atas? Ayo, bagikan artikel ini pada sesama peserta BPJS Ketenagakerjaan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Laudia Tysara. 04 Februari 2021. 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Begini Mencairkannya. Hot.liputan6.com – https://bit.ly/3eaH8M3
  • Muhammad Idris. 10 Maret 2021. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Online dan SMS. Money.kompas.com – https://bit.ly/3gYTCYW

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2QFSTBq
  • https://bit.ly/2RitOfs

dilema besar

Leave a Reply

Back To Top